Ini Kelebihan Menggunakan Domain TLD

Pernahkah agan sista bertanya kenapa banyak orang ingin menggunakan domain TLD daripada domain yang bukan TLD? Atau pernahkah agan sista bertanya kenapa lebih banyak pemilik blog yang ingin menggunakan domain TLD berbayar daripada memakai subdomain dari blogspot atau wordpress? Bukankah dengan menggunakan subdomain seperti blogspot atau wordpress, blog agan sista sudah bisa online dan dapat diakses banyak orang dari seluruh penjuru dunia?

Seperti halnya ketika agan sista ingin membuat sebuah perusahaan, pemberian nama domain yang bagus dan mudah diingat orang merupakan hal yang mutlak yang harus dilakukan oleh seorang pemilik website agar websitenya lebih mudah dikenal dan diingat banyak orang.

Bukan tidak boleh agan sista untuk memakai domain yang bukan TLD atau subdomain dari TLD blogspot atau wordpress, tapi penggunaan domain yang bukan TLD seperti co.vu dan pemakaian subdomain dari wordpress atau blogspot dirasa malah akan lebih menyulitkan orang untuk mengingat nama website agan sista sendiri. Coba agan sista bandingkan antara belajarmenari.wordpress.com dengan belajarmenari.com, mana yang lebih simpel dan mudah diucapkan menurut agan sista?

Baca Juga : Pengertian Domain TLD

Berikut ini saya kemukakan beberapa alasan kenapa harus menggunakan domain TLD :

  • Lebih Leluasa untuk Memilih Nama Domain yang Sesuai
    Pernahkah agan sista mencoba mendaftarkan nama blog di wordpress atau blogspot, tapi ternyata nama tersebut sudah dimiliki oleh orang lain? Bagimana perasaannya agan sista? Pasti merasa jengkel bukan?. Jika agan sista memilih menggunakan domain TLD, hal seperti ini akan dapat diminimalisir, karena domain TLD cakupannya lebih luas meliputi domain berakhiran com, net, info, org, gov, edu dan lain sebagainya.
    memakai domain tld, beli domain tld, memilih domain tld
    Disamping itu, dengan menggunakan nama domain TLD, agan sista bisa memilih nama domain yang paling sesuai dengan isi website yang akan agan sista buat. Misalnya agan sista ingin membuat website organisasi, maka agan sista bisa memilih menggunakan TLD org atau jika agan sista ingin membuat website tentang informasi, maka agan sista bisa menggunakan TLD info dan sebagainya. Hal ini sangat berbeda jika agan sista menggunakan subdomain sebagai nama websitenya, agan sista hanya diberikan subdomain dengan akhiran com saja.
  • Cakupan Lebih Luas
    Seperti yang agan sista ketahui bahwa selain domain TLD juga terdapat domain Country Code Top Level Domain (ccTLD) seperti co.id, net.id, or.id dan sebagaianya. Jika dibandingkan antara TLD (global) dengan ccTLD dari negara-negara tertentu, maka cakupan nama domain TLD lebih luas dibandingkan cakupan nama domain ccTLD.
  • Mudah Diingat
    Coba saja agan sista bandingkan, lebih mudah diingat mana antara dedeerik.com dengan dedeerik.co.vu? Lebih mudah diingat dedeerik.com bukan? Itulah salah satu keistimewaan domain TLD, lebih memasyarakat dan gampang diingat oleh banyak orang. Hal ini sangat berbeda dengan domain-domain yang bukan TLD seperti domain gratis co.vu, uni.me dan lain sebagainya.
  • Terkesan Lebih Professional
    Professional itu penting untuk mendapatkan trust dari pengunjung. Namun bagaimana mau profesional, jika nama domainnya saja terlihat jelek, tidak menjual dan murahan. Coba agan sista tengok website-website besar yang sangat professional seperti google, facebook, twitter, wikipedia dan lain sebagainya, apakah mereka menggunakan domain gratisan atau memakai subdomain dari wordpress dan blogspot?
  • Domain Bisa Diperjualbelikan
    Ini adalah nilai plus lainnya bagi agan sista yang menggunakan domain ber-TLD. Percaya atau tidak, domain TLD dengan nama yang bagus dapat dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi berkali-kali lipat. Agan sista bisa buktikan sendiri dengan menjual nama domain TLD cantik tersebut di marketplace domain (tempat jual beli domain) salah satunya namecheap marketplace.Saya sendiri sudah berkali-kali menjual nama domain yang saya beli dan tidak sempat saya gunakan, sehingga akhirnya saya coba jual beberapa bulan kemudian dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari harga pada saat saya membeli. Hasilnya, tidak jarang nama domain tersebut di serbu para bule yang menginginkannya.

    Baca Juga : Cara Jual Domain di Namecheap

Demikianlah beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan domain TLD. Jika agan sista punya modal yang mencukupi, sebaiknya gunakan saja domain TLD sejak awal merintis sebuah website. Hal ini bertujuan agar agan sista tidak perlu melakukan rebranding ulang dikemudian hari setelah agan sista berpindah dari domain gratis atau subdomain ke domain TLD.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126