id-winherba.com

Penyebab Email Gagal Terkirim ke Server Luar (External Servers)

Beberapa hari belakangan ini saya mencoba melakukan konfigurasi mail server di salah satu VPS DigitalOcean yang saya miliki (Baca : Membuat Mail Server di Ubuntu). Selesai melakukan instalasi dan konfigurasi mail server di VPS saya, saya mencoba melakukan test kirim email ke alamat email di internal server dan juga alamat email external server (Gmail dan Yahoo Mail).

Hasilnyasemua email yang saya kirim ke internal dapat terkirim dan masuk ke kotak masuk email penerima, sedangkan email yang saya kirim ke external server berhasil terkirim tapi tidak masuk ke kotak masuk pada email yang dituju.

email tidak bisa dikirim, email gagal terkirim,, email server error, setting email di vpsYang saya pikirkan waktu itu, masalahnya pasti berhubungan dengan external server. Saya coba cek dengan cara mengirim email dari server luar (external) ke server saya. (saya test dari gmail) dan ternyata berhasil sampai ke inbox email saya.

Setelah saya mengutak-atik konfigurasi mail server di VPS tersebut dan hasilnya tetap saja sama, saya mencoba mencari tahu dari berbagai forum. Beberapa orang menyarankan saya untuk menanyakannya langsung kepada pihak penyedia VPS, karena terkadang beberapa penyedia VPS memblokir port 25. Port 25 sendiri memang sudah saya atur supaya bisa digunakan untuk mengirim email ke server luar.

Berbekal informasi dari kawan-kawan saya di forum, akhirnya saya mencoba menanyakan langsung ke pihak Digitalocean melalui open ticket dan ternyata memang benar, mereka memblokir port 25 dengan alasan memenuhi undang-undang CAN-SPAM dan pihak digitalocean menganggap SPAM sebagai tindakan yang serius. Selanjutnya pihak Digitalocean meminta saya untuk mengirimkan data-data yang dibutuhkan untuk membuka blokir port 25 tersebut, seperti :

  • Nama
  • Lokasi
  • Nomor Telpon
  • Alasan Permintaan Pembukaan Blokir

Disertai beberapa informasi tambahan seperti :

  • Akun Twitter
  • Blog
  • Perusahaan atau Web Pribadi
  • Akun Facebook

Berikut saya sertakan balasan dari pihak DigitalOcean :mengatasi masalah mail server di vps, konfigurasi mail server,port 25 diblokir, port smtp diblokir, mengatasi blokir port 25

Beberapa saat setelah saya kirimkan data-data yang diminta, pihak DigitalOcean mengkonfirmasi bahwa blokir sudah mereka buka dan saya langsung melakukan test dengan mengirim email ke Gmail dan hasilnya work, email saya terkirim dan sampai ke alamat gmail yang dituju.

Pengalaman seperti ini sengaja saya tulis di blog ini, dengan harapan jika anda mengalami email gagal terkirim ke server luar seperti yang saya alami, anda akan bisa langsung memahami dan mengetahui hal apa yang perlu anda lakukan, sehingga anda tidak pusing sendiri dengan konfigurasi mail server yang sebenarnya tidak bermasalah.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126