id-winherba.com

Perhatikan Hal Ini Saat Kamu Menggunakan ATM

Saat menggunakan ATM, agan sista perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap tindak kejahatan yang mungkin terjadi seperti tindakan penyadapan, penodongan dan lain sebagainya. Kewaspadaan terhadap tindak kejahatan tersebut merupakan satu dari sekian banyak poin penting yang harus agan sista perhatikan pada saat menggunakan ATM di bank manapun.

Poin-poin penting yang harus agan sista perhatikan pada saat memakai ATM ini merupakan salah satu cara supaya hal-hal yang tidak diinginkan tidak menimpa agan sista hanya karena agan sista memakai layanan automatic teller machine (ATM). Poin-poin penting ini merupakan rangkuman dari pengalaman kang erik dan kawan-kawan selama menggunakan ATM di beberapa bank besar di Indonesia seperti bank BCA, Mandiri, BRI dan BNI.

Baca Juga : Cara Mengambil Uang Dengan Menggunakan ATM BRI

kejahatan atm, tips menggunakan atm, cara memakai atm, hati-hati di atm, penipuan di atm, penyadapan di atm, aman memakai atm

Berikut adalah beberapa poin penting yang harus agan sista perhatikan saat menggunakan ATM :

  • Gunakan ATM dari Bank Penerbit Kartu ATM
    Kartu ATM memang bisa digunakan di ATM Bank lain dengan menggunakan layanan jaringan ATM Bersama, Jaringan Prima, Cirrus atau yang lainnya. Hanya saja alangkah baiknya jika agan sista memakai ATM sesuai dengan bank penerbit kartu ATM. Misalnya kartu ATM agan sista adalah kartu ATM BRI, maka sebaiknya agan sista gunakan ATM BRI saja.

    Hal tersebut bertujuan untuk menimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dan jika sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, maka prosesnya tidak seribet saat menggunakan ATM di bank lain.

    Kasus seperti ini pernah kang erik alami dulu pada saat melakukan tarik tunai di ATM bank BTN, saat itu kang erik menggunakan kartu ATM Bank BRI dan alangkah kesalnya karena ternyata uang yang kang erik ingin tarik tidak keluar, tapi saldo tabungan kang erik malah berkurang. Masalah seperti ini juga pernah dialami oleh teman-teman kang erik. So, kang erik berpendapat sebaiknya gunakan saja ATM bank yang sesuai dengan kartu ATMnya.

  • Perhatikan Lokasi Sekitar
    Waspada apabila ada orang di sekitar yang gerak geriknya mencurigakan. Jangan memancing orang untuk melakukan tindak kejahatan. Pilihlah lokasi ATM yang ramai, lebih baik lagi jika menggunakan ATM saat ada petugas satpam yang berjaga.
  • Pastikan Terdapat Kamera CCTV
    Setelah masuk ruangan ATM, sebaiknya agan sista pastikan ada kamera CCTV yang aktif disana. Ini berfungsi untuk menambah rasa aman agan sista saat bertransaksi di dalam ruangan ATM, sehingga apabila ada kejadian yang tidak diharapkan yang terjadi di dalam ATM, misalnya penodongan, setidaknya nantinya pihak kepolisian akan lebih mudah mengenali ciri-ciri pelakunya.
  • Pastikan ATM Layak Digunakan
    Sebelum menggunakan ATM, harap pastikan terlebih dahulu bahwa mesin ATM layak untuk digunakan. Jangan gunakan mesin ATM yang rusak. Mesin ATM rusak atau tidak bisa digunakan biasanya ditandai oleh pihak bank terkait.
  • Periksa Jika Ada Barang Mencurigakan
    Jika disekitar ATM atau didalam ruangan ATM terdapat barang-barang yang mencurigakan atau janggal sebaiknya agan sista periksa dan pastikan terlebih dahulu. Jika merasa takut terjadi kesalahan, sebaiknya panggil petugas satpam atau gunakan saja ATM lain yang lebih aman.
  • Jaga Kerahasiaan Password (PIN) Kartu ATM
    Hati-hati saat memasukkan PIN kartu ATM. Jangan sampai orang lain termasuk petugas bank tahu saat agan sista mengetikkan nomor-nomor PIN kartu ATM agan sista. Jika tidak terdapat penutup diatas tombol mesin ATM, silahkan agan sista tutup saja dengan telapak tangan.
  • Jika Ingin Menggunakan ATM di Malam Hari Sebaiknya Ditemani Orang Lain
    Untuk menghindari tindak kejahatan di malam hari, sebaiknya agan sista ditemani oleh keluarga, saudara, teman atau orang kepercayaan agan sista saat ingin menggunakan ATM di malam hari. Orang kepercayaan agan sista tersebut cukup berada diluar ruangan ATM dan memperhatikan  keadaan sekitar lokasi ATM.
  • Jika Kartu ATM Tertelan Segera Hubungi Pihak Bank
    Jika kartu ATM agan sista tertelan oleh mesin ATM, segera hubungi pihak bank. Jika ATM tersebut berada di sekitaran bank, agan sista bisa langsung meminta petugas bank atau satpam bank untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Jika lokasi ATM jauh dari kantor Bank, silahkan hubungi nomor call center bank tersebut dan pastikan agan sista tidak meninggalkan ATM sebelum dilakukan tindakan pencegahan oleh pihak bank.
    Baca Juga : Cara Menghubungi Nomor Call Center dan Halo BCA

Demikian beberapa poin yang kudu diperhatikan oleh agan sista saat agan sista menggunkan ATM di bank manapun. Ingat kata-kata bank napi dulu, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah!.

loading...

Komentar Agan Sista

4 Comments on "Perhatikan Hal Ini Saat Kamu Menggunakan ATM"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Rully Pahruroji
Pengunjung
Rully Pahruroji
9 months 29 days ago

begini saya sekarang berusia 20 tahun dan sekarang kuliah, dulu waktu lulus SMK pas usia 18 tahun saya langsung kerja dan otomatis mendapat rekening & ATM mandiri sebagai media transfer gaji dari perusahaan, tapi sekarang Rekening mandiri saya saldonya Nol, dan saya berniat ingin menabung di Mandiri, apakah saya harus mengajukan pembuatan rekening baru atau saya gunakan rekening dulu waktu saya kerja? dan tertera di situs Bank mandiri bahwa biaya administrasi Tabungan Karyawan&Pelajar (KALPEL) 3000-11.500, apakah saya bisa mengajukan permintaan perubahan biaya administrasi menggunakan rekening yang lama waktu saya kerja dari 11.500 menjadi 3000? Terima KAsih, mohon cepat dijawab 😀

Nensy Dwi Wijayanti
Pengunjung
Nensy Dwi Wijayanti
3 months 22 days ago

Registrasi mbanking tdk bsa dlakukan dgn cara menghub call center y??? Dan misalkn saya ingin mendftrkn mbangking cuma itu atm ibu saya apakah bsa dterima saya dkantor BRI mbwa persyaratan lengkap????pdhl bkn ibu saya tp saya yg mendftrkn

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126