Pengertian Domain

Hal yang paling pertama yang harus anda lakukan saat membuat website sendiri adalah memperoleh nama domain anda sendiri. Pengertian domain adalah sebuah nama yang diberikan untuk website yang kita buat supaya dapat disebut dan dikenal oleh pengguna internet.

Suatu domain tidak akan sama dengan domain yang lain, misalnya saya mempunyai nama domain dedeerik.com nama domain tersebut tentu milik saya dan saya jamin tidak akan ada domain yang sama milik orang lain, karena jika ada yang sama tentu orang akan bingung mana domain milik saya dan mana domain milik orang lain.

Pemberian nama domain tentu saja bebas sesuai dengan keinginan anda, sebagai contoh anda ingin membuat website tentang review film maka tentu saja anda akan membuat nama yang menggambarkan isi website anda misal reviewfilm.com, reviewfilm.net dan lain-lain.

Perlu diingat bahwa nama domain itu tidak ada yang sama artinya jika anda ingin memberikan domain untuk website anda dan ternyata nama domain tersebut sudah didapatkan orang lain terlebih dahulu, maka pupuslah sudah harapan anda untuk memiliki domain tersebut dan silahkan anda pikirkan nama domain lain yang ingin anda gunakan untuk website anda.pengertian domain images

Oleh karena domain itu terbatas artinya cuma ada satu-satunya di dunia maka saya sarankan anda jika anda ingin memiliki domain tertentu yang menurut anda bagus, gampang dilafalkan, mudah diingat, sangat menggambarkan isi website anda dan mempunyai nilai tinggi untuk seo maka segeralah untuk membeli domain tersebut sebelum anda menyesal dikemudian hari karena domain yang anda incar sudah dimiliki orang lain.

Untuk mendapatkan domain, anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu ke penyedia domain dan anda akan diminta biaya sewa tahunan dari domain yang anda daftarkan, meskipun pada kenyataannya ada domain yang sifatnya gratis seperti domain dengan akhiran .co.vu, akhiran  .tk dan lain-lain.

Namun demikian tentu saja domain yang berbayar mimiliki nilai plus tersendiri seperti mendapat peringkat Top Level Domain atau TLD baik Global TLD (gTLD) maupun Country Code TLD (ccTLD), sehingga domain tersebut akan mudah untuk diingat, lebih keren dan terlihat lebih professional.

Top Level Domain merupakan akhiran pada suatu nama domain yang mengindikasikan pemilik tingkatan tertinggi domain tersebut dan jenis domain tersebut. TLD terdiri dari Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). Global Top Level Domain terdiri dari akhiran seperti berikut :

  • .com (dotcommercial) = Komersial
  • .net (dotnetwork) = Network
  • .gov (dotgoverment) = Pemerintahan
  • .org (dotorganization) = Organisasi
  • .edu (doteducation) = Pendidikan
  • .mil (dotmilitary) = Militer
  • .tv (dottelevision) = Televisi

Sedangkan untuk Country Code Top Level Domain adalah TLD yang diperuntukan khusus untuk masing-masing negara. Seperti Indonesia dengan kode negara id, Singapore dengan kode sg dan Inggris dengan kode uk. Contoh domain berakhiran co.id berarti Komersial Indonesia, or.id berarti Organisasi Indonesia, com.sg berarti komersial singapore dan co.uk berarti komersial united kingdom (Inggris).

Selain TLD ada juga istilah SLD atau Second Level Domain Name, misalkan domain yang anda daftarkan adalah dedeerik.com maka dedeerik adalah SLD sedangkan .com adalah TLD. Intinya SLD adalah namanya yang anda daftarkan. Selanjutnya Third Level Domain atau yang biasa dikenal subdomain adalah nama sebelum SLD dan TLD. Contoh mail.dedeerik.com, mail adalah third level domain, dedeerik adalah second level domain dan .com adalah top level domain.

Memiliki sebuah domain bukan berarti anda sudah memiliki sebuah website online. Domain itu hanyalah nama, ingat hanya nama!. Artinya anda hanya meregistrasi nama di internet seperti halnya anda meregistrasi nama PT atau CV untuk perusahaan anda. Anda melakukan registrasi PT atau CV bukan berarti anda punya tokonya kan?

Nah, begitupun dengan domain. Lalu apa langkah selanjutnya jika sudah mempunyai domain?. Jika anda sudah memiliki domain yang akan anda gunakan, maka anda tinggal menyewa web hosting. Web hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file website anda, seperti halnya toko yang anda gunakan untuk menyimpan barang-barang perusahaan anda.

Untuk bahasan web hosting akan saya  buatkan di artikel lainnya. So, saty tune disini ya.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126