Kawasan Paling Diincar di Enam Kota Indonesia

Program Satu Juta rumah yang dicanangkan pemerintah terus digenjot agar targetnya tercapai. Sayang, hingga kini target tersebut belum tercapai. Meski begitu, sudah banyak terlihat pembangunan hunian untuk menjawab kebutuhan banyak orang, terutama mereka yang ingin segera memiliki rumah tapak.

Kini, pembangunan rumah tapak di Indonesia sudah semakin masif. Apalagi, di daerah luar pulau Jawa. Sebut saja Pekanbaru, Medan, Palembang, dan Batam di Sumatera. Selain itu juga Makassar dan Manado di Sulawesi. Keenam kota tersebut kini diwarnai dengan pembangunan rumah tapak untuk masyarakat.

Sejumlah pengembang besar sudah mulai melakukan ekspansi di wilayah tersebut. Di sana, diyakini pengembang, merupakan pasar besar yang pembangunan propertinya belum dapat mencukupi kebutuhan masyarakat akan hunian.

Sebut saja Sinarmas Land yang kini sudah memulai pembangunan perumahan di wilayah Batam. Perusahaan raksasa tersebut membangun perumahan yang diberi tajuk Taman Duta Mas di kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau tersebut.

Walau begitu, konsumen di enam kota tersebut memiliki beberapa segmen rumah yang diincar dan menjadi favorit. Padahal pembangunan yang ada sendiri memfasilitasi berbagai macam jenis rumah yang bervariasi.

Di Medan misalnya, konsumen lebih mengincar rumah dengan harga Rp 626,4 juta. Daerah Selayang, Johor,Tuntungan, Halvetia, Petisah, dan juga Maimun menjadi kawasan favorit incaran masyarakat Medan dalam mencari hunian. Lain di Medan, lain pula di Palembang. Calon pembeli Palembang sendiri lebih memilih untuk membeli rumah seharga Rp 856,2 juta yang berada di kawasan alang-Alang Lebar, Sukarame, dan Ulu I.

Masyarakat Batam, mencari rumah dengan harga Rp 925 juta. Wilayah yang menjadi favorit masyarakat adalah wilayah Batam Kota, Batam Center, dan wilayah Lubuk Raja. Sementara Pekanbaru yang juga merupakan kota besar di Sumatera konsumennya banyak yang mencari rumah dengan harga Rp 1,025 miliar di Tampan dan Pekanbaru Kota.

Sementara di Sulawesi, dua kota besar yaitu Makassar dan Manado juga memiliki segmen rumah yang diincar masyarakat. Di Makassar misalnya, masyarakat ibu kota Sulawesi Selatan tersebut lebih mengincar rumah dengan harga Rp 1,575 miliar. Panakukkang, Tanjung Bunga, dan Tamalanrea menjadi daerah yang diincar. Sementara di ujung utara Sulawesi, masyarakat Manado mencari rumah dengan kisaran harga Rp 1,015 miliar di sekitar kawasan Malalayang dan Bunaken.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126