Ini Dia Cara Mengetahui Informasi dan Cek Website Lengkap

Belakangan ini kang erik sering ngepoin website orang lain, pengen tau dan pengen cek website tersebut memakai IP berapa, sewa hosting dimana, berapa umur domain website tersebut dan lain sebagainya. Intinya kang erik itu paling kepo, apalagi kalau udah nemu website atau blog-blog besar yang cukup ramai dikunjungi orang, perasaan kepo kang erik seketika itu juga muncul dan sulit sekali untuk dikendalikan.

Bukan hanya soal cek website saja sebenarnya, kang erik juga suka banget ngepoin temen-temen kang erik seputar cewe, karir, keuangan, pendidikan dan lain sebagainya. Saking keponya, kang erik sampai suka dibilangin kepo banget sama teman-teman kang erik.

Meskipun demikian, kang erik juga bersyukur diberi rasa keingintahuan yang begitu besar, karena dari situlah kang erik bisa memperhatikan teman-teman kang erik dan juga bisa mempelajari situs-situs (blog-blog) besar yang ada saat ini, sehingga diharapkan blog kang erik ini juga bisa besar seperti mereka.

cek situs, cara cek website, cek hosting website, mengetahui pa, cek da, cek pr, cara cek alexa rank

Adapun hal-hal yang paling sering kang erik kepoin saat cek website orang lain adalah seperti Page Rank (PR) Domain Authority (DA), Alexa Rank, IP website, Umur website, tempat website tersebut menyewa hosting, membeli domain, kecepatan website dan lain sebagainya. Jika memungkinkan, kang erik bahkan suka cari tahu siapa pemilik website tersebut, orang mana dia dan apa saja akun sosial medianya.

Meskipun hal ini terlihat sangat sepele dan tidak wajar, tapi justru dari sinilah kang erik bisa banyak belajar. Selain belajar dari website yang rame tersebut, kang erik juga suka belajar dari pemilik websitenya secara langsung, baik melalui komunikasi sosial media atau dengan datang langsung ke rumahnya, jika memungkinkan.

Nah, bagi agan sista yang ingin menjadi orang yang super kepo seperti kang erik, terutama bagi agan sista yang mau ngepoin website orang lain, berikut ini kang erik berikan beberapa tips yang bisa agan sista peraktekan langsung. Harap diperhatikan jika agan sista mau ngepoin masalah temen sendiri seperti pacarnya, karirnya dan sebagainya, agan sista ga perlu repot-repot pake cara ini, silahkan langsung ditanyakan ke temennya agan sista aja ya. Hehe

  • Cek IP, DNS dan Umur Domain
    Untuk yang satu ini kang erik lebih mempercayakan ke situs centralops.net. Tampilan situsnya sederhana dan memiliki fungsi yang cukup beragam dari mulai mengetahui IP website, DNS website, umur domain website tersebut bahkan layanan hosting atau VPS yang digunakan pun bisa langsung diketahui dengan mudah.

    Disamping itu, situs tersebut juga bisa menampilkan layanan yang digunakan oleh domain tersebut seperti web servernya, versi PHPnya, FTP, POP3, IMAP, SMTP dan SSL (HTTPS). Cukup lengkap bukan?

  • Cek PR dan Alexa Rank
    Untuk cek website detail tentang Alexa dan Page Rank, kang erik biasa menggunakan cara paling praktis, yaitu melalui toolbar Open Seo Stats. Toolbar ini dapat diinstall di browser Google Chrome dan Mozilla. Toolbar ini juga dapat menampilkan kecepatan (loading) website, Keamanan situs, lokasi situs dan sebagainya.

    Penggunaan toolbar ini juga sangat mudah, setelah diinstall, tinggal diklik saja pada saat agan membuka website yang ingin dikepoin. Hasilnya akan tampil dalam beberapa detik, tergantung kecepatan internet agan sista.

  • Mengetahui DA dan PA
    Mengetahui Domain Authority dan Page Authority juga penting bagi kang erik saat cek website orang lain. DA dan PA ini seperti acuan alternatif setelah Page Rank tidak di update google dari beberapa tahun yang lalu. Untuk cek DA dan PA, kang erik biasa menggunakan Moz Toolbar.

    Toolbar ini selain berguna untuk mengetahui DA dan PA juga bisa kang erik gunakan untuk cek spam score serta status link keluar dari situs tersebut, apakah link keluarnya adalah link dofollow atau nofollow. Ini biasanya kang erik pertimbangkan saat ingin membuat backlink.

  • Mengetahui Kecepatan Website (Loading Website)
    Mudahnya, kang erik biasa menggunakan situs GTmetrix dan Google Page Speed. Jika hasil (skor) website di situs tersebut bagus, dapat dipastikan speed websitenya juga bagus. Speed website ini penting untuk kenyamanan pengunjung saat berselancar di website kita.

    Baca Juga : Ini Dia Cara Cek Kecepatan Website

  • Mengetahui Pemilik Website
    Cara mengetahui pemilik website versi kang erik adalah dengan mengakses bagian contact di website tersebut. Biasanya dibagian itu terdapat informasi pemilik website, atau agan sista bisa menanyakan langsung melalui formulir kontak yang disediakan.

    Cara lainnya adalah dengan memfollow akun sosial media yang ditempel pada blog tersebut. Cara yang terakhir ini terkadang membutuhkan kesabaran ekstra, karena biasanya akun sosial media yang dipajang di halaman blog merupakan akun sosial media blognya, bukan pemiliknya. Parahnya lagi, beberapa pemilik blog biasanya sangat malas untuk cek akun sosial media yang dikhususkan untuk blog mereka.

Demikianlah beberapa cara cek website secara lengkap yang dapat kang erik sampaikan. Cara diatas mungkin saja tidak bisa digunakan secara akurat, karena beberapa pemilik blog melakukan penyamaran identitas blog (website) mereka, baik secara disengaja maupun tidak disengaja. Misalnya, pemilik website menggunakan DNS Cloudflare, maka yang akan ditampilkan adalah IP dan DNS Cloudflare. Itu bukan berarti pemilik website menggunakan IP dan hosting dari cloudflare, karena cloudflare adalah salah satu Penyedia layanan Content Delivery Network (CDN).

Baca Juga : Cara Mempercepat Website Dengan CDN Cloudflare

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126