Penyebab VPS Terkena Suspend Pihak Provider

Pernahkah anda tiba-tiba mengalami gagal login ke VPS anda? bisa jadi hal itu disebabkan VPS anda sudah terkena kartu kuning atau bahkan mendapat kartu merah dari pihak provider VPS dan akibatnya, mau tidak mau anda harus menanyakannya langsung ke pihak provider untuk meminta klarifikasi. Memang benar, tidak semua gagal login disebabkan karena VPS terkena suspend, tapi jika tidak ada hal teknis yang menyebabkan terjadinya gagal login, maka dapat dipastikan bahwa VPS anda sudah terkena suspend provider.

Untuk mengetahui penyebab suspend VPS sebenarnya anda bisa menanyakannya langsung ke provider VPS tempat anda membeli VPS tersebut. Biasanya mereka mempersilahkan anda untuk open ticket disana, tapi hal itu hanya bisa dilakukan setelah VPS anda terkena suspend.sebab vps disusupend, kenapa vps suspend, alasan kena suspend vps, akses vps diblokir, vps tidak bisa digunakan

Lalu jika VPS anda belum terkena suspend dan ingin tahu penyebab VPS terkena suspend itu apa saja, sehingga anda dapat berjaga-jaga supaya VPS anda tidak terkena suspend, silahkan anda perhatikan baik-baik point-point pembahasan berikut ini :

  • Perhatikan T.O.S

Kebiasaan orang Indonesia adalah tidak memperhatikan T.O.S, baik saat transaksi jual beli maupun transaksi lainnya. Alasannya bisa karena malas membaca, tidak mengerti bahkan ada yang sampai tidak tahu bahwa mereka memberikan T.O.S layanan. Padahal T.O.S itu sangat penting untuk diperhatikan, disana anda bisa membaca syarat dan ketentuan layanan yang diberikan, mana yang boleh anda lakukan dan mana yang tidak boleh anda lakukan di VPS anda.

T.O.S yang biasanya dilanggar terutama oleh pemula adalah menyangkut masalah torrent dan proxy. Tidak semua provider VPS memperbolehkan hal tersebut. Oleh karenanya anda perlu ekstra hati-hati. Baca T.O.S dengan baik dan jika masih kurang jelas, sebaiknya anda tanyakan terlebih dahulu ke pihak provider. Bagaimana pun, komunikasi itu sangat penting terjalin, supaya tidak terjadi kesalahpahaman antara anda dan pihak provider.

  • Pemakaian Tidak Wajar

Gunakan VPS anda sesuai dengan kemampuan dan spesifikasi yang dimiliki. Anda tidak boleh memaksakan VPS anda untuk bekerja ekstra keras karena hal ini justru akan dapat merusak server anda sendiri. Akibatnya sudah dapat anda tebak, pihak provider pasti akan melakukan tindakan yang tidak akan anda sukai yaitu mensuspend VPS anda.

Biasanya aktifitas mining atau menambang koin melalui VPS dan penggunaan softether VPN akan dapat mengakibatkan penggunaan resource VPS yang sangat besar, sehingga VPS anda rawan terkena suspend.

Anda pasti mengerti kenapa provider melakukan hal tersebut. Bayangkan saja, anda mempunyai laptop dengan spesifikasi minim, kemudian anda jalankan program-program yang memakan resource sangat besar dan apa yang terjadi? Laptop anda pasti akan hang, error atau bahkan rusak. Begitupun dengan VPS, oleh karena itu silahkan gunakan VPS anda dengan sewajarnya saja.

  • Jangan Lupa Perpanjang

Keasyikan menggunakan VPS, bukan berarti anda bisa seenaknya melupakan kewajiban anda untuk perpanjang. Beberapa provider memberikan aturan yang sangat ketat, jika masa aktif habis otomatis VPS terkena suspend. Namun ada juga provider yang berbaik hati memberikan toleransi waktu sampai batas yang ditentukan.

Beberapa teman saya biasanya mengeluhkan VPSnya tidak bisa diakses, mereka mengatakan bahwa mereka tidak pernah melanggar T.O.S. Ternyata selidik punya selidik masa aktifnya sudah habis dan pihak provider langsung mensuspend VPS mereka.

Saran dari saya, sebaiknya anda ingat-ingat kapan masa aktif VPS anda berakhir. Anda bisa memberikan tanda di kalender atau smartphone anda, supaya anda tidak lupa. Sering-seringlah cek email anda karena beberapa provider VPS biasanya memberikan informasi tagihan perpanjangan melalui email beberapa hari sebelum masa aktif VPS anda habis.

Setelah anda tahu bahwa masa aktif VPS anda akan segera habis, maka segeralah anda bayar. Akan percuma jika anda tahu masa aktif VPS anda akan segera habis, tapi anda hanya tinggal diam saja tanpa mau membayarnya.

  • Jangan Abaikan Keamanan VPS

Keamanan itu sangat penting. Anda jangan menganggap remeh hal ini, karena akibatnya bisa sangat fatal. Saya pernah tiba-tiba mendapatkan email dari pihak provider VPS yang menyatakan bahwa VPS saya sudah disuspend karena melakukan DDoS Attack. Saya terkejut bukan main ketika mendapat informasi seperti itu, karena bisa saya pastikan bahwa saya tidak pernah melakukan hal konyol semacam itu. Secepat kilat saya langsung open ticket dengan maksud memberitahu pihak provider bahwa saya tidak pernah melakukan hal bodoh semacam itu. Dan ternyata VPS saya telah digunakan oleh pihak lain.

Meskipun saya mendapat ganti dengan VPS baru, tapi adanya penyusup yang menggunakan VPS itu sudah pasti sangat merugikan saya, karena selain saya harus difitnah melakukan hal yang tidak saya lakukan juga data-data saya di VPS itu lenyap seketika. Sungguh pengalaman yang membuat saya lebih berhati-hati terutama dalam mengurus keamanan VPS.

Jangan sekali-sekali anda kesampingkan keamanan VPS anda. Gunakan selalu firewall dan juga password VPS yang kuat untuk memperkecil kemungkinan adanya pihak yang tidak bertanggungjawab menyalahgunakan VPS anda, karena akibatnya sangat fatal. VPS anda bisa kena suspend, anda tidak akan bisa mengakses VPS anda dan data anda bisa lenyap seketika. Bayangkan jika ternyata terdapat data penting dan bernilai ekonomis di VPS anda dan kemudian hilang dicuri orang begitu saja, tentu hal tersebut akan sangat merugikan anda bukan?.

Demikianlah kiranya empat faktor yang biasanya dapat menyebabkan VPS terkena suspend oleh pihak provider. Mungkin saja ada faktor lain yang menyebabkan VPS anda terkena suspend, tapi keempat faktor diatas adalah faktor yang paling sering mengakibatkan VPS terkena suspend.

Jika VPS anda terkena suspend pihak provider, segeralah anda minta penjelasan kepada pihak provider. Jika kesalahan ternyata karena keteledoran anda, berbaik katalah kepada mereka dan berikan penjelasan yang masuk akal. Jika mereka memaklumi, mungkin VPS anda akan dapat kembali digunakan.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126