Ini Jumlah Maksimal Visitor Untuk VPS RAM 512MB dan 1GB

Dari dulu banyak sekali pengunjung blog ini serta kawan-kawan di media sosial yang menanyakan jumlah maksimal visitor untuk VPS ram 512MB serta 1GB. Oleh karena itu, dalam artikel ini kang erik akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut, khusus bagi yang menanyakan jumlah visitor untuk ram 512mb. Untuk yang 1GB, kang erik hanya akan memberikan informasi dari pengalaman para mastah yang sudah memiliki visitor super bejibun, karena kang erik sendiri belum pernah mendapat visitor super banyak seperti yang para mastah alami.

O, iya VPS ram 512mb yang kang erik pakai adalah VPS jenis KVM dari provider digitalocean. Untuk agan sista yang menggunakan VPS OpenVZ atau Xen silahkan lakukan pengetesan sendiri ya.

Sebenarnya kang erik sendiri pernah mencoba menggunakan VPS OpenVZ dari ramnode dengan ram 512mb untuk blog ini, tapi itu dulu saat pertama kali kang erik membangun blog sederhana ini dan jumlah visitor yang datang ke blog ini masih diangka puluhan sampai seratusan saja. Setelah itu, kang erik putuskan untuk bermigrasi ke Digitalocean karena digitalocean memiliki lokasi server yang lebih dekat ke Indonesia, yaitu server yang berlokasi di Singapore. Selain itu, digitalocean juga menjual VPS KVM dengan harga relatif murah dan terjangkau.

Baca Juga : Cara Mendapatkan VPS Gratis Digitalocean

Satu hal lagi yang penting untuk kang erik informasikan adalah bahwa kang erik tidak menggunakan Control Panel apapun dalam VPS Ram 512mb yang kang erik punya. Untuk keperluan mengonlinekan blog ini, kang erik hanya menginstall aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan secara manual yaitu Nginx, MySQL, PHP5-FPM dan WordPress.

Jadi, jika agan sista menginstall aplikasi lain selain yang kang erik tulis diatas, kemungkinan hasilnya akan berbeda. Mungkin jumlah maksimal visitor yang sanggup ditangani oleh VPS Ram 512mb agan sista akan lebih kecil dari jumlah maksimal visitor VPS dengan ram 512mb milik kang erik.

jumlah visitor blog, visitor vps, maksimal visitor vps ram 1gb, berapa jumalah maksimal visitor, visitors online, vps ram 512mb, vps ram 1gb

Adapun jumlah maksimal visitor yang sanggup dihandle oleh VPS ram 512mb kang erik adalah lebih dari 4000 pengunjung perhari dengan maksimal sekitar 75 visitor yang online secara bersamaan. Data tersebut kang erik ambil dari statistik blog ini melalui histats.

Sebenarnya VPS ram 512mb ini masih bisa menampung visitor lebih banyak dari itu, kadang menyentuh angka 5000 Visitor, tapi karena kang erik membutuhkan aplikasi-aplikasi lain di VPS kang erik seperti Postix, Dovecot dan sebagainya, maka kang erik lakukan upgrade ke VPS ram 1GB.

Diluar dari alasan tersebut, kang erik juga membutuhkan space Harddisk yang lebih besar, mengingat ukuran harddisk yang hanya 20GB terasa kurang untuk memenuhi kebutuhan kang erik. Hal ini disebabkan karena kang erik sering menyimpan file-file berukuran besar di VPS kang erik, supaya aman dan tidak dihapus oleh pihak penyedia hosting file gratisan seperti mediafire, billionupload, mightyupload dan sebagainya.

Sebagai informasi tambahan yang kang erik dapat dari berbagai macam forum diskusi VPS dan hosting, pertanyaan ini pernah diajukan oleh member di forum tersebut yang menanyakan jumlah maksimal visitor untuk VPS ram 1GB. Jawaban para mastah VPS dan hosting bermacam-macam, namun rata-rata menjawab bahwa VPS 1GB bisa menampung visitor sekitar 15 ribu sampai 50 ribu visitor. Itu semua tergantung bagaimana agan sista melakukan optimasi pada VPS yang agan sista miliki.

Jika agan situs agan sista mempunyai visitor yang super bejibun, saran kang erik sebaiknya gunakan php-fastcgi, web server nginx dan MariaDB untuk menghemat penggunaan memory RAM.

Baca Juga : Cara Optimasi Nginx Web Server di VPS Linux

Demikianlah sedikit informasi dari kang erik tentang jumlah maksimal visitor untuk VPS dengan RAM 512MB dan 1GB. Untuk RAM diatas 1GB, silahkan kalkulasikan saja oleh agan sista sendiri.

loading...

Komentar Agan Sista

3 Comments on "Ini Jumlah Maksimal Visitor Untuk VPS RAM 512MB dan 1GB"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Diky
Pengunjung
11 months 5 days ago

Ooo untuk menyimpan file saran saya gunakan saja Google Drive gratis 15 GB dan jika hampir penuh tinggal buat lagi aja akunnya, kalau masalah hapus otomatis tinggal revew sendiri aja gan, hehehehe

Choirul Anam
Pengunjung
Choirul Anam
9 months 5 days ago

Kalo kalkulasi bandwidth per visitor gimana gan?

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126