Mengenal Banyaknya Jenis Kamera CCTV

Ada beragam jenis kamera CCTV. Umumnya kamera yang mampu merekam ataupun menghasilkan suatu gambar ini dibutuhkan untuk pengawasan di berbagai tempat umum layaknya sekolah, pabrik, supermarket, gudang serta masih banyak lagi yang lainnya. Sebab memiliki kinerja handal di dalam pengolahan gambar, kamera pengawas ini dapat Anda gunakan pula di bank maupun sistem-sistem informasi yang membutuhkan adanya definisi gambar cukup tinggi. Suatu Closed Circuit Television diketahui mampu menghasilkan rekaman atau gambar untuk beragam kebutuhan layaknya seperti keamanan maupun pengawasan suatu lokasi.

Kamera Analog

Jenis Closed Circuit Television analog mampu merekam secara langsung sinyal analog layaknya suatu gambar ke sebuah video tape recorder. Ketika sinyal analog ditekan dalam tape recorder, kemudian rekaman perlu dijalankan dalam kecepatan lambat ketika beroperasi secara berkelanjutan dan juga terus menerus. Agar satu kaset mampu menampung rekaman dengan durasi 3 jam mampu berjalan selama paling tidak 24 jam umumnya diatur pada kecepatan paling tidak 4 frame setiap detik. Sinyal analog dapat juga dikonversi menjadi sebuah sinyal digital guna memungkinkan rekaman disimpan di harddisk komputer. Oleh karena itu, jenis Closed Circuit Television analog perlu dipasang secara langsung pada kartu video capture dalam komputer yang kemudian mengubah sinyal analog menjadi digital.

Kamera Digital

CCTV dengan sistem digital sudah tidak lagi membutuhkan kartu video capture sebab kamera yang satu ini mampu bekerja memanfaatkan sinyal digital yang akan tersimpan secara langsung di dalam harddisk komputer. Menyimpan rekaman secara digital terkompresi mungkin memakan cukup besar ruang hard drive komputer Anda. Meskipun demikian, Closed Circuit Television dengan jenis digital multi-megapixel mampu menangkap gambar video dengan resolusi mencapai 11 MP. Berbeda jika Anda bandingkan dengan kamera analog. Bahkan karena dibekali resolusi yang lebih tinggi dapat pula digunakan dalam area yang luas, harga cctv pun makin beraneka ragam disesuaikan dengan kualitas dan resolusi kameranya.

Kamera Jaringan (Network)

Di dalam sebuah kamera Closed Circuit Television jaringan Anda akan menemukan adanya adaptor jaringan, CPU, power supply, sensor gambar dan encoder. Jenis karena pengintai jaringan atau IP camera ini bisa berwujud kamera analog maupun digital video dengan alamat IP, dengan demikian memiliki kemampuan untuk menyiarkan video atau bahkan audio. Kamera jaringan ini juga memang tidak membutuhkan output sinyal analog, maka dari itu memiliki resolusi yang lebih tinggi dibanding dengan kamera pengintai analog yang biasa.

Umumnya kamera CCTV analog mampu menghasilkan video yang resolusinya masuk pada kategori PAL 768 x 576 pixel. Sementara untuk kamera jaringan resolusinya sebatas VGA 640 x 960 pixel, Quad-VGA 1280 x 960 pixel atau SVGA 800 x 600 pixel. Dalam sebuah kamera analog maupun juga digital yang terhubung pada video server mampu berfungsi dengan baik sebagai kamera jaringan.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126