id-winherba.com

Tips Bijak Saat Menggunakan Paypal

Paypal sebagai salah satu metode pembayaran online paling banyak digunakan ini tentunya mempunyai daya tarik tersendiri di kalangan pecinta online shop. Penjual dan pembeli dimanjakan sedemikian rupa, sehingga membuat mereka merasa betah, aman dan nyaman dalam bertransaksi.

Sebagai seorang pengguna paypal tentu saja saya merasakan kenyamanan yang diberikan tersebut, saya tidak perlu membuat kartu kredit yang bertele-tele dan berbunga hanya untuk melakukan transaksi secara online terutama dengan ritel atau online shop luar negeri seperti ebay. Melalui paypal ini pula lah saya mulai terbiasa berbelanja vps, hosting, domain dan lain-lain, termasuk beberapa hal konyol yang pernah saya beli, seperti beberapa t shirt, topi dan sejenisnya yang saya beli dari website resmi beberapa penyanyi dan selebritis favorite saya.cara menggunakan paypal, tips menggunakan paypal

Dalam menggunakan paypal sebagai metode pembayaran utama saya, tentu saja tidak semuanya dapat berjalan dengan mulus, ada beberapa kasus yang membuat belanjaan saya tidak dapat diproses, akun paypal saya terkena limit lagi dan lain-lain.

Semuanya berawal dari ketidaktahuan saya bagaimana cara menggunakan paypal yang baik dan benar. Nah, berikut ini adalah tips bijak saat menggunakan paypal yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman saya selama menggunakan paypal :

  1. Segera verifikasi akun paypal anda untuk menghilangkan limit transaksi, anda dapat membaca cara verifikasi paypal disini.
  2. Jangan membuat akun paypal banyak atas nama anda, jika anda ingin membuat akun paypal dengan jumlah banyak, silahkan gunakan nama identitas lain, misal punya pacar anda, keluarga anda atau teman anda yang anda percaya.
  3. Perhatikan jenis akun paypal anda. Paypal menyediakan beberapa pilihan jenis akun yang berbeda-beda, dari mulai akun personal, premier, business dan student. Semuanya memiliki fitur dan batasan yang berbeda. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan anda baca di halaman resmi paypal ini.
  4. Ganti password paypal anda secara berkala dan gunakan kombinasi huruf (kapital dan non kapital), angka dan simbol. Ini harus anda lakukan untuk menimalisir terjadinya pembajakan akun paypal anda. Beberapa orang-orang di forum ada yang suka nyeleneh untuk melakukan hal gila semacam ini, meskipun target mereka adalah akun paypal luar negeri, tapi tentu bukan menjadi alasan untuk tidak waspada kan?.
  5. Selalu gunakan IP lokal saat bertransaksi ataupun login ke akun paypal anda. Ini sangat penting, anda dilarang keras menggunakan proxy, ssh, vpn, direct dan sejenisnya. Anda wajib menggunakan koneksi internet yang wajar, sehingga tidak membuat pihak paypal curiga kepada anda dan kemudian memblokir atau melimit akun paypal anda.
  6. Lakukan transaksi wajar. Anda mungkin bisa menjual saldo paypal yang anda miliki ke pengguna paypal lainnya, tapi perhatikanlah batas kepatutan atau kewajarannya. Beberapa teman saya yang suka menjual saldo paypal mengeluhkan hal ini, akun mereka kembali mendapat kartu limit dari paypal gara-gara mengabaikan yang satu ini.
  7. Jangan biarkan saldo anda terkuras habis, sisihkan setidaknya 2 USD di akun paypal anda.
  8. Pastikan selalu logout setelah melakukan transaksi dan hapuslah history browser anda.
  9. Pertimbangkan matang-matang sebelum anda melakukan subscribe. Jika anda membeli atau menyewa sesuatu yang dibayar perbulan, perkuartal, persemester atau pertahun biasanya ada merchant yang menawarkan debet otomatis, artinya perpanjang otomatis dengan pengambilan dana otomatis dari paypal. Ini biasanya saya hindari karena belum tentu bulan atau kuartal berikutnya saya akan membeli atau menggunakan jasa mereka lagi dan juga belum tentu saldo paypal saya akan mencukupi.
  10. Jangan pernah menghubungkan lebih dari satu akun di satu toko / merchant yang sama. Dalam toko online luar negeri biasanya anda diminta membuat akun terlebih dahulu (register) kemudian anda diminta untuk menghubungkan akun tersebut dengan metode pembayaran yang ingin anda gunakan (paypal atau credit card). Nah, bagi anda yang mempunyai satu akun paypal sebaiknya anda jangan membuat akun lain atas nama saudara anda, pasangan anda atau teman anda yang kemudian dihubungkan dengan satu akun paypal yang anda miliki. Gampangnya, paypal anda hanya boleh terhubung dengan satu akun di toko tersebut.
  11. Jika ada masalah atau mendapati hal-hal yang mencurigakan, hubungilah pihak paypal dengan segera. Anda bisa mengirimkan email atau bahkan menelpon pihak paypal. Pastikan anda menguasai bahasa Mandarin atau bahasa Inggris. Bahasa Indonesia atau melayu mungkin bisa jika anda meminta untuk berbicara dengan customer service yang dapat berbicara bahasa Indonesia / Melayu terlebih dahulu.

loading...
Tags:

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126