Ini Dia Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Bank Mandiri

Penting bagi agan sista nasabah bank mandiri untuk memperhatikan status rekening agan sista, jangan sampai rekening mandiri agan sista mendapat cap sebagai rekening pasif yang akibatnya rekening bank mandiri agan sista bisa sampai dinonaktifkan (ditutup) secara sepihak oleh pihak bank. Hmm, cukup ngeri bukan?.

Yang dimaksud dengan rekening pasif bank mandiri disini adalah rekening yang  tidak terdapat transaksi atau tidak ada penyetoran/penarikan/pemindahbukuan/pendebetan oleh nasabah selama 6 (enam) bulan berturut-turut. Jadi apabila ada rekening tabungan yang memiliki saldo diatas saldo minimum tetapi tidak melakukan transaksi selama 6 bulan berturut-turut, maka akan secara otomatis mendapat cap sebagai rekening pasif oleh bank mandiri.

Selama mendapat cap sebagai rekening pasif, maka rekening agan sista masih tetap bisa menerima pengkreditan namun tidak bisa dilakukan penarikan, pemindahbukuan atau pendebetan, kecuali untuk biaya-biaya Bank terkait rekening tersebut (misalnya : biaya administrasi rekening, biaya administrasi kartu mandiri debit dan sebagainya). Kemudian apabila rekening pasif tersebut memiliki saldo dibawah saldo minimum yang ditetapkan oleh pihak bank mandiri, maka rekening pasif tersebut akan dikenakan biaya tambahan yang besarannya ditentukan oleh pihak bank mandiri.

Baca Juga : Rincian Biaya Administrasi Bank Mandiri Terbaru

Yang paling mengerikan adalah ketika saldo yang dimiliki rekening agan sista sudah habis untuk menutupi biaya bulanan, biaya ATM serta biaya penalti karena saldo dibawah minimun, maka bank mandiri akan secara otomatis menutup rekening tersebut secara sepihak. Akibatnya, rekening agan sista yang ditutup itu tidak akan bisa diaktifkan atau dipergunakan kembali seperti biasa.

mengaktifkan rekening pasif, cara mengaktifkan kembali rekening pasif, rekening pasif bank mandiri, rekening pasif adalah, pengertian rekening pasif,, mengatasi rekening pasif bank

Oleh karena itu, mengaktifkan rekening pasif adalah satu-satunya cara supaya rekening mandiri agan sista bisa digunakan lagi sebagaimana mestinya. Disamping itu, dengan diaktifkannya rekening pasif tersebut agan sista tidak perlu takut terkena biaya tambahan (penalti) dan agan sista juga tak perlu khawatir rekening akan ditutup secara sepihak oleh pihak bank.

Hal ini pernah kang erik alami dulu pada saat kang erik masih kuliah di kota Bandung. waktu itu kang erik pernah membuat rekening tabungan bank mandiri, namun rekening tersebut terbengkalai karena berbagai alasan, salah-satunya adalah karena banyaknya rekening tabungan yang kang erik miliki. Iseng-iseng waktu pulang ke Ciamis, kang erik coba tanyakan kepada pihak bank apakah rekening tersebut masih aktif atau tidak. Sayang seribu kali sayang, ternyata rekening kang erik tersebut sudah ditutup karena tidak ada transaksi selama enam bulan berturut-turut serta saldo tabungan kang erik yang habis dipakai untuk menutupi biaya ATM, administrasi serta biaya penalti setiap bulannya.

Jika sudah demikian, maka satu-satunya cara yang bisa kang erik lakukan adalah bahwa kang erik harus membuka rekening baru lagi seperti yang disarankan oleh mbak-mbak customer service bank mandiri ciamis yang cantik jelita. Ribet memang, tapi begitulah ketentuannya. Lagipula ketentuan tersebut tercantum pada perjanjian yang kang erik tanda-tangani sebelum membuka rekening mandiri dulu. Dalam perjanjian tersebut, bank berwenang untuk menutup rekening secara sepihak apabila terjadi kondisi seperti yang kang erik alami.

Baca Juga : Cara dan Syarat Membuat Rekening Tabungan Bank Mandiri

Nah, jika rekening tabungan mandiri agan sista belum ditutup (dinonaktifkan) pihak bank atau masih dalam kondisi pasif, maka agan sista masih bisa menyelamatkan rekening tersebut dengan cara melakukan transaksi finansial baik melalui ATM, SMS Banking atau Internet Banking.

Transaksi finansial yang dimaksud adalah transaksi pendebetan seperti transfer, pembayaran tagihan PLN, pembayaran pajak bumi dan bangunan dan lain sebagainya. O, iya jika saldo sudah dibawah minimum, sebaiknya segera lakukan penyetoran baik melalui mesin maupun dengan datang langsung ke Bank mandiri. Agan sista juga bisa meminta kolega, teman, saudara untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening yang bersangkutan.

Cara lain yang dapat agan sista lakukan untuk mengaktifkan rekening pasif bank mandiri adalah dengan datang langsung ke kantor cabang bank mandiri untuk meminta pengaktifan rekening melalui customer service.

Demikianlah cara mengaktifkan rekening pasif bank mandiri paling mudah dan simpel yang dapat kang erik informasikan. Intinya, jika rekening tabungan pasif, segera lakukan transaksi finansial untuk mengaktifkannya atau silahkan datang ke kantor cabang bank mandiri terdekat untuk meminta pengaktifan melalui customer service.

loading...

Komentar Agan Sista

9 Comments on "Ini Dia Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Bank Mandiri"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
May Lany
Pengunjung
11 months 19 days ago

Selamat pagi, saya mau tanya, ko rek sy di nonaktifkn oleh sepihak sementara saldo msh di ats 50 jt, sy selama enam bln tidak transfer memang, karena sy fikir tidak ada masalah. Trms,mohon jawabannya .

Adi
Pengunjung
Adi
10 months 2 days ago

Caranya cuma disuruh transaksi, tapi artikelnya puanjaang banget. Thanks gan

Rully Pahruroji
Pengunjung
Rully Pahruroji
10 months 2 hours ago

Astagfiruloh, komen saya dihapus, padahal aya nanya serius, sakit hati saya

bya pramitasari
Pengunjung
bya pramitasari
8 months 22 days ago

Brp biaya bulanan dan denda rekening pasif?

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126