Perhatikan Hal Ini Sebelum Menjadi Nasabah Bank

Agan sista belum menjadi nasabah bank dan ingin segera menjadi nasabah bank?. Menjadi nasabah bank sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan masyarakat belakangan ini. Dengan menjadi nasabah bank, agan sista bisa melakukan transaksi perbankan dengan mudah seperti simpan dana, transfer dana, pinjam dana dan lain sebagainya yang pada intinya dengan menjadi nasabah bank, maka agan sista akan bisa melakukan transaksi keuangan dengan mudah dan cepat.

Diluar dari kelebihan dan kenyamanan tersebut, agan sista harus tahu bahwa bank juga memiliki keterbatasan dan kekurangan yang harus agan sista perhatikan sebelum agan sista memutuskan untuk menjadi nasabah di bank tersebut.

Disamping itu, tarif yang dikenakan oleh pihak bank terhadap layanan yang diberikan juga penting untuk agan sista pertimbangkan, jangan sampai setelah agan sista menjadi nasabah bank tersebut agan sista merasa kecewa dan ditipu karena tarif layanan bank yang dibebankan kepada agan sista luar biasa mahal.

cara memilih bank, tips memilih bank, cara menjadi nasabah bank, tips membuka rekening di bank

Nah, berikut ini Kang Erik rangkum poin-poin yang harus agan sista perhatikan sebelum agan sista memutuskan untuk menjadi nasabah bank :

  • Perhatikan Fasilitas Bank
    Poin yang pertama ini merupakan poin yang paling penting yang harus agan sista perhatikan karena tidak semua bank yang ada di negara ini memiliki fasilitas yang sama. Semua bank berlomba-lomba untuk memberikan fasilitas sebaik dan sebanyak-banyaknya untuk nasabah mereka. Nah, tugas agan sista adalah meriview fasilitasnya satu demi satu.

    Adapun fasilitas yang paling penting untuk agan sista perhatikan adalah lokasi kantor bank dengan rumah agan sista, jaringan ATM bank tersebut apakah banyak atau sedikit, layanan sms, mobile, phone dan internet banking, ketersediaan mesin EDC di tempat-tempat belanja serta limit kartu ATM perhari. Fasilitas lainnya bisa agan sista tambahkan sendiri sesuai dengan keinginan agan sista.

  • Pertimbangkan Tarif Layanan Bank
    Poin ini juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Tarif atau biaya jasa yang terlalu besar atau beragam dapat memberatkan beberapa kalangan, terutama bagi orang yang punya duit pas-pasan seperti Kang Erik ini. Tarif yang biasanya dikenakan oleh pihak bank adalah biaya administrasi bulanan, biaya ATM (jika menggunakan ATM) dan biaya penggunaan ATM bersama atau ATM Prima serta transaksi Visa, Mastercard dan Cirrus.

    Baca Juga : Rincian Biaya Administrasi Bank Mandiri Terbaru

    Jika ada bank yang mengenakan tarif layanan ATM, internet banking dan transfer ke rekening sesama bank, agan sista perlu untuk mempertimbangkannya dengan matang. Jangan sampai agan sista menyesal karena adanya biaya yang dibebankan tersebut. Untuk mencari tahu tarif atau biaya layanan bank, agan sista bisa mencari tahu dari teman yang sudah menjadi nasabah bank tersebut, melalui forum, grup atau website bank terkait.

    Baca Juga : Sejak Kapan Tarif Transfer Ke Sesama BRI Berlaku

  • Setoran awal, saldo ditahan dan setoran minimal
    Tiap bank mensyaratkan setoran awal, saldo ditahan dan setoran minimal yang berbeda-beda. Agan sista bisa mempertimbangkan bank yang mensyaratkan setoran awal, setoran minimal dan saldo ditahan yang lebih kecil. Hal ini cukup penting terutama bagi agan sista yang tidak memiliki dompet yang tebak seperti Kang Erik.

    Saat ini setoran awal paling besar yang kang erik ketahui adalah setoran di bank BCA dan bank mandiri yang besarannya sejumlah 500.000 rupiah. Meskipun demikian, kedua bank ini menerapkan saldo ditahan dan setoran minimal yang berbeda. Agan sista bisa mengetahui perbedaan keduanya dengan mengunjungi web bank bca dan web bank mandiri.

  • Bunga atau Bagi Hasil dan Hadiah
    Bunga diberikan oleh pihak bank kepada nasabah di bank konvensional sedangkan bagi hasil diberikan oleh bank kepada nasabah di bank syariah. Agan sista bisa mempertimbangkan bank yang memberikan bunga atau bagi hasil lebih besar daripada bunga atau bagi hasil yang diberikan oleh bank lain.
  • Banyaknya Nasabah Bank
    Dengan banyaknya nasabah yang menggunakan bank tersebut, maka agan sista akan mendapatkan kenyamanan yang lebih baik. Agan sista tidak perlu menggunakan layanan ATM bersama, Prima atau layanan lain pada saat agan sista ingin mengirim dana ke keluarga, teman, mitra bisnis atau yang lainnya. Banyaknya nasabah bank juga bisa dijadikan sebagai indikator atas kepuasan, kenyamanan serta fasilitas yang diberikan dari bank tersebut.
  • Baca Dokumen Perjanjian Sebelum ditandatangani
    Setelah agan sista menentukan pilihan bank mana yang paling cocok dengan kondisi agan sista, maka langkah selanjutnya agan sista harus datang ke kantor bank tersebut yang paling dekat dengan kediaman agan sista untuk membuka rekening di bank yang bersangkutan. Pada saat di kantor bank tersebut biasanya agan sista akan ditawarkan berbagai macam produk bank, silahkan agan sista pertimbangkan saja yang sekiranya sesuai dengan keinginan agan sista.

    Nah, jika agan sista sudah memilih produk perbankan yang ditawarkan, nantinya pihak bank melalui customer service akan memberikan surat atau dokumen yang harus agan sista tandatangani diatas materai. Dalam hal ini agan sista harus teliti, baca dengan cermat apa isi surat atau dokumen yang akan agan sista tanda-tangani itu, jangan sampai dokumen yang agan sista tanda-tangani tersebut ternyata sangat merugikan agan sista sebagai nasabah bank.

Demikianlah beberapa point yang wajib agan sista perhatikan sebelum agan sista memutuskan untuk menjadi nasabah disuatu bank. Jika agan sista terkendala dengan masalah tarif yang terlalu besar, agan sista bisa mempertimbangkan untuk membuka produk tabunganku.

Produk tabunganku ini adalah produk yang dikhususkan untuk menumbuhkan budaya menabung di masyarakat dengan besaran tarif layanan yang sangat rendah bahkan gratis. Produk tabunganku tersedia disemua bank di Indonesia, baik bank konvensional maupun bank syariah.

Baca Juga : Cara Serta Syarat Membuat Rekening Tabunganku BCA

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126