Perbedaan WordPress Gratis dan Self Hosted

Mungkin ini adalah hal yang sangat sulit dipahami oleh sebagian orang yang masih awam seperti saya. Terus terang pertama kali saya membuat blog adalah di blogspot.com dan wordpress.com, alasannya sangat simple saya ingin membuat blog yang gratis.

Pada saat itu saya bahkan tidak tahu apakah ada wordpress lain selain wordpress.com atau tidak. Namun hal itu kemudian berubah ketika saya mulai ingin memakai domain sendiri supaya website/blog saya terlihat lebih profesional.

Saya mencoba mencari berbagai informasi dan akhirnya teman-teman di forum menyarankan saya untuk menginstall wordpress self hosted (wordpress.org) di hosting saya. Mereka beragumen bahwa menggunakan wordpress self hosted sangat mudah, tersedia banyak themes dan banyak plugin yang disediakan secara gratis. Hal inilah yang kemudian membuat saya bingung apa perbedaan wordpress gratis dan self hosting?.wordpress, belajar wordpress, wordpress indonesia, blog gratis, web gratis

Nah, untuk mengetahui perbedaan antara keduanya yuk kita bahas satu persatu.

WordPress Gratis

WordPress gratis atau wordpress.com adalah sebuah website komersil yang mana disini anda bisa membuat blog gratis semau anda. Namun tentunya dengan fitur yang terbatas. Anda tentu saja bisa menghilangkan batasan-batasan tersebut dengan membayar biaya tahunan. WordPress.com sebenarnya menggunakan engine wordpress self hosted, namun karena wordpress.com ini sekaligus memberikan layanan hosting secara gratis itulah yang membuat fiturnya terbatas.

Berikut adalah keuntungan menggunakan  wordpress gratis :

  • Gratis.
  • Tidak perlu membeli domain.
  • Tidak perlu menyewa hosting.
  • Tidak diperlukan proses penginstalan sehingga lebih simple.
  • Tidak perlu backup karena sudah otomatis backup.

Berikut adalah kekurangan menggunakan wordpress gratis :

  • Tidak bisa membuat eCommerce untuk toko online.
  • Tidak bisa mengatur alamat website (alamat yang kita buat diletakan sebagai subdomain dari wordpress.com).
  • Space terbatas 3GB.
  • Adanya iklan sponsor dari wordpress.
  • Tidak bisa mengganti-ganti themes.
  • Tidak bisa costum design.
  • Tidak bisa menyimpan video.
  • Support hanya sebatas dari komunitas saja.

Di atas adalah paket wordpress.com yang disediakan secara gratis, paket tersebut adalah paket wordpress.com beginner. Jika anda membutuhkan fitur lain yang lebih powerfull anda bisa memilih paket wordpress.com premium dengan harga $166 per tahun atau paket wordpress.com business dengan harga $686.

WordPress.com premium memiliki space lebih besar (13GB), sudah bisa costum domain, tidak adanya iklan, bisa menyimpan video, email support (jika mengalami masalah), bisa costum design namun belum tersedianya premium themes dan belum bisa digunakan sebagai eCommerce toko online.

Adapun fitur wordpress.com business menyajikan space disk unlimited, bisa costume domain, bebas dari iklan, bisa costume disign, bisa menyimpan video, bisa digunakan sebagai toko online (eCommerce), tersedia premium themes dan adanya layanan live chat support untuk bantuan jika anda mengalami masalah. Fitur-fitur business ini sudah terbilang fantastis namun tentu saja harganya pun tidak kalah fantastis.

WordPress Self Hosted

WordPress self hosted adalah salah satu cms (Content Management System) open source yang digunakan sebagai mesin blog. Jika pada wordpress.com pengguna sudah diberikan hosting gratis, maka pada wordpress self hosted ini anda membutuhkan domain dan hosting tersendiri itulah kenapa wordpress.org ini disebut wordpress self hosted.

Kelebihan menggunakan wordpress self hosted adalah :

  • Tersedia berbagai macam plugin yang bisa digunakan.
  • Tersedia macam-macam theme baik yang berasal dari wordpress.org atau pengembang lain di luar wordpress.org.
  • Bisa mengedit atau menambah file melalui FTP client, Cpanel dan sejenisnya.
  • Melakukan modifikasi file wordpress.
  • Bebas mengatur server anda (database, webserver dll).
  • Bebas menentukan konten dalam website anda termasuk memasang iklan anda sendiri.

WordPress self hosted tidak memiliki batasan-batasan seperti pada wordpress.com. Namun karena kebebasan ini pula lah maka pengguna wordpress.org dituntut untuk lebih jeli dalam mengelola dan dituntut pengetahuan yang lebih, seperti pengetahuan untuk mengatasi maintain situs, backup, spam dan lain-lain. Tapi anda tidak perlu khawatir karena semua itu tidaklah sulit jika anda ingin belajar dan saya rasa menggunakan wordpresss.org sebagai cms website anda sangatlah mudah jika dibandingkan dengan membuat website secara manual

Berikut adalah hal yang anda butuhkan untuk membuat website dengan wordpress self hosted :

  • Content Management System wordpress dapat didownload di situs resmi wordpress.org.
  • Domain (Harga sekitar $10/tahun).
  • Hosting (Harga sekitar $4/bulan, anda juga bisa memilih vps dengan harga yang tidak jauh berbeda).

Jika ketiga hal tersebut sudah terpenuhi, anda hanya perlu menginstalnya di hosting anda, jangan lupa siapkan database untuk proses instalasinya terlebih dahulu.

Dari pemaparan di atas, mana yang paling direkomendasikan?

Sebenarnya semua itu tergantung kebutuhan dan keadaan anda, jika anda hanya ingin mencoba wordpress atau tidak ingin mengeluarkan biaya dan tidak mau repot mengurus perawatan situs/blog anda, sebaiknya anda memilih wordpress.com gratis. Jika anda menginginkan kebebasan konten dan kontrol penuh terhadap website anda saya rekomendasikan anda untuk menggunakan wordpress self hosted dari pada anda upgrade ke layanan wordpress.com premium atau business.

loading...

Komentar Agan Sista

12 Comments on "Perbedaan WordPress Gratis dan Self Hosted"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
rayman95
Pengunjung
rayman95
1 year 9 months ago

tau caranya buat schedule posting gak? dari tadi artikel nyangkut nih 😀

maifate
Pengunjung
1 year 3 months ago

Halo
jadi apakah self-hosted wordpress bisa pasang ad service seperti Adsense, Chitika, RevenueHits, dll??
untuk mengcover biaya maintain blog gitu.
soalnya yg free tidak bisa

terima kasih

erarian
Pengunjung
1 year 3 months ago

kalau dot org … gratis tidak gan???

mohon pencerahan

Vdyh
Pengunjung
5 months 27 days ago

Kak, blog ini wordpress premium atau yang bisnis?

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126