id-winherba.com

Ini Dia Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Kartu Kredit

Bagi agan sista yang ingin memiliki kartu kredit mungkin pernah muncul pertanyaan apa saja sih keuntungan dan kerugian menggunakan kartu kredit itu. Pertanyaan tersebut memang sangat wajar dan penting karena jika agan sista tidak mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihannya, bisa-bisa nanti agan sista malah salah kaprah dan menyesal seumur hidup hanya gara-gara mempergunakan kartu kredit.

Ko bisa?

Lah iya, tentu saja bisa. Sebagaimana yang agan sista ketahui bahwa yang namanya kartu kredit itu adalah kartu untuk bisa meminjam uang alias ngutang ke bank. Kalau agan sista keenakan menggunakan kartu kredit, agan sista bisa-bisa malah terlilit utang. Belum lagi agan sista kudu bayar denda dan bunganya juga jika tagihan kartu kredit tersebut tidak dibayar atau dilunasi sampai batas waktu yang ditentukan. Bunga mawar sih iya wangi, bunga kartu kredit mah boro-boro wangi, yang ada malah bikin pusing.

kerugian menggunakan kartu kredit, keuntungan menggunakan kartu kredit,

Meskipun demikian bukan berarti agan sista harus parno dengan kartu kredit. Jika agan sista sanggup membayar dan bisa mengontrol diri sih ga apa-apa. Apalagi jika agan sista sangat membutuhkan kartu kredit tersebut untuk hal-hal yang positif, misalnya untuk berbisnis di Internet dan sebagainya, kang erik rasa sudah saatnya agan sista untuk mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit ke bank.

Nah, jika agan sista masih bingung apakah sebaiknya memakai kartu kredit atau tidak, berikut ini kang erik informasikan apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan kartu kredit :

Keuntungan menggunakan kartu kredit :

  • Mudah digunakan
    Salah satu kelebihan memiliki kartu kredit adalah kemudahan dalam melakukan pembayaran barang belanjaan agan sista, baik di toko-toko offline maupun toko online dimana saja di seluruh dunia. Hal ini akan berbeda saat agan sista menggunakan kartu debit, dimana kartu debit dari bank lokal Indonesia saat ini hanya dapat digunakan untuk transaksi offline saja. Sedangkan untuk transaksi online, saat ini belum bisa dilakukan melalui kartu debit, meskipun jelas-jelas dalam kartu debit tersebut terdapat logo Visa atau MasterCard.
  • Praktis
    Dengan adanya kartu kredit tentu saja agan sista tidak perlu membawa uang kemana-mana. Agan sista juga tidak perlu menerima uang kembalian dari penjual. Disamping itu, pihak penjual juga tidak perlu repot-repot mencari uang receh kesana kemari untuk digunakan sebagai uang kembalian.
  • Aman
    Dengan menggunakan kartu kredit, maka agan sista akan merasa lebih aman. Agan sista tidak perlu membawa uang bertumpuk-tumpuk hanya untuk membeli barang yang agan sista inginkan. Hal ini akan lebih mengurangi resiko pencurian, pencopetan, penjambretan dan tindak kejahatan lainnya terhadap agan sista.
  • Membantu saat Keuangan Seret
    Ini sangat penting, saat kondisi keuangan agan sista sedang seret atau belum gajian, kartu kredit bisa dijadikan sebagai solusinya. Kartu kredit dapat agan sista gunakan untuk membeli barang-barang yang diperlukan atau dapat juga agan sista gunakan untuk melakukan tarik tunai di mesin ATM, sehingga agan sista tidak perlu galau saat uang gajian belum cair.
  • Promo
    Nah ini yang tak kalah menarik, agan sista mungkin sering melihat promo cicilan 0% bagi pengguna kartu kredit, baik di Internet maupun di toko-toko offline. Selain promo cicilan, ada banyak promo lain yang biasanya dikhususkan untuk para pemegang credit card seperti cash back, diskon dan lain sebagainya.

Adapun kerugian menggunakan kartu kredit adalah sebagai berikut :

  • Hutang
    Jika agan sista berbelanja dengan kartu kredit, artinya agan sista punya utang ke bank yang harus agan sista bayar. Bagaimanapun kebiasaan berhutang itu bukan merupakan kebiasaan yang baik, apalagi jika agan sista sampai terlena dan tidak dapat mengontrol penggunaan kartu kredit. Ini bisa berbahaya bagi perekonomian agan sista sendiri.
  • Bayar ini itu
    Ya, ini yang paling bikin orang parno dengan kartu kredit. Untuk agan sista yang menggunakan kartu kredit, agan sista harus membayar iuran tahunan, biaya tarik tunai, biaya tukar mata uang asing, denda over limit, denda keterlambatan bayar, bunga dan lain sebagainya. Tetapi jika agan sista tertib dan bijak dalam menggunakan kartu kredit, agan sista bisa meminalisir besaran biaya-biaya tersebut kok.

Demikianlah keuntungan dan kerugian menggunakan kartu kredit yang dapat kang erik sampaikan. Bagaimanapun kartu kredit itu memang diperlukan untuk mempermudah proses pembayaran agan sista. Akan tetapi, jika agan sista tidak bijak dalam menggunakannya, bisa-bisa malah akan mempersulit keuangan agan sista sendiri.

Baca Juga : Ini Dia Alasan Kenapa Harus Menabung di Bank BNI

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126