id-winherba.com

Kapan dan Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Sejak pertama ngeblog sekitar setahun yang lalu, kang erik sangat termotivasi untuk mendapatkan uang dari blog. Itu karena banyaknya para mastah yang menunjukan screenshot penghasilan mereka dari hasil ngeblog, ada yang ratusan dollar, ribuan dollar bahkan puluhan ribu dollar. Sungguh sangat luar biasa, pikir kang erik saat itu. Bayangkan saja, kalau sebulan dapet 10 ribu dollar (1 dollar Rp. 14.000, jadi total sebulan dapet duit Rp. 140.000.000), Wah-wah-wah, ini sih sudah lebih dari cukup. Dengan uang 140 juta kang erik bisa ngehajiin orang tua, bisa beliin adek handphone baru, jajanin pacar, traktir temen-temen dan lain sebagainya.

Kenyataannya, setelah kang erik terjun kedunia blog bukannya mendapatkan uang dari blog Rp. 140.000.000 perbulan, yang ada kepala kang erik serasa mau pecah. Bayangkan saja, kang erik harus membuat artikel saban hari, harus belajar SEO, riset keyword, datangin visitor dalam jumlah yang bejibun dan lain sebagainya. Gimana mau tidak pusing coba?. Belum lagi kang erik harus cari cara supaya bisa diterima di Google Adsense karena terus terang, yang kang erik ketahui pada saat itu, hanya Google Adsense lah sebagai satu-satunya sumber penghasilan para blogger.

cara mendapatkan uang dari blog, penghasilan dari blog, penghasilan online, cara dapat duit dari internet, penghasilan blog

Sempat pustus asa memang, tapi karena kang erik sendiri belum dapet pekerjaan, akhirnya kang erik putuskan untuk kembali menekuni dunia blogging dengan mempelajari cara ngeblog yang baik dan benar, dari mulai bikin artikel SEO, belajar teknik backlink, cara mendapatkan uang dari blog dan lain sebagainya. Disamping itu, kang erik juga belajar cara menggunakan VPS untuk keperluan ngeblog.

Baca Juga : Cara Membuat Website Menggunakan VPS Linux

Cukup sulit dan lama memang prosesnya, karena kang erik belajar tanpa dibimbing oleh seorang mastah pun. Kang erik cuma belajar dengan membaca di forum-forum seperti ads.id, warrior forum dan blog serta grup-grup di sosial media seperti facebook dan google plus.

O iya, terus terang saja kang erik paling males memperaktekan off page SEO. Males kesana kemari mencari backlink. Memang iya sih, kang erik pernah menjadi penulis tamu di beberapa blog, tapi kang erik rasa tidak lebih dari 10 blog, sisanya kang erik bikin profil di situs-situs besar. Mungkin gara-gara hal ini lah yang menyebabkan perkembangan blog ini tidak melesat ngapung luhur jauh seperti blog-blognya para mastah.

Nah, setelah kang erik baca-baca di berbagai macam forum, akhirnya kang erik tahu bahwa cara mendapatkan uang dari blog itu tidak harus melulu melalui Google Adsense, ada yang melalui iklan mandiri, paid review, program referral, jual produk sendiri (misalnya ebook atau jasa) dan lain sebagainya. Atas dasar itulah, kang erik pernah mencoba memasang banner referral VPS di blog ini selama beberapa bulan.

Hasilnya cukup lumayan, tapi tidak terlalu menggembirakan. Mungkin karena yang namanya referral kan bayarannya tidak pasti, bisa saja setiap hari ada yang daftar dengan link referral kita, bisa juga sampe sebulan ga ada yang daftar satu pun. Nah, sedihnya itu waktu ga ada yang daftar, kang erik ga bisa dapet duit seperak pun. Belum lagi biasanya suka ada batasan aminimal payout yang lumayan besar. Hmm intinya mungkin karena kang erik kurang srek saja dengan program referral, akhirnya kang erik berpindah ke iklan banner.

Dari berbagai forum dan blog yang kang erik baca saat itu bahwa minimum jumlah visitor blog untuk membuka space iklan mandiri adalah 1000 visitor. Kebetulan saat itu blog kang erik ini sudah mempunyai visitor lebih dari 2000. Setidaknya itu menjadi salah satu modal untuk menggaet para pengiklan supaya mau memasang iklan di blog ini.

Sayangnya setelah kang erik coba menawarkan space iklan di blog bahkan dengan harga super murah pun tak ada pengiklan yang mau menitipkan bannernya di blog ini. Asal agan sista tahu saja ya, kang erik sudah mengemail kesana kemari menawarkan space iklan berikut harga dan keuntungan memasang iklan di blog ini. Lelah, sangat lelah memang. Namun akhirnya tanpa kang erik email tanpa di chat ini itu, ada juga advertiser yang bersedia pasang iklan disini dengan harga murah meriah.

Oleh karena susahnya mencari pemasang iklan, akhirnya kang erik kembali ke jalan yang benar, seperti yang selalu kang erik angan-angankan dulu, “Ingin mendapatkan uang dari blog dengan menjadi publisher Google Adsense”. Berbagai ilmu adsense coba kang erik pelajari, tak lupa kang erik juga kesana kemari mencari orang-orang yang sudah berpengalaman dengan adsense. Tak mengapa memberi sedikit uang untuk mengorek informasi daripada buta selamanya dengan adsense.

Hasilnya cukup lumayan, meskipun belum bisa mendapatkan 10 dollar perhari, tapi setidaknya ketika kang erik melihat penghasilan dari adsense, kang erik bisa dapet semangat baru untuk menulis dan membuat artikel lagi dan lagi.

O iya, setelah kang erik putuskan untuk serius di Google Adsense, kang erik menerima pinangan dari advertiser untuk memasang iklan di blog ini. Pinangan tersebut kang erik terima juga meskipun dengan harga iklan yang dulu saat kang erik punya visitor 2000+/hari.

Baca Juga : Blog Sepi Pengunjung, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Nah, jika dihitung-hitung cukup lama juga ya kang erik dapat mewujudkan impian kang erik untuk jadi publisher Google Adsense. Sekitar satu tahunan lah. Mungkin jika dari awal kang erik fokus ke adsense sih ga akan selama itu, tapi karena kang erik tergoda untuk mencoba berbagai cara mendapatkan uang dari blog, ya akhirnya seperti itu.

Jika agan sista baru membuat blog, saran kang erik sih harus difokusin, mau pakai program apa agan sista mendapatkan uang dari blognya, apakah dari google adsense, paid review, iklan mandiri, referral, jual jasa / produk atau yang lainnya. Jangan iri, dengki dan mudah terpancing dengan screenshot penghasilan para mastah blog yang melimpah, karena ngeblog itu perlu kerja keras dan fokus. Makanya, sebelum ngeblog itu tentuin dulu tema blognya yang paling sesuai dengan yang agan sista suka, supaya nantinya ga gampang bete dan menyerah ditengah jalan.

Adapun mengenai kapan agan sista bisa menghasilkan uang dari blog, jika menurut pengalaman kang erik sih setelah blog mempunyai pengunjung diatas 1000 perhari untuk blog berbahasa Indonesia. Untuk blog english sih kang erik ga tahu pasti, karena kang erik belum pernah membuat blog bule, kang erik masih belum bisa nulis artikel cas cis cusnya. hehe 😀

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126