id-winherba.com

Mempercepat Loading Website Dengan CDN Cloudflare

Website anda terasa lambat? atau takut diserang oleh hacker nakal yang terus bergentayangan menghantui keamanan website anda?. Jika anda seorang webmaster (pemilik website) tentu saja anda akan akan sangat mengkhawatirkan kedua hal tersebut, keamanan dan kenyamanan.

Keamanan website berkaitan dengan control webmaster terhadap website yang ia miliki, sedangkan kenyamanan website berkaitan dengan kepuasan pengunjung saat berkunjung ke website tersebut. Kedua hal ini tentu saja bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, terutama bagi para webmaster pemula seperti saya. Lalu, bagaimanakah cara mudah untuk mengatasinya?. Adakah cara pintas yang dapat mengamankan website sekaligus mempercepat loading website?.mempercepat cloudflare

Mengenal Cloudflare

Cloudflare adalah adalah layanan CDN dan security web yang disediakan secara gratis bagi para webmaster manapun. CDN atau Content Delivery Network menurut qwords.com adalah sekumpulan server yang diletakan diberbagai belahan dunia yang berfungsi untuk memberikan akses lebih cepat kepada pengunjung website dibanding dengan mengakses content dari server yang sama.

Gampangnya, CDN menyebarkan berbagai konten statis web ke berbagai data center yang ada diseluruh dunia, sehingga pada saat user membuka halaman situs maka user tersebut akan menerima konten dari lokasi CDN yang terdekat, bukan dari server webnya secara langsung. Misalnya, server suatu website berada di Amerika, CDN berada di Singapore dan user atau pengunjung berada di Indonesia, maka user tersebut tidak akan mengakses dari server web yang berada di Amerika, tapi cukup langsung mengakses ke CDN terdekat yang berada di Singapore.

Dengan demikian, maka konten yang diakses pada situs yang memiliki CDN akan terload lebih cepat daripada situs yang tidak memiliki CDN. Selain itu, CDN juga dapat membuat konsumsi bandwidth lebih hemat sampai dengan 50%.

Server CDN cloudflare tersebar di 30 lokasi data centers di seluruh dunia, seperti Madrid, Sidney, Tokyo, Hong Kong, Los Angeles, Seoul, Milan, Amsterdam, London, Paris, Chicago, Toronto, Miami  dan lain-lain. Untukwilayah Asia Tenggara, server CDN cloudflare berada di Singapore.

cdn servers location

Hebatnya lagi, cloudflare bukan hanya menyediakan CDN secara gratis, tapi juga memberikan fitur lain yang tidak kalah canggih. Adalah rocket loader, fitur yang secara otomatis dapat mengoptimalkan script dari pihak ketiga yang terdapat dalam website, seperti script histats (jika anda memasang histats), iklan dan lain-lain.

Dalam urusan keamanan atau security, anda akan disuguhkan dengan fitur cloudflare security yang berfungsi untuk melindungi situs anda dari berbagai ancaman spammer, SQL Injection dan DDOS attacks. Anda dapat mengatur security profile anda dari mulai low, medium, high dan I’m Under Attack. Bagi pengguna pro / business dan enterprise anda dapat fitur tambahan web application firewall.

Bukan itu saja, cloudflare juga membenamkan fitur cloudflare analytics yang menampilkan data threats, traffic dan search engine crawlers. Bagi anda yang menginginkan aplikasi tambahan seperti infolinks, viglink, uservoice, trumpet, sitelock, scrapeshield, pingdom, blitz, browser blaster dan lain-lain, anda dapat mengaktifkan dan mengaturnya dengan sangat mudah, hanya cukup beberapa klik saja.

Melihat banyaknya fitur cantik dan ciamik yang tersedia di cloudflare tersebut, lantas alasan apakah yang membuat anda tidak tertarik untuk menggunakan cloudflare?

Cara Mendaftarkan Website Ke Cloudflare

Jika anda sudah tertarik dengan cloudflare, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan website anda ke cloudflare. Hal ini penting dilakukan, mengingat tertarik saja tidak cukup untuk membuat perubahan bukan? harus ada action nyata dari anda.

  1. Masuk ke website cloudflare.
  2. Buat accound baru dengan pilih menu “sign up”
  3. Masukan data-data yang diminta dan create account now jika anda sudah selesai mengisi formulir tersebut. (klik gambar untuk memperbesar ukuran).create cloudflare free, sign up cloudflare
  4. masukan website anda contoh dedeerik.com dan klik “add website” (jika memiliki banyak website silahkan pisahkan dengan koma).cloudflare cdn wordpress, cloudflare cdn hostname, cloudflare cdn status
  5. Biarkan mereka melakukan scanning dns records website anda, setelah selesai anda bisa mengedit hasilnya, menghapus atau membiarkannya. Jika sudah selesai silahkan klik “I’ve added all missing records, continue”cloudflare dns records. cloudflare dns setting,  cludflare dns review, cloudflare dns servers, cloudflare dns setup, cloudflare dns address, cloudflare dns configuration
  6. Selanjutnya silahkan anda pilih jenis plan cloundflare apa yang anda gunakan, apakah free, pro atau business. Saya sendiri biasa menggunakan free.cloudflare free ssl, cloudflare business, cloudflare pro
  7. Untuk performa yang optimal, anda bisa setting cloudflare anda seperti dibawah ini. (anda juga bisa menyesuaikan setting lain yang menurut anda cocok untuk website anda). cloudflare blogsop, cloudflare bog ssl, cloudflare blogger, cloudflare blog ddos
  8. Selanjutnya anda tinggal mengganti name servers (NS) website anda ke name servers yang diberikan oleh cloudflare, selanjutnya klik “I’ve updated my nameservers, Continue”.cloudflare ns, cloudflare change name servers Untuk mengganti NS, silahkan sesuaikan dengan tempat dimana anda meregistrasi domain anda. Anda bisa melihat panduan lengkapnya disini.
  9. Silahkan anda tunggu kurang lebih 5 menit, supaya cloudflare anda dapat bekerja. Saya biasanya dua menit juga sudah langsung bekerja.

Cara Menggunakan Cloudflare

Setelah selesai mendaftarkan website anda ke cloudflare, anda tentu saja dapat mengatur dan menyesuaikan fitur-fitur yang tersedia di cloudflare.

tutorial menggunakan cloudflare

  • Apps, disini anda dapat mengaktifkan dan mengatur aplikasi tambahan seperti yang saya jabarkan diatas.
  • Analytics, dengan ini anda dapat melihat hasil menganalisa cloudflare analytics.
  • Threat Control, anda dapat memblok atau menyatakan trust terhadap IP atau negara tertentu, anda juga dapat melihat list yang terbok dan trusted disini.
  • DNS Settings, anda dapat merubah, menghapus dan menambahkan setting dns anda disni.
  • Cloudflare Settings, disini anda dapat mengatur security settings dan performance setting dengan sangat mudah.

Demikian pembahasan singkat tentang cara mempercepat loading website dengan CDN cloudflare. Anda bisa cek kecepatan loading website anda sebelum dan sesudah menggunakan cloudflare untuk membuktikan seberapa efektifkah peran cloudflare dalam meningkatkan kecepatan loading website anda..

loading...

Komentar Agan Sista

3 Comments on "Mempercepat Loading Website Dengan CDN Cloudflare"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
SEO Tools
Pengunjung
1 year 1 month ago

Makasih gan, ijin coba cloudflare ya

Santri Drajat Com
Pengunjung
10 months 22 hours ago

Baru nyoba gan

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126