Wujudkan Masa Depan Dengan Tabungan Rencana Mandiri

Tabungan rencana mandiri merupakan tabungan khusus dari bank mandiri yang diberikan kepada nasabah bank mandiri yang ingin merencanakan keuangan untuk masa depan. Tabungan ini juga dikenal dengan istilah tabungan berjangka, karena dalam prakteknya nasabah harus menentukan jangka waktu menabung. Jangka waktunya sendiri dimulai dari satu tahun sampai dengan dua puluh tahun.

Seperti yang agan sista ketahui bahwa apabila agan sista menabung di suatu bank kemudian membutuhkan dana yang sudah agan sista tabung, agan sista diberikan keleluasaan yang sebesar-besarnya oleh pihak bank untuk menarik uang tabungan agan sista sampai batas minimal saldo yang ditentukan pihak bank.

Lain halnya dengan saat agan sista menjadi nasabah tabungan rencana mandiri, agan sista tidak bisa begitu saja mengambil uang yang sudah agan sista tabung, kecuali apabila jangka waktu tabungan rencana agan sista sudah jatuh tempo atau ada alasan-alasan lain yang dapat diterima oleh pihak bank.

Oleh karena itu pulalah, tabungan rencana mandiri atau tabungan berjangka ini lebih cocok digunakan oleh agan sista yang ingin merencanakan keuangannya untuk tahun-tahun yang akan datang. Misalnya di tahun yang akan datang agan sista mau membeli hewan kurban, ingin melangsungkan resepsi pernikahan, ingin berlibur ke luar negeri, ingin melanjutkan kuliah dan lain sebagainya.

mandiri tabungan rencana, tabungan rencana mandiri, tabungan berjangka, tabungan berjangka bank mandiri, keuntungan tabungan rencana, tabungan rencana rupiah, tabungan rencana dollar

Sistem menabung di tabungan rencana ini sangat berbeda dengan sistem menabung di jenis tabungan bank mandiri lainnya, yaitu melalui proses pendebetan otomatis. Pendebetan otomatis yang dimaksud adalah pengambilan dana saldo tabungan dari tabungan mandiri atau giro mandiri ke rekening tabungan rencana mandiri secara otomatis setiap bulan sampai batas waktu sesuai dengan kesepakatan.

Oleh karena itu, bagi agan sista yang ingin membuka tabungan rencana, terlebih dahulu agan sista harus sudah memiliki rekening tabungan mandiri atau giro mandiri. Jika belum punya, silahkan agan sista buat terlebih dahulu, lalu mintalah kepada petugas Customer Service untuk membukakan pula tabungan rencana mandiri untuk agan sista.

Baca Juga : Cara dan Syarat Membuat Rekening Tabungan Bank Mandiri

Berikut adalah syarat lengkap pembukaan tabungan berjangka mandiri (mandiri tabungan rencana) :

  • Penabung berusia minimal 18 tahun dan berusia maksimal 70 tahun pada saat Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo.
  • Memiliki Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.
  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan Mandiri Tabungan Rencana.

Beberapa keuntungan menggunakan tabungan rencana mandiri adalah bebas biaya administrasi bulanan, suku bunga lebih tinggi dari suku bunga tabungan mandiri, perlindungan asurasi gratis, jangka waktu yang fleksibel dari satu hingga dua puluh tahun, bebas menentukan atau mengubah setoran mulai dari Rp. 100.000,- atau 10 USD serta tersedia dalam mata uang rupiah dan dollar amerika.

Dari pengalaman kang erik yang sudah dua kali membuka tabungan mandiri, kang erik selalu ditawari untuk membuka tabungan rencana mandiri oleh mbak-mbak Customer Service Bank Mandiri. Dulu, kang erik pernah mencobanya, hanya saja kang erik putuskan ditengah jalan (sebelum jangka waktu habis) karena kondisi ekonomi kang erik semakin seret.

Saldo tabungan rencana mandiri memang tidak boleh ditarik sebelum jangka waktunya habis. Hanya saja, jika agan sista memiliki kondisi super darurat seperti kang erik dulu, agan sista bisa meminta melakukan penarikan dengan datang langsung ke kantor bank mandiri. Dari pengalaman kang erik, kang erik terkena biaya denda yang cukup besar, tapi kang erik lupa besaran nominalnya berapa, karena kejadiannya sudah sangat lama.

Oleh karena itu, saran kang erik, jika agan sista mau membuka tabungan rencana mandiri, pikirkan baik-baik jangka waktu serta jumlah setoran perbulannya. Jangan sampai agan sista mengalami hal yang sama dengan yang kang erik alami, nanti yang ada bukannya mendapatkan untung, tapi malah rugi karena denda.

Baca Juga : Ini Dia Rincian Biaya Administrasi Bank Mandiri Terbaru

Jika agan sista ragu, sebaiknya agan sista tidak perlu membuka tabungan rencana. Cukup sisihkan uang dengan jumlah tertentu di rekening tabungan agan sista setiap bulan. Jika takut keambil, agan sista bisa menitipkannya di rekening teman atau sahabat yang agan sista percaya.

Sumber : Website Bank Mandiri

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126