Membuat Subdomain Di VPS Dengan Webmin

Seorang webmaster maupun pengelola VPS terkadang membutuhkan satu atau beberapa subdomain untuk menunjang berbagai macam aktifitasnya di dunia maya. Subdomain adalah turunan atau sub dari domain induk atau biasa disebut third level domain. Contoh, seperti pada subdomain webmail.dedeerik.com yang merupakan turunan dari domain induk dedeerik.com. Fungsi subdomain sangatlah fleksible, tergantung kebutuhan webmaster itu sendiri.

Anda bisa membuat subdomain apapun dan berapapun jumlahnya sesuai kebutuhan anda, tanpa ada pungutan biaya pembuatan sepeser pun. Oleh karena itulah, biasanya seorang webmaster lebih memilih membuat banyak subdomain dari pada harus membeli domain lain yang berbayar. Nah, dalam artikel kali ini, saya akan share cara membuat subdomain di VPS dengan menggunakan webmin.cara membuat subdomain di joomla, cara membuat subdomain di ubuntu, cara membuat subdomain otomatis, cara membuat subdomain cpanel, cara membuat subdomain multisite wordpress, cara membuat subdomain pada wordpress. cara membuat subdomain di wordpress

Untuk membuat subdomain, tentu saja anda bisa menggunakan panel VPS yang anda miliki atau tanpa menggunakan panel VPS sama sekali. Namun dalam kesempatan kali ini yang akan saya bahas adalah membuat subdomain dengan menggunakan panel, yaitu panel webmin. Jika anda menggunakan panel lain, seperti panel EHCP, CPanel, Webuzo dan lain-lain, anda hanya perlu add saja dan seketika itu pula-lah subdomain yang anda inginkan sudah berhasil diparkir di server anda. Lalu bagaimana dengan webmin?.

Oleh karena di webmin ini tidak ada menu add subdomain secara otomatis, maka yang akan digunakan adalah pengaturan langsung dari Apache Webserver. Dengan demikian cara yang akan dishare ini sebenarnya bersifat umum, artinya tidak terbatas hanya untuk add subdomain semata, anda bisa juga add domain lain dengan mengikuti cara yang hampir sama. Yuk, simak tutorial lengkapnya berikut ini :

  1. Login ke VPS anda dengan putty atau SSH Client lainnya.
  2. Pastikan Apache webserver sudah berjalan di VPS anda, Jika belum, silahkan Install Apache dan aktifkan terlebih dahulu di VPS anda.
    Debian / Ubuntu :

    apt-get install apache2

    Atau Centos :

    yum isntall httpd
  3. Masukan command berikut ini secara berurutan :
    mkdir /home/sub.domain.com/
    mkdir /home/sub.domain.com/www/
    exit
  4. Pastikan anda sudah install webmin di vps centos atau install webmin di vps debian anda dan silahkan login ke webmin seperti biasa.
  5. Pilih menu Server —> Apache Webserver
    Klik gambar untuk memperbesar dan memperjelas screenshotwebmin apache webserver
  6. Klik menu “Create virtual host” dan perhatikan setting berikut ini : create subdomain godaddy, create subdomain in dns, create subdomain in php, create subdomain cpanel
    • Pada “Document root”, silahkan anda ketikan folder yang tadi anda buat via putty (/home/sub.domain.com/www/). Jika anda lupa anda bisa klik browse.
    • Pada “Server name” Silahkan anda ganti dengan nama situs atau subdomain anda tadi (sub.domain.com).
    • Untuk setting yang lainnya biarkan saja default dan silahkan klik “Create new”.cara setting subdomain ke blogger, cara setting subdomain ke hosting lain, cara setting subdomain di cpanel, cara setting subdomain idhostinger, cara setting subdomain di blogspot, cara setting subdomain wordpress
  7. Klik “Apply Chenges” yang ada di sebelah kanan atas.cara bikin subdomain di cpanel, cara bikin subdomain wordpress
  8. Jika anda ingin menambahkan www, seperti www.sub.domain.com. Silahkan ikuti tutorial berikut :
    • Di halaman Apache Webserver, silahkan klik “Virtual Server” yang telah anda buat tadi.menambah subdomain webmin, mengatur subdomain webmin, membuat subdomain webmin
    • Klik “Networking and Addresses”subdomain vps centos, subdomain vps debian, subdomain vps linux, subdomain vps ubuntu
    • Pada “Alternate virtual server names” silahkan anda isi dengan www.sub.domain.com atau nama virtual server lainnya, misal mysub.domain.com (ini akan berfungsi sebagai nama lain dari nama virtual server anda).subdomain gratis mwb, subdomain gratis keren, subdomain gratis indonesia, subdomain gratis idhostinger, subdomain gratis selamanya, subdomain gratis terbaik
    • Klik “save” dan silahkan klik kembali “Apply Changes” yang berada disudut kanan atas, untuk mengaktifkan setting yang telah anda buat tadi.
  9. Selanjutnya, anda tinggal buat A Records untuk subdomain yang anda buat dan selamat subdomain anda sudah online dan dapat digunakan. Anda bisa mencobanya dengan mengetikannya di browser anda.

Demikianlah cara mudah membuat subdomain di VPS dengan menggunakan panel webmin. Jika ternyata masih terdapat error pada saat anda mencoba membuka subdomain anda di browser, silahkan tunggu beberapa saat untuk proses pemetaan dari subdomain tersebut ke IP VPS anda. Pastikan anda sudah membuat A Records dengan benar.

loading...

Komentar Agan Sista

14 Comments on "Membuat Subdomain Di VPS Dengan Webmin"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
aritunsa
Pengunjung
aritunsa
1 year 6 months ago

setelah bikin ini apa selanjutnya install wordpress untuk subdomain ya mas, atau wordpressnya udah ikut domainya? saya baru pertama kali pake vps

ade
Pengunjung
ade
1 year 4 months ago

kang dede gimana caranya kalau nameserver dirubah menjadi misal ns1.domain.dom jadi tidak harus nama web penyedia hostingnya, kan ga cakep kalo gitu…. ada tutorialnya ga kang?

Kun
Pengunjung
Kun
1 year 2 months ago

untuk ubuntu mana? nih tutorialnya

GegeEmbrie
Pengunjung
GegeEmbrie
1 year 2 months ago

Punya ku kok Forbiden ya…?

kun
Pengunjung
kun
1 year 2 months ago

maaf bagi yang tidak pakai panel apapun gmna cara buat subdomain di ubuntu 14.04? langsung konfigurasi lewat terminal…
segera share ya …

kun
Pengunjung
kun
1 year 2 months ago

masih bingung nih, domain utama saya install wp terus untuk subdomain mau saya pasang script lain
ini gmna cara buat subnya biar gak ganggu domain utama

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126