Mengatasi Webmin Tidak Bisa Diakses

Mengatasi webmin tidak bisa diakses itu sebenarnya mudah saja, namun anda tentu harus memperhatikan juga kenapa hal itu dapat terjadi terhadap webmin anda. Hal ini penting anda telusuri untuk mencegah masalah tersebut datang kembali kepada anda. Saya yakin orang yang cerdas tidak akan pernah mau masuk ke jurang yang sama untuk yang kedua kalinya.

Webmin adalah sebuah program dari pihak ketiga, sehingga webmin yang mati atau webmin tidak bisa dibuka (diakses) belum tentu ada kaitannya langsung dengan server / vps anda. Anda dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu via putty apakah vps anda bisa diakses atau tidak. Jika bisa diakses melalui putty, berarti ini murni masalah webmin dan anda tidak perlu khawatir terhadap server / vps anda.webmin tidak bisa dibuka, webmin error, webmin no running

Baca Juga : Cara Menggunakan VPS Linux Untuk Pemula
Seperti yang saya gambarkan diatas, tentu saja anda masih bisa melakukan pengaturan server / vps anda melalui putty meskipun webmin anda tidak dapat diakses, namun saya juga terkadang sangat malas untuk terus menerus menggunakan putty sehingga masalah webmin seperti ini harus segera dituntaskan. Nah, untuk mengatasi masalah seperti ini silahkan ikuti intruksi yang saya berikan berikut ini :

  • Pastikan anda terhubung dengan koneksi internet.
  • Pastikan juga anda sudah menginstall webmin dengan sempurna.
    Baca Juga : Cara Install Webmin di VPS Centos
  • Perhatikan pula bahwa anda tidak menggunakan IP yang sama dengan IP VPS (webmin) yang ingin anda akses, karena beberapa ISP VPS membuat peraturan yang sangat ketat, sehingga anda tidak bisa melakukan administrasi server melalui IP server bersangkutan, baik melalui putty, webmin atau yang lainnya.
  • Jika dengan domain tidak bisa dibuka anda bisa mencobanya menggunakan IP server anda.
  • Jika dengan IP Server juga tidak bisa dibuka, silahkan anda login ke putty seperti biasa kemudian anda ketikan perintah berikut :
    service webmin start

    atau

    service webmin restart
  • Apabila dengan cara tersebut belum juga dapat diatasi silahkan reinstall webmin anda.

Biasanya webmin tidak bisa diakses itu disebabkan oleh webmin yang mati, jadi anda hanya tinggal merestart webmin anda seperti yang saya jabarkan diatas.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa matinya webmin adalah dikarenakan server atau vps anda juga mati, untuk menangani masalah seperti ini sebaiknya anda nyalakan saja server tersebut baik melalui panel yang diberikan penjual atau silahkan anda menghubungi penjualnya secara langsung.

Untuk menimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, saya sarankan anda untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut ini :

  • Install webmin sebaiknya di debian, ubuntu dan keturunannya.
  • Segera lakukan update apabila ada pemberitahuan webmin versi terbaru.
  • Hindari penggunaan IP yang sama dengan IP server saat melakukan pengaksesan. Anda bisa gunakan proxy sebagai opsi terakhir jika tidak mempunyai IP lain.
  • Jangan sekali-kali memberikan password server anda ke siapapun.
  • Ganti password secara berkala, gunakan kombinasi angka, huruf (kapital dan non kapital) dan simbol.
  • Jika anda membuat user (ssh) pastikan tidak membuatnya di shell /bin/sh.

loading...
Tags:

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126