Cara Membuat Daftar Isi Blog atau Website di WordPress Self Hosted

Website atau blog wordpress yang sudah memiliki banyak artikel yang sudah dipublikasikan tentu akan membutuhkan daftar isi blog / website yang berfungsi sebagai peta / jalan yang dapat mempermudah pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari dalam blog atau situs yang anda miliki. Anda tentu saja bisa membuatnya dengan mudah melalui halaman sitemap xml yang anda miliki.

Namun tentu saja halaman tersebut terlihat sangat tidak enak dipandang dan tidak memberikan daftar post yang lebih detail kepada pengunjung. Memang pada dasarnya sitemap xml ini ditunjukan untuk memberikan peta situs kepada search engine seperti google, bing atau yang lainnya dan bukan diperuntukan bagi visitor blog.cara membuat daftar isi situs,  halaman daftar isi, membuat halaman sitemap, menyusun daftar isi wordpress

Oleh karena itulah diperlukan sesuatu yang lebih dari sekedar sitemap xml dan jawabannya ada di plugin wordpress. Berkali-kali saya katakan bahwa keragaman plugin wordpress sangat membantu seorang pengelola website pemula sekalipun untuk melakukan hal-hal yang luar biasa, termasuk untuk membuat daftar isi dari situs wordpress yang ia miliki.

Adapun plugin yang bisa anda gunakan kali ini adalah plugin PS Auto Sitemap. Sebenarnya selain plugin ini juga masih banyak plugin yang memiliki fungsi yang sama. Namun, saya lebih terbiasa menggunakan PS Auto Sitemap karena lebih mudah dan memiliki fitur dan tampilan yang menarik bagi saya.

Berikut adalah cara menggunakan plugin PS Auto Sitemap yang berfungsi untuk membuat halaman sitemap daftar isi situs wordpress self hosted anda :

  1. Download terlebih dahulu plugin PS Auto Sitemap. Anda bisa mencarinya langsung melalui Plugin -> Add New atau anda dapat mendownloadnya di link ini.
  2. Install, lalu aktifkan plugin tersebut.
  3. Masuk ke bagian settings -> PS Auto Sitemap dan silahkan anda atur akan membuat daftar isi seperti apa, apakah hanya berupa kategori, post atau page saja dan settingan lainnya. Yang perlu anda perhatikan adalah pada saat memasukkan PostID of the sitemap. Disini anda harus mengisnya sesuai dengan postID halaman yang akan anda jadikan sebagai halaman daftar isi. Lihat screenshot berikut : daftar isi otomatis, cara membuat daftar isi di blog, cara membuat daftar isi blog
  4. Simpan pengaturan tersebut kemudian anda lihat di bagian Usage ada petunjuk untuk membuat page baru dan mengkopikan kode yang disebutkan disana kedalam page baru yang akan dijadikan sebagai page daftar isi tersebut. Silahkan anda buat saja page baru tersebut dengan judul sitemap atau daftar isi (terserah anda). Pilih opsi text untuk memasukkan kodenya.menginstall plugin ps auto sitemap, contoh daftar isi blog, sitemap daftar isi website
  5. Untuk melihat hasilnya anda bisa preview terlebih dahulu. Jika tidak cocok anda bisa masuk ke setting PS Auto Sitemap tadi dan edit bagian-bagian yang diperlukan, lalu save dan lihat kembali hasilnya apakah sudah cocok atau belum.
  6. Publish Page baru tersebut dan selamat anda sudah memiliki halaman daftar isi blog / website anda.

 

loading...

Komentar Agan Sista

8 Comments on "Cara Membuat Daftar Isi Blog atau Website di WordPress Self Hosted"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Aldo
Pengunjung
1 year 9 months ago

Maklum saya newbie, thanks…..
feed back ya !!!
http://www.lowriu.blogspot.com

blogpoin
Pengunjung
blogpoin
1 year 5 months ago

sayang sekali tidak disertakan contohnya

isan
Pengunjung
1 year 3 months ago

gan, bisikan dong daftar isi site yang agan punya. hehehe. kirim kesini ya : ikhsanprakasa18@gmail.com. Terima Kasih sebelumnya,

purnamadea38
Pengunjung
1 year 1 month ago

punyaku ko belum muncul ya, cuma judul nya aja sitemap hihihi

ali
Pengunjung
10 months 8 days ago

thanks sangat berguna sekali

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126