Pengertian Hosting dan Cara Memilih Hosting

Pengertian Hosting

Anda mungkin sudah sangat sering mendengar kata hosting, tapi tahukah anda apa itu hosting?. Pengertian hosting sendiri berasal dari kata host yang dalam bahasa inggris artinya adalah tuan rumah. Web hosting adalah tempat untuk meletakan file-file website anda, supaya file-file website anda tersebut bisa ditampilkan secara online.

Anda bisa saja menggunakan PC sendiri dan langsung dihubungkan ke internet, tapi menurut hemat saya hal itu malah akan membuat anda mengeluarkan biaya yang sangat mahal, baik itu biaya untuk perawatan PC supaya tidak rusak maupun untuk biaya data (internet) yang tergolong masih sangat mahal berhubung anda akan membutuhkan bandwidth yang tidak sedikit, ditambah lagi koneksinya yang belum tentu bagus dan stabil sehingga hal ini dikhawatirkan akan mengganggu kenyaman para pengunjung dan penggemar website anda.apa itu hosting, hosting adalah, hosting gratis terbaik, pengertian web hosting

Paket web hosting umumnya mempunyai kriteria utama berupa batasan space dan bandwidth ditambah batasan jumlah account FTP, email dan lain-lain. Jika anda pernah membuat blog, baik dengan menggunakan blogspot mau pun wordpress, maka anda sudah menggunakan hosting yang gratis. Hosting gratis memiliki fitur yang sangat terbatas meski pun tentu saja ada hosting gratis yang memiliki fitur tidak kalah bagus dari hosting yang berbayar.

Jika anda merasa cukup atau belum siap mengeluarkan uang untuk membeli hosting berbayar, anda bisa menggunakan hosting gratis terlebih dahulu dan kemudian berpindah ke hosting yang berbayar jika dirasa sudah siap dan diperlukan.

Perbedaan antara hosting gratis dan berbayar sebenarnya sangat bervariasi tergantung dari layanan yang diberikan oleh penyedia hosting itu sendiri. Namun demikian biasanya hosting yang berbayar memiliki kelibihan sebagai berikut :

  • Profesional Support.
  • Fitur yang ada misalnya Fantastico, Cpanel dan lain-lain yang hanya tersedia di hosting berbayar.
  • Jaminan kualitas tentu lebih baik dari hosting gratis

dunia hosting, cara hosting, cara hosting gratisCara Memilih Hosting

Berhubung banyaknya layanan web hosting yang beredar, anda tentu akan bingung untuk menentukan hosting mana yang akan anda gunakan untuk website anda. Oleh karena itu disini saya akan memberikan tips tentang cara memilih hosting yang baik, anda bisa pertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum anda memutuskan untuk membeli hosting :

  • Support Penyedia Hosting

Support adalah hal yang paling pertama dan paling penting anda perhatikan. Bayangkan saja jika anda memiliki kendala, kemudian anda menghubungi support tapi susah dihubungi atau responnya lambat tentu saja hal ini akan bisa membuat anda gerah. Bisa jadi, website anda yang sudah mempunyai banyak penggemar tiba-tiba ditinggalkan begitu saja hanya karena website anda sering bermasalah. Hindari menyewa hosting dengan support melalui nomor handphone saja, karena bisa jadi yang mengelola hosting tersebut hanya satu orang saja.

  • Fitur Layanan

    Ini juga penting untuk anda perhatikan, rasanya tidak lucu jika anda membutuhkan database sementara hosting tidak menyediakan fitur ini. Beberapa parameter penting dalam service yang diberikan antara lain :

    • Support Bahasa Pemograman (PHP, ASP, Ruby, Perl dan lain-lain).
    • Database (MySQL, MariaDB, PostGRESQL dan lain-lain).
    • Layanan Email.
    • Ukuran Hardisk.
    • Bandwidth.
    • Parking Domain.
    • Sub Domain.
    • Installer aplikasi seperti Fantastico atau Softaculous untuk memudahkan anda install aplikasi.
    • Limit Service, misalnya limit user email, limit database dan lain-lain.
  • Backup

Ini berguna untuk mengamankan data anda, sehingga anda akan terhindar dari hilangnya data website anda dengan berbagai alasan.

  • Cek Kondisi Server

Anda bisa mengecek spesifikasi server, stabilitas dan koneksi server yang digunakan. Pilihlah penyedia yang memberikan lokasi server yang bervariasi. Pemilihan lokasi server harus memperhatikan target pengunjung, jika pengunjung target adalah indonesia, maka pilihlah server lokal atau yang dekat dengan Indonesia seperti Singapore.

  • Cek Kepemilikan Domain

Cek kepemilikan domain klien, apakah atas nama klient atau webhosting bersangkutan. Ini perlu untuk memberikan keleluasaan dalam memanage domain sendiri.

  • Bandingkan Paket yang Disediakan

Bandingkan paket-paket yang tersedia antara satu penyedia hosting dengan penyedia hosting yang lain, mana yang menurut anda lebih baik dan fitur apa yang paling anda butuhkan.

  • Sesuaikan Harga dengan Budget

Rasanya ini hal yang paling krusial, anda mungkin ingin membeli hosting dengan fitur yang wah, tapi semuanya akan kembali lagi ke budget anda. Jika anda hanya mengalokasikan dana sebanyak $5, maka bagaimana caranya dengan dana sebanyak itu anda bisa membeli hosting yang anda mau atau setidaknya mendekati hosting impian anda. Anda bisa mencari kupon dan mempergunakannya sebagai alternatif jika dana anda tidak mencukupi.

  • Cari Referensi

Anda bisa menanyakan di forum atau kepada teman anda yang sudah berpengalaman. Ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan yang tidak baik dikemudian hari. Jawaban forum atau teman yang sudah berpengalaman tentu akan lebih jujur dari pada anda melihat berbagai penawaran atau iming-iming yang mereka tawarkan kepada anda.

  • Pembayaran

Lihat juga metode pembayaran yang tersedia, apakah menyediakan pembayaran transfer antar bank, kartu kredit, paypal, wesel dan yang lainnya. Pastikan anda bisa melakukan pembayaran dengan metode yang disediakan.

Demikian beberapa tips cara memilih hosting yang dapat saya berikan, jika anda mempunyai VPS sebenarnya anda tidak perlu lagi menyewa hosting untuk website anda, anda bahkan bisa membuat hosting sendiri dan menjadikannya sebagai hosting gratis terbaik anda atau menjualnya untuk digunakan oleh teman-teman anda.

loading...

Komentar Agan Sista

5 Comments on "Pengertian Hosting dan Cara Memilih Hosting"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Rujak.Info | Admin
Pengunjung
Rujak.Info | Admin
1 year 5 months ago

Hahahah sampai sekarang saya masih pakai hosting gratis mas 😀 alhamdulilah performanya cukup baik.. tapi masih was-was aja mas klo layanan hosting ini tiba-tiba kabur tanpa jejak

kangjum
Pengunjung
kangjum
1 year 5 months ago

bener banget tuch mas, support penyedia hosting memang harus diperhatikan.
soalnya, sebelum beli domain + hosting saya coba hub ke cs nya (3 temapat) dan ternyata gada respon.
tapi setelah coba hub cs nya (yang saya pakai sekarang) langsung wusss :-)

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126