Mengatasi Syntax Error Pada VPS Debian

Apakah anda sedang mengalami masalah syntax error di VPS debian anda? Syntax error di VPS debian ini pernah saya alami sekitar satu tahun lalu. Seperti biasa, waktu itu saya berniat untuk melakukan update di VPS debian saya, namun ternyata VPS saya ngadat tidak mau diberi perintah update dan malah memberikan pesan syntax error.

Sebagai seorang newbie yang baru belajar VPS tentu saja saat itu saya kelabakan dengan adanya error seperti itu, saya bahkan sudah berniat untuk menginstall ulang VPS saya hanya gara-gara masalah syntax error tersebut. Alasannya karena tidak banyak blog dan forum yang memberikan jalan keluar dari masalah tersebut.

Pesan syntax error yang berbunyi lengkap ‘syntax error: unknown group ‘sasl’ in statoverride file’ ini memang mengakibatkan anda tidak bisa melakukan apt-get, sehingga hal ini akan cukup merepotkan jika terus dibiarkan. Dengan tidak bisa melakukan apt-get tentu saja anda tidak akan dapat menginstall aplikasi apa pun serta tidak akan bisa melakukan update. Sungguh ini merupakan masalah yang cukup fatal bagi VPS anda.cara mengatasi syntax error debian, syntax error ubuntu, syntax error di vps sggs

Namun anda tidak perlu khawatir lagi terhadap masalah error ini, karena saya sudah mendapatkan obat yang ampuh yang diberikan oleh guru saya kang arie wijayanto. Cara yang saya gunakan ini juga terdapat di dalam situs beliau dan sudah saya coba. Hasilnya tak perlu ditanyakan lagi, seratus persen berhasil.

Berikut adalah cara mengatasi syntax error pada VPS debian :

  • Jalankan perintah berikut di terminal konsol anda :
    rm /var/lib/dpkg/statoverride
  • Silahkan anda coba lakukan update :
    apt-get update

Jika anda sudah bisa melakukan update berarti masalah ‘syntax error: unknown group ‘sasl’ in statoverride file’ tersebut sudah dapat diatasi. Selanjutnya anda bisa kembali melakukan apt-get lagi, baik untuk menginstall aplikasi, mengupdate atau melakukan apapun yang memerlukan apt-get. 

Saya sendiri tidak pernah gagal mengatasi error tersebut dengan cara diatas, tapi apabila ternyata cara tersebut diatas belum juga berhasil mengatasi error syntax di VPS debian anda, sepertinya anda harus menginstall ulang VPS anda. Saya sendiri masih kurang tahu cara mengatasinya lebih lanjut, apabila cara diatas ternyata tidak dapat digunakan. Jika ada yang lebih tahu mengenai masalah ini, dimohon untuk share besama-sama disini.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126