Tips Jitu Cara Memilih Theme WordPress Yang Tepat

Memilih theme wordpress (template) terkadang menjadi kendala banyak orang saat akan memulai aktifitas blogging. WordPress memang menyediakan banyak sekali theme dari berbagai jenis, dari yang gratis sampai berbayar, dari theme buatan wordpress sampai theme buatan pihak ketiga, semuanya tersedia dan dapat anda install dengan mudah di website atau blog wordpress anda, Namun, keberagaman jenis dan banyaknya theme wordpress yang tersedia terkadang malah membuat sebagian orang bingung untuk menentukan theme mana yang paling tepat untuk blog atau website yang mereka kelola.

menentukan theme wordpress, memilih template wordpress, menentukan theme wordpress, theme wordpress terbaik, tips wordpress

Bagi anda yang merasa bingung saat memilih theme wordpress, adakalanya malah sering gonta-ganti theme, coba yang ini dan coba yang itu. Padahal seringnya gaonta-ganti theme dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan situs yang anda miliki. Dampak yang tidak baik tersebut biasanya berakibat menurunnya jumlah visitor yang datang ke situs anda. Selain itu, seringnya gonta-ganti theme juga dapat menghilangkan identitas (jati diri) situs anda.

Oleh karena itu, sangat penting kiranya sebelum anda menginstall suatu theme, terlebih dahulu anda cermati dan pahami fitur-fitur yang tersedia, apakah sudah memenuhi kriteria-kriteria standar theme professional yang sesuai dengan kebutuhan anda atau belum. Jika anda bingung untuk menilainya, silahkan anda perhatikan unsur-unsur sebagai berikut :

  • Sesuaikan Dengan Niche Situs

Tidak lucu ceritanya jika anda menggunakan theme wordpress untuk situs berita, tapi ternyata situs anda adalah situs jual beli baju online. Sesuaikanlah dengan niche situs anda. Gunakan theme berita jika situs anda adalah situs berita, gunakan theme blog, jika situs anda adalah situs blog dan sebagainya. Penyesuaian ini penting untuk anda perhatikan, mengingat setiap theme sudah didesain sedemikian rupa sesuai dengan tujuan pembuat theme itu sendiri.

Jika anda pandai menguasai ragam bahasa asing seperti CSS dan PHP, anda mungkin bisa lebih menyesuaikan lagi theme yang dibuat oleh pihak pembuat menjadi lebih sesuai dengan keinginan dan identitas yang ingin anda tonjolkan untuk situs yang anda miliki. Lebih baik lagi jika anda membuat theme sendiri untuk situs wordpress yang anda kelola supaya terkesan lebih unik, lebih professional dan sesuai dengan keinginan anda.

  • Sesuaikan Dengan Budget

Theme wordpress secara garis besar dapat dibagi kedalam 2 jenis, yaitu free dan premium. Theme wordpress premium biasanya dibuat oleh pihak ketiga dengan tawaran fitur dan harga yang beragam. Salah satu pembuat theme wordpress premium paling berpengalaman adalah woothemes.

Secara garis besar, memang tidak terlalu banyak perbedaan yang menonjol antara theme gratis dan premium. Namun, biasanya para pembuat theme premium lebih dapat memanjakan penggunanya dan memiliki dukungan teknis yang professional. Sedangkan theme wordpress free biasanya hanya memiliki fitur yang terbatas dan tidak memiliki dukungan teknis kecuali forum.

Sebenarnya theme free juga dapat anda buat seperti theme premium. Anda tentu tahu bahwa wordpress banyak sekali menyediakan plugin yang dapat membantu anda. Selain itu, jika anda sedikit menguasai CSS, PHP dan bahasa-bahasa lain yang dibutuhkan, saya yakin theme wordpress yang anda miliki dapat menjadi lebih fantastis dari theme wordpress premium sekalipun.

Kesimpulannya, jangan paksakan untuk membeli theme wordpress premium jika anda masih ingin berhemat dengan keuangan anda, terkecuali anda sudah tidak memikirkan keuangan lagi, maka tak ada salahnya anda bli theme wordpress premium untuk situs anda.

  • Responsive, Pentingkah?

Ya, responsive adalah salah satu faktor yang wajib anda perhatikan saat akan menggunakan theme wordpress apapun jenis dan peruntukannya. Responsive yang dimaksud disini adalah bahwa theme yang digunakan tersebut nantinya dapat diakses dengan sempurna melalui beraneka ragam gadget, seperti PC, Smartphone, Tablet dan sebagainya.

Jika anda pernah mebuka halaman sebuah situs melalui smartphone, kemudian anda melihat tampilannya berantakan tak karuan, itu pertanda bahwa situs tersebut tidaklah responsive. Pentingnya responsive dikarenakan tidak semua visitor mengakses situs anda melalui PC, dan anda tentu tidak ingin visitor yang berasal dari beraneka ragam gadget tersebut lari meninggalkan situs anda, hanya karena tampilannya yang acak-acakan.

  • Loading Wajib Diperhatikan

Jangan hanya mementingkan tampilan theme yang keren, tapi yang harus lebih diperhatikan adalah loading theme tersebut. Anda mungkin pernah merasa kesal pada saat berkunjung ke sebuah situs yang ternyata loadingnya super duper lama. Nah, begitupun dengan pengunjung anda. Pengunjung situs anda pasti akan merasa kesal juga jika ternyata situs yang ingin mereka buka tersebut loadingnya lama sekali.

Saran saya sebaiknya gunakan theme wordpress yang simple-simple saja. Hindari theme-theme yang banyak menggunakan javascript dan flash. Meskipun dengan javascript dan flash theme anda akan terlihat lebih hidup, tapi penggunaan yang berlebihan malah dapat memperparah loading situs anda. Gunakan CDN Cloudflare atau CDN yang lainnya untuk dapat membantu mempercepat loading situs anda dan hindari mengupload gambar post dengan size yang besar.

  • Kenyamanan Juga Perlu

Pilihlah theme yang memiliki kombinasi warna yang baik. Yang tidak terlalu berlebihan, namun terlihat elegan. Hal ini penting untuk memanjakan pengunjung yang datang ke situs anda. Pengunjung situs anda pasti akan merasa risih, jika theme situs anda terlalu lebay atau kombinasi warnanya tidak enak dipandang mata. Mereka bisa saja merasa tidak betah dan bisa saja langsung pergi meninggalkan situs anda.

Semakin anda pintar mencari theme-theme dengan kombinasi warna yang baik, maka pengunjung anda akan semakin betah berlama-lama di situs anda. Semakin pengunjung anda betah, semakin banyak pula page views yang mereka akses.

loading...
Tags:

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126