Apa bedanya Sistem Operasi Linux dan Windows pada server? Lebih baik pilih yang mana?

Pada suatu server biasanya terisi dengan Sistem Operasi yang biasanya terisi Linux dan Windows. Tiap kedua OS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing OS. Pada Linux yang pasti lebih murah dibandingkan dengan Windows, karena Linux merupakan suatu sistem operasi yang open sources atau gratis. Sedangkan Windows server yang dibuat oleh Microsoft pastinya kita harus membeli terlebih dahulu sistem operasinya.

Untuk kepopuleran yang pasti sistem operasi Linux yang sangat terkenal untuk penggunaan server. Selain biayanya yang lebih murah, penggunaannya dayanya juga cukup stabil. Tetapi itu bukan berarti Linux adalah sistem operasi yang lebih baik dibandingkan Windows, karena banyak sekali aplikasi yang di Windows tidak bisa digunakan pada sistem operasi Linux.

jakartawebhosting, webhosting indonesia

Pada dunia web hosting banyak sekali paker-paket yang disediakan. Salah satu yang harus dipikirkan dan utama adalah sistem operasi yang digunakan apakah sangat mendukung dalam memproses website Anda. Banyak sekali perbedaan dari sisi penggunaan atau aspek tampilan pada server web host maka dari itu kita harus bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Karena kepopuleran sistem operasi Linux, membuat kebanyakan Web Hosting Indonesia hanya menyediakan menyediakan web hosting bersistem operasikan Linux. Tidak seperti Jakartawebhosting yang menyediakan sistem operasi Linux dan sistem operasi Windows.

Aplikasi software yang mendukung

Ketika kita ingin menggunakan sistem operasi pada Windows maka aplikasi seperti NET, ASP, Visual Basic Script, Frontpage, Access, SQL, dan lainnya sangat cocok jika aplikasi atau web Anda membutuhkan aplikasi tersebut.

Begitu pula untuk kebutuhan seperti PHP, Perl atau database MySQL yang lebih baik menggunakan sistem operasi Linux. Bukan karena Windows tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut, tetapi lebih terjaminnya performa dan kinerja untuk dilakukan pada pada sistem operasi Linux daripada Windows ketika berhubungan dengan aplikasi tersebut. Maka dari itu kita harus bisa memilih secara selektif untuk mencocokkan aplikasi dengan file yang kita miliki. Yang pasti kita harus mengutamakan kecepatan yang didapat untuk website.

Biaya yang akan dikeluarkan

Untuk biaya yang dikeluarkan sudah jelas beda sekali antara sistem operasi Linux dan Windows. Pada Windows kita harus membayar lebih untuk mendapatkan lisensi ketika ingin memasangkan sistem operasi tersebut ke server kita, dan web server harus siap menambah uang lagi karena membutuhkan aplikasi-aplikasi yang terhubung dengan Windows. Maka dari itu, penggunaan Web Hosting Windows cukup mahal. Akan tetapi, JakartaWebHosting menawarkan Anda Windows Hosting Indonesia yang cukup terjangkau

Berbeda sekali dengan Linux, pada sistem operasi Linux memang gratis untuk diisi pada server kita. Permasalahannya pada sistem operasi Linux adalah kita harus memiliki orang yang benar-benar paham dengan Linux karena sistem operasi Linux harus melakukan konfigurasi yang manual.

Memang harga awal Windows lebih mahal dibanding dengan Linux. Tetapi juga dilihat dari sisi kemudahan develop untuk aplikasi tersebut. pada Windows dikarenakan kita harus membayar harga tambahan maka konfigurasi di Windows lebih banyak fiturnya apabila dibandingkan dengn Linux.

Apabila Anda ingin melihat komparasi fitur dan harga antara Linux Hosting dan Windows Hosting, Anda bisa mengakses website JakartaWebHosting.com dengan klik Link di bawah ini :

http://www.jakartawebhosting.com

loading...

Komentar Agan Sista

1 Comment on "Apa bedanya Sistem Operasi Linux dan Windows pada server? Lebih baik pilih yang mana?"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Nonton Film
Pengunjung
4 months 6 days ago

Mas tolong di share dong cara berganti domain seperti kangerik di VPS, terutama di CentOS 😀

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126