Menghilangkan Login FTP WordPress

Pernahkah anda mengalami permintaan untuk mengisi data akun FTP anda pada setiap akan mengganti theme atau plugin di situs wordpress anda? Jika iya, maka anda mengalami hal yang sama dengan yang saya alami dulu. Sebenarnya login ftp wordpress bukanlah merupakan masalah yang serius, anda tentu saja dapat mengkonfirmasinya dengan memasukkan data yang diminta.

Namun sebagai manusia biasa, saya rasa anda akan merasa sangat bosan jika setiap anda akan mengganti theme wordpress atau install plugin, anda diharuskan untuk mengisi data tersebut terlebih dahulu, terkecuali jika anda adalah seorang yang super duper penyabar, rendah hati dan qonaah menerima apa adanya.

Login FTP wordpress ini biasanya terjadi pada situs wordpress self hosted yang diinstall manual di vps, sangat jarang saya mendapatkan masalah ini pada situs wordpress saya yang diinstall secara otomatis menggunakan fantastico, softaculous dan sejenisnya.

Saya rasa mereka telah memodifikasinya sedemikian rupa demi kenyamanan pelanggannya dan hal itu adalah merupakan hal yang wajar mengingat mereka meminta tarif tertentu atas layanannya yang super keren tersebut.

Nah, jika anda tidak ingin menyewa pelayanan mereka atau lebih suka melakukannya secara manual supaya lebih menghemat pengeluaran anda seperti yang sering saya lakukan, anda tentu tidak perlu berkecil hati, karena di artikel ini saya akan share cara mengatasi hal tersebut. Berikut adalah cara menghilangkan login FTP wordpress  :

  1. silahkan anda buka terlebih dahulu file wp-config.php wordpress anda. Untuk download wp-config.php anda bisa menggunakan FTP client seperti filezilla (lihat pembahasannya: cara menggunakan filezilla).
  2. Selanjutnya edit file tersebut dengan menggunakan editor seperti notepad, notepad++ atau editor teks yang lainnnya. Saya biasa menggunakan notepad++.
  3. Masukan atau tambahkan baris berikut di awal file, lalu save:
    define('FS_METHOD', 'direct'); 
    //atau 
    if(is_admin()) { 
    add_filter('filesystem_method', create_function('$a', 'return "direct";' )); 
    define( 'FS_CHMOD_DIR', 0751 ); 
    }
    
  4. Jika masih belum berhasil, silahkan anda lakukan alternatif berikut ini :
    • Siapkan data akun FTP anda
    • Masukan akun FTP tersebut di wp-config.php pada baris berikut :
      define( 'FTP_USER', 'user' ); 
      define( 'FTP_PASS', 'pass' ); 
      define( 'FTP_HOST', 'ftp.domain or IP address:21' );

Demikianlah kiranya, semoga dapat membantu anda. Jika mengacu pada pengalaman saya sendiri, saya biasanya cukup sampai tahap ke tiga dan biasanya masalah tersebut sudah berhasil diatasi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error Establishing Database Connection WordPress

Berikut saya sertakan video tutorial youtube, semoga bisa lebih memperjelas pembahasan saya kali ini.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126