vps vultr

Power Bank Jangan Diletakkan di Tempat Panas

Kumparan – Beberapa waktu lalu sebuah mobil dilaporkan terbakar di area parkir wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Penyebab kebakaran dipastikan berasal dari power bank yang tersimpan di dalam mobil.

Menurut pengamat gadget, Herry SW, menyimpan power bank di dalam mobil tidak disarankan karena membuat perangkat menjadi mudah panas dan merusak komponen di dalamnya, salah satunya baterai.

Ibarat balon, panas membuat baterai di dalam power bank menjadi menggelembung dan sewaktu-waktu bisa meledak jika sudah melewati level tertentu.

“Power bank yang disimpan di dalam mobil dan terkena sinar matahari artinya jadi panas. Panas membuat baterai mengembang, hamil. Pada level tertentu, gelembungnya sudah parah, ya akan meledak,” ujar Herry ketika dihubungi kumparan (kumparan.com), Jumat (14/7).

Herry menambahkan, kualitas dari power bank itu sendiri juga harus diperhatikan pengguna. Sekarang ini banyak power bank abal-abal beredar di pasaran yang kualitasnya buruk dibandingkan produk bermerek ternama.

“Komparasi power bank yang abal-abal dengan yang bermerek, pasti bisa dilihat perbedaannya. Semakin bagus power bank-nya, semakin bagus juga baterai dan komponen lain di dalamnya,” tambah Herry.

Pemakaian power bank memang harus diperhatikan penggunanya, mulai dari aktivitas pengisian daya hingga penyimpanannya. Baterai di power bank sangat sensitif dan berbahaya jika sudah terkena panas berlebih.

Jika kualitas power bank yang pengguna miliki sudah menurun dan fisiknya sudah berubah karena baterai di dalamnya mengembang, segera ganti perangkat. Pastikan membeli power bank dengan merek yang sudah teruji memiliki kualitas mumpuni.

Sebelumnya telah terjadi peristiwa meledaknya power bank yang tertinggal dalam mobil yang tengah terparkir di area parkir blok A Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Selasa (11/7).

Meledaknya power bank membuat mobil Toyota Kijang bernomor polisi AD 9401 SD milik Angga Ady Pratama terbakar sekitar 11.00 WIB dan membuat heboh pengunjung candi dan warga sekitar. Petugas yang ada di lokasi berhasil melakukan pemadaman dengan cepat.

Artikel Sumber : kumparan.com

hosting murah
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE