id-winherba.com

Sebab dan Cara Mengatasi Masalah Putty Inactive

Jika anda sering bermain-main dengan putty untuk mengakses server anda, tentu anda pernah mengalami masalah putty inactive yang diawali dengan pesan “putty fatal error”. Masalah seperti ini mungkin tidak terlalu mengesalkan apabila aktifitas atau keperluan anda di putty sudah selesai dikerjakan.

Berbeda halnya dengan saat keperluan menggunakan putty belum sepenuhnya selesai dikerjakan, bahkan mungkin baru saja anda akan menggunakan putty, masalah ini sudah muncul menyapa anda terlebih dahulu.

Masalah ini terjadi karena berbagai macampenyebab dan oleh karena penyebabnya tersebut lebih dari satu, maka cara mengatasinya pun berbeda-beda.mengatasi putty inactive, putty putus, putty disconnect

Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi masalah putty inactive :

  1. Server Offline
    Jika server anda dalam keadaan offline, maka otomatis anda tidak akan bisa mengaksesnya lewat putty. Solusinya silahkan anda nyalakan terlebih dahulu servernya (jika ada panel bisa lewat panel dan jika tidak ada panel anda bisa menghubungi sellernya), setelah itu barulah anda coba kembali login dengan Putty.
  2. Salah Ketik Host
    Ini sering dialami oleh saya sendiri. Terkadang saking terburu-burunya ingin segera melakukan konfigurasi server lewat putty, saya justru salah memasukan host saya sendiri. Kesalahan tersebut biasanya macam-macam, saya terkadang lupa angka terakhir server saya, menambahkan huruf dan kode seperti garis miring tanpa disengaja dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah ini anda dituntut untuk jeli sebelum melakukan sesuatu pekerjaan. Jangan suka terburu-buru, karena terburu-buru itu adalah perbuatan yang tidak baik.
  3. Salah Port
    Ini terbilang jarang terjadi karena rata-rata server (vps) mendukung port 22, namun akan berbeda ceritanya jika server tersebut tidak mendukung akses ssh port 22, seperti yang saya alami saat menggunakan vps dari vps.me. Saya suka lupa mengganti port 22 dengan 2211 seperti yang telah mereka informasikan kepada saya. Masalah ini juga akan dapat diatasi jika anda kemudian mengkoreksinya dengan port yang sesuai.
  4. Tidak Ada Koneksi Internet
    Terkadang saya juga lupa, koneksi internet saya sudah dimatikan atau terkadang koneksi internet saya tiba-tiba terputus dengan sendirinya pada saat saya sedang melakukan konfigurasi server lewat putty. Ini yang terbilang paling mengesalkan. Bagaimana tidak kesal coba, settingan yang sudah saya buat bisa kacau berantakan hanya gara-gara akses internet yang terputus dan tentu saja saya harus mengulanginya lagi dari awal.
    Internet yang terputus ini dapat terjadi karena berbagai sebab,  seperti jaringan / sinyalnya jelek (muncul tenggelam),  kuota / pulsa sudah habis, kartu memasuki masa tenggang (non aktif) atau jika anda menggunakan ssh mungkin triknya sudah tidak bisa digunakan, server offline dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah ini, setidaknya anda lihat dulu koneksi internet yang sedang anda gunakan, selanjutnya anda kira-kira saja apakah koneksinya stabil, kuota anda akan mencukupi dan cek juga masa aktif kartu yang anda gunakan.
  5. Putty Yang Diacuhkan
    Percaya atau tidak ternyata putty bisa marah juga kalo kelamaan dicuekin. Anda bisa mencobanya dengan meninggalkannya tidur dan lihatlah apa yang terjadi ketika anda bangung, putty anda tiba-tiba inactive sendiri meskipun koneksi internet anda tetap setabil selama anda tidur. Masalah ini bisa diatasi dengan melakukan pengaturan berikut ini terlebih dahulu sebelum anda login :

    1. Buka aplikasi putty dan masuk ke menu Connection
    2. Pada Seconds between keepalives isi dengan anga 30
    3. Check box Enable TCP keepalives
    4. Setelah itu baru anda login seperti biasa, jika anda belum tahu cara login di putty silahkan anda baca artikel saya disini.
      putty fatal error

Demikian sebab dan cara mengatasi putty inactive yang dapat saya sampaikan, mungkin saja ada sebab lain yang tidak saya cantumkan diatas, bisa jadi hal itu terjadi karena saya lupa, saya belum tahu atau saya belum mengalaminya sama sekali.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 6 Aplikasi SSH Client Gratis Terbaik Untuk OS Windows

loading...
Tags:

Komentar Agan Sista

4 Comments on "Sebab dan Cara Mengatasi Masalah Putty Inactive"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Arya Setya
Pengunjung
Arya Setya
1 year 2 months ago

Gan kalok server down gimanan solusinya biar up lagi,, Soalnya VPS ku kemarin tiba2 down dan bandwidth 1tb langsung abis. Padahal domain baru konek sama Server dan web juga belum ada visitor. login lewat Putty Juga g bisa… Kira2 penyebabnya apa ya selain kena DDOS.
Mohon pencerahannya gan dede, Maklum belum tau masih nubi pakek VPS.

Ayu L
Pengunjung
1 year 2 months ago

Kalau sy masalahnya sekarang wp suka not found beberapa detik tapi kalau di ping server masih up,
kira2 penyebabnya apa ya mas? sy punya 2 droplet di DO dan cuma 1 yg begitu, yg sy pake yg 2GB RAM nya

Walau wp down cuma beberapa detik doang tapi lumayan ganggu karena sy liat udah beberapa kali kejadiannya dan cuma di droplet yg 1 itu doang yg masalah

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126