Review Perbandingan VPS Ramnode Digitalocean dan SGGS

Terkadang ada banyak sekali keraguan ketika akan membeli VPS, salah satu faktor yang membuat ragu adalah ISP. Kira-kira ISP mana yang bagus dan berkualitas, yang fast respon jika ada masalah, yang memberikan harga terjangkau, yang memiliki lokasi server di tempat-tempat yang menjadi incaran anda dan berbagai macam pertimbangan-pertimbangan lain yang menjadi kunci dalam menjatuhkan pilihan.

Sebagai seorang konsumen (pembeli), rasanya memang sangat wajar memiliki banyak pertimbangan seperti diatas sebelum melakukan transaksi. Anda tentu tidak ingin jika barang yang anda beli memiliki cacat (kekurangan) sehingga akan mencederai manfaat dan fungsi dari barang yang anda beli tersebut. Begitu halnya saat anda akan membeli VPS, pertimbangan-pertimbangan tersebut sangatlah penting, mengingat VPS yang akan anda beli tersebut nantinya diharapkan dapat berfungsi secara maksimal.perbandingan vps, ramnode vs digitalocean vs sggs, vps termurah, mencari vps berkualitas, vps terbaik

Dari sekian banyak ISP VPS yang ada di muka bumi ini, saya hanya akan memberikan review perbandingan VPS Ramnode, Digitalocean dan SGGS. Saya memberikan review ketiga ISP tersebut karena ketiganya paling sering saya gunakan daripada ISP VPS yang lainnya, sehingga diharapkan pengalaman saya ini bisa dijadikan bahan referensi anda sebelum memutuskan untuk membeli VPS.

Ramnode

Merupakan ISP VPS termurah diantara ketiganya. Ramnode juga getol memberikan diskon (kupon) sehingga ISP yang satu ini selalu mendapatkan vote positif dari para pengunjung lowendbox, sebuah situs tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli VPS dengan harga terjangkau.

Meskipun memiliki harga yang murah, tapi jangan dipandang sebelah mata. Spesifikasi VPS yang ditawarkan ISP ini sangat mumpuni. Sebagai contoh dengan harga 5 Dollar anda bisa mendapatkan VPS OpenVZ 512MB Ram, 2 Cores, 50GB storage dan 2TB Bandwidth.

ISP yang satu ini memang memberikan banyak sekali pilihan produk VPS, dari OpenVZ sampai KVM dengan berbagai macam penawaran hadir disini. Penawaran-penawaran tersebut ia bagi menjadi 3 jenis, yaitu standar, premium dan massive. Masing-masing jenis dibagi kedalam berbagai plan sesuai RAM yang diberikan.

Kualitas layanan ramnode terbilang bagus, anda akan mendapatkan speed uplink 1Gbps dengan disk SSD. Sungguh sangat bisa diandalkan untuk berbagai keperluan server virtual anda. Namun, jika anda mengutamakan penggunaan VPS untuk keperluan trik gratis (SSH / VPN) anda mungkin akan mengerutkan kening anda, mengingat speed yang didapat tidaklah sebaik 2 kandidat lainnya (SGGS dan Digitalocean).

Jika anda ingin menggunakan VPS untuk keperluan lain selain trik gratis, saya jamin anda akan merasakan kualitas yang baik. Saya sendiri menggunakan VPS ramnode untuk mengelola website ini, membuat mail server dan membuat torrent leech. Bagi yang ingin menggunakan VPS ramnode untuk torrent leech, silahkan anda pilih lokasi USA saat pembelian, karena lokasi lain tidak diperbolehkan.

Keluhan dilayani melalui open tiket, saya merasa cukup puas dengan balasan mereka. Keluhan dibalas dengan cepat dan diberikan solusi yang tepat. Saya sendiri pernah mendapatkan serangan DDoS ke VPS saya, mereka kemudian merefund penuh uang saya, padahal saya sudah menggunakan VPS tersebut selama hampir satu bulan. 😀

Satu hal yang membuat ramnode kurang memuaskan bagi saya adalah karena tidak ada lokasi server di asia tenggara (Singapore), sehingga jika situs anda mentarget pengunjung lokal, anda harus menggunakan CDN. Sedangkan untuk SSH (trik gratis) anda hanya bisa gigit jari saja, kecuali anda bersedia menggunakan server mereka yang berada di USA dan Eropa.

Berikut ini hasil test benchmark untuk VPS ramnode dengan Ram 512 MB (Harga 5 USD). Gambar menunjukan I/O Speed yang lumayan, namun download speed Singaporenya sangat mengkhawatirkan. 😀
test speed vps ramnode, kecepatan ramnode

Bagi yang ingin order VPS dari ramnode, silahkan anda klik link ini. Gunakan kupon kode SSD10 agar bisa mendapatkan potongan harga sebanyak 10%.

Digitalocean

Harga lumayan murah, tapi memiliki lokasi server di Singapore biasanya menjadi alasan banyak orang untuk memilih ISP yang satu ini termasuk saya. ISP ini juga terbilang getol update kupon, namun sayangnya setelah menggunakan salah satu kupon, anda tidak akan bisa menggunakan kupon yang lain lagi. Mungkin itu adalah strategi bisnis yang dijalankan oleh pihak digitalocean.

Selain Singapore, ISP ini juga memiliki lokasi server di tempat lain seperti di London, Amsterdam, New York dan San Francisco. Anda bebas menentukan lokasi mana saja yang paling cocok menurut anda.

Satu hal yang membuat digitalocean berbeda dengan ISP yang lain adalah bahwa mereka memperbolehkan usernya untuk menunggak pembayaran sampai batas tertentu. Hal ini sangat bermanfaat jika anda lupa memperpanjang VPS, maka VPS tidak akan otomatis mati dan anda masih tetap bisa menggunakannya. Hal yang harus anda perhatikan adalah janganlah terbiasa menumpuk utang, karena semakin besar utang biasanya semakin malas untuk membayarnya. Jika tunggakan anda melebihi batas wajar, maka pihak digitalocean akan memberikan peringatan untuk segera membayar utang tersebut, jika tidak bisa jadi akun anda akan dinonaktifkan oleh pihak digitalocean.

Hanya dengan 5 USD anda sudah bisa menikmati layanan VPS KVM 512MB, 1 Core Processor, 20GB SSD dan 1TB Bandwidth. Memang benar jika dibandingkan dengan ramnode, digitalocean terlihat lebih mahal. Namun jangan lupa bahwa digitalocean menggunakan virtualisasi KVM sedangkan ramnode menggunakan OpenVZ. Jika anda coba bandingkan antara sesama KVM baik digitalocean maupun ramnode, maka hasilnya tidak jauh berbeda, baik dalam harga maupun spesifikasi yang mereka tawarkan.

Digitalocean sangat bisa diandalkan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan anda. Saya menggunakan VPS ini untuk membuat ssh (trik), VPN, mengelola website, mail server dan lain-lain. Hanya saja anda tidak bisa menggunakan VPS di ISP ini untuk aktifitas torrent dalam bentuk apapun.

Support ISP yang satu ini juga bagus, meskipun terkadang agak delay sedikit, tapi menurut saya itu masih dalam batas kewajaran.

Berdasarkan hasil test benchmark, VPS di ISP ini menunjukan I/O speed paling rendah jika dibandingkan dengan 2 ISP lainnya (saya test di VPS ram 512 mb dengan harga 5 USD). Meskipun begitu, digitalocean memiliki download speed from softlayer Singapore paling besar diantara ISP lainnya.digitalocean test speed, sgdo speed test

Bagi yang tertarik untuk menggunakan VPS dari digitalocean, silahkan anda daftar dengan klik linknya disini untuk mendapatkan kredit 10 USD gratis.

SGGS (Oneasiahost)

Memiliki harga cukup fantastis, membuat SGGS menjadi ISP termahal diantara 3 ISP yang saya bahas kali ini. Semakin tinggi harga, semakin bagus kualitas yang ditawarkan. Mungkin seperti itulah yang coba mereka tonjolkan kepada pengguna setianya. Hal ini pulalah yang kemudian membuat SGGS menjadi ISP favorite para pengguna trik internet gratis di Indonesia. Tak salah memang, karena SGGS selain memiliki server di singapore yang notabene sangat dekat dengan Indonesia, juga memiliki kualitas yang tak bisa dianggap remeh.

Harga termurah yang ditawarkan adalah 12 USD perkuartal dengan spesifikai VPS OpenVZ, Ram 128 MB. SSD Harddisk 5Gb, Bandwidth 250Gb dan CPU 1 Core.

Selama saya menggunakan ISP ini, saya merasa sangat puas. Saya bisa membuat ssh untuk trik internet gratis, mengelola web, membuat mail server dan lain-lain. Namun, bagi anda yang ingin menggunakannya untuk torrent leech, sebaiknya anda urungkan niat anda tersebut karena ISP yang satu ini sangat anti dengan torrent.

ISP ini getol memberikan informasi kepada pelanggan melalui email apabila akan dilakukan perbaikan server, sehingga anda akan tahu sebelum maintenance terjadi. Anda juga dapat melakukan persiapan-persiapan tertentu jika diperlukan.

Meskipun saya jarang open tiket, tapi keluhan saya biasanya dibalas dengan professional. Hal yang saya kurang suka adalah bahwa ISP ini tidak mengenal refund dan juga kupon, tapi selama kualitasnya bagus, saya rasa anda tak perlu khawatir dengan refund dan kupon. Minusnya hanya diharga saja. Anda perlu mengeluarkan 12 USD hanya untuk mendapatkan spesifikasi dengan RAM 512 MB. Sungguh sangat mahal berkali lipat dari ISP yang lainnya.

Berikut ini adalah hasil test benchmark SGGS ram 256MB (harga 7 USD perbulan). Dalam gambar dibawah tampak bahwa SGGS mendapatkan I/O Speed VPS paling baik diantara kedua ISP lainnya.sggs speed test, kecepatan vps sggs, oneasiahost spesifikasi

Jika anda merasa SGGS adalah pilihan yang tepat dan ingin menggunakan VPS dari SGGS, silahkan anda klik saja link ini untuk daftar langsung ke SGGS.

Kesimpulan

Kesimpulan dari review kali ini adalah bahwa masing-masing ISP memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Berikut adalah plus dan minus dari ketiga ISP diatas :

Ramnode :
+ Harga paling murah, cocok untuk belajar vps dan mempunyai budget pas-pasan.
+ Bisa digunakan untuk aktifitas torrent leech (server USA).
+ Banyak tersedia kupon promo dan kupon tersebut dapat digunakan berulang kali.
+ Spesifikasi yang ditawarkan sangat mumpuni.
– Tidak terdapat server yang berlokasi di Asia Tenggara (Singapore).
– Tidak cocok untuk jualan SSH.

DigitalOcean :
+ Memiliki lokasi server Singapore.
+ Menggunakan virtualisasi KVM.
+ Harga relatif murah.
+ Cocok untuk segala keperluan termasuk jual SSH / VPN.
– Tidak bisa digunakan untuk aktifitas torrent.
– I/O speed paling kecil.
– Hanya bisa menggunakan kupon satu kali.

SGGS (OneAsiaHost) :
+ Lokasi server di Singapore.
+ I/O Speed tertinggi.
+ Cocok untuk digunakan segala keperluan termasuk SSH dan VPN.
– Harga mahal.
– Tidak bisa digunakan untuk aktifitas torrent.
– Tidak ada kupon promo.
– Respon tiket (keluhan) lambat.

Baca Juga : Review VPS Murah Dengan I/O Speed Terbaik dari Hostsailor

Catatan Penting :
Jika anda berminat membeli VPS, Hosting, Domain atau apapun itu yang sifatnya jual beli online melalui paypal atau kartu kredit, harap untuk tidak melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan koneksi tidak wajar (SSH, VPN, Proxy, VPS dan sejenisnya). Jika anda memaksa, maka transaksi akan dianggap fraud dan permintaan anda tidak akan diproses.

loading...

Komentar Agan Sista

6 Comments on "Review Perbandingan VPS Ramnode Digitalocean dan SGGS"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Hardinal
Pengunjung
1 year 4 months ago

Bagus sekali ulasannya mas.. Saya belum pernah nyoba pake Ramnode karena tidak seperti Digital Ocean yang bebas create / destroy VPS, SGGS kalo menurut saya kemahalan, kalo tujuannya untuk create VPS saya lebih prefer Digital Ocean. Btw, saya juga memiliki ulasan mengenai perbandingan Vultr dengan Digital Ocean: https://www.hardinal.com/blog/vps-mana-yang-lebih-bagus-vultr-atau-digital-ocean/

Anonim47
Pengunjung
1 year 3 months ago

Bagus Ulasannya om. Saya sendiri untuk hosting prefer ke INIZ. Untuk masalah murah, saya memilih FLIPPERHOST dimana hanya dengan 5.75 USD bisa mendapat spek RAM 4 GB, SSD 128 GB, Bandwith 10 TB. Tetapi sayangnya terlalu banyak aturan yang terlalu ketat membuat sedikit tidak nyaman dan was-was jika VPS kena suspend. Kalau di INIZ dengan sekitar 8 USD bisa mendapat spek RAM 5 GB, HDD 125 GB, Bandwith 2 TB. Torrent leech juga di perbolehkan untuk area Eropa. Hanya saja tidak bisa REFUND.

Riyan Rafa
Pengunjung
1 year 2 months ago

Knapa di vps sggs yg saya beli setelah di bikin config ovpn ko lemot ya.speed unduh 0.12mbps..ada solusinya ga gan

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126