Lebih Baik Pilih Layanan Hosting Luar Negeri atau Indonesia

Jika agan sista adalah orang yang baru mengenal dunia web atau baru mau memulai membuat website, agan sista pasti merasa bingung pada saat ingin membeli hosting. Kira-kira dimanakah tempat membeli hosting yang tepat, apa saja perbedaan antara hosting luar dengan hosting lokal (indonesia) dan apakah layanan hosting luar negeri lebih bagus daripada layanan hosting Indonesia?

Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah pertanyaan standar yang biasa ditanyakan oleh para calon webmaster, termasuk saya. Dulu, pada saat saya belum mencoba layanan hosting dari penyedia A, B, C dan sebagainya, saya selalu beranggapan bahwa hosting luar negeri adalah hosting terbaik. Alasannya mudah saja, produk luar negeri yang sering kita jumpai di mall-mall seperti baju, celana bahkan barang-barang elektronik seperti handphone dan laptop saja biasanya lebih diunggulkan daripada produk lokal. Namun, apakah hal tersebut berlaku juga pada saat agan sista ingin membeli hosting?

penyedia hosting indonesia, hosting lokal, jasa hosting indonesia, layanan hosting murah, hosting indonesia murah, hosting lokal berkualitas, tempat jual beli hosting indonesia

Baca Juga : Pengertian Hosting dan Cara Memilih Hosting

Jawabannya ternyata bisa iya bisa juga tidak, tergantung darimana atau dimana agan sista membeli hosting tersebut, apakah dari situs-situs yang memang handal atau situs yang abal-abal. Perlu dicatat dan digarisbawahi oleh agan sista bahwa tidak semua penyedia hosting luar negeri itu bagus dan direkomendasikan serta tidak semua penyedia hosting Indonesia adalah jelek dan tidak berkualitas. Buktinya, ada juga loh hosting Indonesia yang handal dan banyak digunakan oleh web master tanah air yang sudah berpengalaman.

Lalu bagaimana cara memilih hosting berkualitas?

  • Lihat Popularitas
    Hampir semua produk yang digunakan oleh banyak orang merupakan produk yang bagus, berkualitas dan sangat direkomendasikan. Ini memang bukan merupakan hukum pasti, tapi setidaknya agan sista bisa mencoba menerapkan strategi ini untuk menyaring yang mana saja penyedia hosting terkenal yang akan digunakan oleh agan sista.Untuk mengetahui popularitas layanan hosting, agan sista bisa tanyakan ke banyak orang di forum atau grup online. Disamping itu agan sista bisa mencari-cari informasi terkait penyedia hosting tersebut melalui mesin pencari google, yahoo dan lain-lain atau dengan menanyakannya kepada teman-teman agan sista yang lebih berpengalaman.

    Saya sendiri biasa menggunakan strategi ini bukan hanya pada saat ingin membeli hosting, tapi pada saat saya mencari tempat makan yang enak seperti bakso pun saya selalu menerapkan strategi popularitas ini. Hasilnya sekitar 90 persen mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang saya harapkan.

  • Lihat Harga
    Ada harga ada kualitas. Dalam jual beli, seorang penjual biasanya berani mematok harga lebih tinggi dikarenakan ada kualitas atau kuantitas lebih. Meskipun tidak setiap hosting yang memiliki harga tinggi adalah hosting yang bagus dan berkualitas, tapi setidaknya harga yang tinggi bisa dijadikan sebagai salah satu indikasi bahwa hosting yang dijual tersebut adalah hosting yang berkualitas.Hal ini berlaku berlaku bagi hosting yang dijual oleh perusahaan atau perorangan yang berasal dari Indonesia maupun hosting luar negeri yang dijual oleh perusahaan maupun perorangan dari mancanegara.

    Perlu diketahui bahwa mungkin saja harga hosting luar negeri memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga hosting dalam negeri karena ketatnya persaingan antar penyedia jasa hosting Internasional serta kurs mata uang yang tidak stabil.

  • Lihat Profil Perusahaan Penyedia Hosting
    Jangan sekali-kali membeli hosting dari perusahaan abal-abal. Baik hosting luar negeri maupun hosting Indonesia jika bersumber dari perusahaan yang berkelas, maka bisa dipastikan agan sista akan mendapatkan pelayanan yang berkelas juga. Disamping itu, dengan membeli hosting di perusahaan berkelas juga agan sista tidak perlu khawatir terkena kejahatan penipuan oleh perusahaan hosting yang tidak bertanggungjawab.Perhatikan selalu nama perusahaan, alamat serta nomor telpon perusahaan tersebut. Perusahaan hosting berkelas biasanya selalu mencantumkan hal-hal tersebut sebagai bukti bahwa mereka memang serius berbisnis dalam bidang hosting. Sebaiknya hindarilah membeli hosting dari orang perorangan, kecuali jika agan sista memang kenal betul (berteman baik) dengan orang tersebut.

Demikianlah beberapa cara yang dapat agan sista praktekan untuk memilih hosting berkualitas bagi situs agan sista. Lalu adakah rekomendasi layanan hosting Indonesia serta layanan hosting luar negeri mana yang paling direkomendasikan?

Untuk hosting luar negeri, agan sista bisa mempertimbangkan bluehost, ehost, ideahost, justhost, ipage, web, inmotion dan hostgator. Sedangkan untuk hosting Indonesia, agan sista bisa mencoba mempertimbangkan layanan dari domainesia, niagahoster, jogjahost, ardetamedia dan dewaweb.

keunggulan hosting luar, hosting luar negeri yang direkomendasikan, cara memilih hosting, hosting luar negeri terbaik, layanan hosting luar negeri, hosting amerika, perbedaan hosting luar dan indonesia

Jika pada kualitas, penyedia layanan hosting luar negeri dan hosting Indonesia tidak ada bedanya, lalu apa beda dari keduanya?

Perbedaannya terletak pada metode pembayaran serta lokasi server hosting yang mereka sediakan. Jika pada penyedia layanan hosting luar negeri, metode pembayaran yang digunakan adalah melalui kartu kredit, paypal serta bitcoin, maka pada penyedia hosting Indonesia biasanya tidak menyediakan metode pembayaran melalui paypal atau bitcoin, tapi menyediakan metode pembayaran via transfer bank.

Baca Juga : 5 Metode Pembayaran Online Paling Banyak Digunakan

Untuk lokasi server hosting, penyedia layanan hosting luar negeri biasanya tidak menyediakan lokasi server lokal di Indonesia, mereka lebih memilih lokasi Internasional seperti Amerika, Singapore dan Eropa. Sedangkan penyedia hosting lokal Indonesia biasanya selain menyediakan lokasi server Internasional juga menyediakan lokasi server lokal di Indonesia.

Jika mengacu pada pembahasan tersebut diatas, yang manakah yang paling direkomendasikan?

Tidak ada yang direkomendasikan, tergantung kebutuhan serta kepercayaan agan sista sendiri. Misalnya jika agan sista membutuhkan lokasi server lokal, maka mau tidak mau agan sista harus memilih layanan dari penyedia hosting Indonesia.

Sedangkan jika agan sista tidak mempermasalahkan lokasi server hosting tersebut, agan sista bisa memilih penyedia hosting Indonesia atau penyedia hosting luar negeri. Dengan catatan apabila agan sista ingin memilih penyedia hosting luar negeri, agan sista harus sudah memiliki metode pembayaran yang mereka sediakan, yaitu kartu kredit atau paypal atau bitcoin.

Baca Juga : Cara Daftar Paypal Gratis 

 

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126