Menjadikan VPS Sebagai Hosting, Kenapa Tidak?

Belakangan ini banyak dari pembaca blog ini yang bertanya kepada kang erik tentang bagaimana cara menjadikan VPS sebagai hosting. Maklum saja, selain dapat digunakan sebagai hosting, VPS juga dapat digunakan untuk fungsi-fungsi yang lain seperti VPN, Mail Server, DNS Server, SSH Tunneling, Proxy dan lain-lain.

Dengan banyaknya fungsi dari VPS tersebut, maka tak jarang pula orang yang ingin memanfaatkannya secara maksimal. Hal ini memang cukup menggiurkan, karena hanya dengan bayar satu kali mereka bisa mendapatkan manfaat yang sangat banyak.

Menjadikan VPS sebagai hosting sebenarnya bukan perkara yang susah. Banyaknya artikel yang bertebaran di internet saat ini menunjukan bahwa cara tersebut sudah banyak diketahui oleh orang lain. Kang erik sendiri sudah sering membahas masalah ini diberbagai artikel yang kang erik terbitkan di blog ini. Hanya saja, bagi sebagian orang terutama yang baru saja mempelajari server (VPS) linux, mungkin akan sedikit merasa bingung apa yang harus dilakukan dan bagaimana saja tahapan-tahapannya.

Untuk dapat menjadikan VPS sebagai hosting, maka langkah yang harus agan sista lakukan pertama kali adalah mempunyai VPS, baik linux maupun windows. Namun kali ini kang erik hanya akan membahas VPS linux saja. Kenapa? Karena VPS linux adalah VPS paling terjangkau, paling aman, paling hemat resource serta paling banyak digunakan oleh webmaster-webmaster terkemuka saat ini.

cara setting vps untuk hosting, vps hosting gratis, menjadikan vps sebagai hosting, membuat web hosting di vps

Cara mendapatkan VPS linux adalah dengan membelinya di situs-situs penyedia VPS, baik dalam maupun luar negeri. Jika agan sista bingung untuk membelinya dimana, agan sista bisa coba beberapa penyedia VPS yang sudah kang erik bahas di artikel lain di blog ini. Salah satunya adalah artikel yang berjudul : Review Perbandingan VPS Ramnode Digitalocean dan SGGS.

Nah, jika agan sista sudah mempunyai VPS yang akan agan sista gunakan, maka langkah berikutnya adalah agan sista harus memahami bagaimana cara menggunakan VPS. Jika agan sista masih belum mengerti cara memakai VPS, silahkan agan sista baca dulu artikel kang erik yang berjudul : Cara Menggunakan VPS untuk Pemula.

Terakhir yang harus agan sista lakukan untuk menjadikan VPS sebagai hosting adalah dengan menginstall paket-paket aplikasi seperti LAMP (Linux, Apache, MySQL dan PHP), LEMP (Linux, Nginx, MySQL dan PHP), LOMP (Linux, Openlitespeed, MySQL dan PHP) atau paket lain yang berguna untuk membangun sebuah web secara dinamis.

Bagaimana caranya?

Gunakan kolom pencarian di blog ini dan ikuti tutorial yang sudah kang erik tulis. Sangat mudah bukan? O iya, jangan lupa setelah agan sista install paket-paket tersebut, silahkan agan sista upload file-file websitenya ke VPS agan sista.

Jangan lupa pula agan sista harus menghubungkan domain ke VPS yang agan sista punya. Jika agan sista tidak menghubungkannya, maka situs (web) agan sista tersebut hanya dapat diakses dengan menuliskan alamat IP VPS di browser yang agan sista punya. Cukup ribet kan ya, kalau harus nulis deretan angka IP kedalam browser?

Baca juga : Cara Menghubungkan domain ke IP VPS

Kalau agan sista belum punya domain, agan sista bisa beli dulu domainnya di situs-situs penyedia domain seperti namecheap, godaddy dan lain sebagainya. Jika tak punya uang atau mau menjadi orang super hemat, agan sista boleh mempertimbangkan domain gratis dari freenom.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Domain Gratis Satu Tahun

Bagi agan sista yang ga mau ribet buat website sendiri secara manual dengan kode-kode PHP, CSS, JavaScript dan lain sebagainya yang super membingungkan bagi pemula seperti kang erik, ada baiknya agan sista mempertimbangkan untuk menginstall Content Management System (CMS) seperti wordpress atau joomla di VPS agan sista.

Cara install wordpress atau joomla di VPS bagaimana?

Silahkan agan sista cari artikel terkait di blog ini, agan sista tinggal sesuaikan saja dengan distro linux yang agan sista gunakan.

Nah, jika agan sista sudah membaca banyak artikel di blog ini serta sudah memahami apa yang kang erik sampaikan saat ini, kang erik yakin seratus persen agan sista sudah bisa menjadikan VPS sebagai hosting untuk situs-situs yang agan sista punya.

Hosting dengan VPS itu lebih enak loh, bisa menambahkan domain semau agan sista, duit yang dikeluarkan bisa lebih hemat dan kalau ada masalah tinggal cek dan benerin sendiri.

loading...
Tags:

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126