Ini Dia Cara Gampang Membuat Website

Tidak semua orang dilahirkan dengan bakat-bakat yang sama. Beberapa dari agan sista semua pasti bukanlah orang yang ahli dalam mengutak-atik kode-kode seperti html, php, css, java script dan kode pemrograman lain yang merupakan kode yang digunakan untuk membuat website. Saya sendiri bahkan bukanlah orang yang ahli dalam hal ini, berbagai cara sudah saya tempuh supaya dapat menguasainya, tapi hasilnya belumlah begitu terlihat. Buktinya web blog yang sedang berada dihadapan agan sista ini masih menggunakan bantuan content management system (CMS) wordpress.

Mekipun demikian, bagi agan sista yang memiliki kendala baik dibidang bahasa pemrograman maupun kendala lainnya seperti pada bidang server, agan sista tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak sekali cara mudah yang dapat agan sista lakukan untuk membuat website sendiri.

Agan sista bisa gunakan CMS jika agan sista tidak atau kurang menguasai bahasa pemrograman seperti saya, agan sista juga bisa gunakan hosting apabila agan sista kesulitan dalam memanage server, atau bahkan agan sista bisa menyuruh teman yang bisa agan sista andalkan untuk mengajarkan atau membuatkan website untuk agan sista. Yang terpenting dari semua itu adalah keinginan dan tekad yang kuat dari agan sista untuk mempunyai website sendiri, entah itu website untuk jual produk, ngeblog, web profile, forum atau jenis website lainnya yang sesuai dengan kebutuhan agan sista semua.

cara membuat website murah, membuat website online, jasa pembuatan website

Nah, bagi agan sista yang punya keinginan kuat untuk membuat website tapi masih benar-benar bingung harus memulainya dari mana, berikut ini saya uraikan hal apa saja yang harus agan sista lakukan untuk membuat website pertama agan sista supaya bisa langsung online :

  • Siapkan domain.

Domain ini nantinya akan digunakan sebagai identitas website anda di dunia maya. Orang akan mengenal website agan sista setelah agan sista memperkenalkan kepada mereka nama domain yang agan sista gunakan untuk website agan sista.

Agan sista bisa menggunakan domain gratis atau domain berbayar sesuai dengan kemampuan dan tujuan agan sista membuat website. Domain gratis dapat agan sista gunakan untuk membuat web percobaan atau web yang tidak membutuhkan professionalisme atau branding. Sedangkan domain berbayar dapat agan sista beli jika agan sista sudah mempunyai modal yang cukup dan atau agan sista ingin membuat web tersebut supaya terkesan lebih professional.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Domain Gratis Selama Satu Tahun

Untuk mendapatkan domain berbayar, agan sista bisa membelinya di situs-situs tempat jual beli domain seperti namecheap, name, godaddy dan sebagainya. Jika agan sista berminat menggunakan domain local atau domain luar dengan sistem pembayaran rekening bank, agan sista bisa membeli di situs-situs local seperti domainesia, rumahweb, idwebhost, niagahoster dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Membeli Nama Domain Indonesia

  • Siapkan Hosting atau VPS (Virtual Private Server).

Hosting atau VPS berguna untuk menyimpan file-file website agan sista di dunia maya supaya dapat diakses oleh semua orang. Hosting atau VPS adalah solusi bagi agan sista yang tidak mau repot dengan komputer yang harus terhubung dengan internet supaya website agan sista bisa diakses secara real time.

Untuk website skala kecil seperti blog yang visitornya masih belum terlalu banyak, agan sista cukup menggunakan hosting saja. Sedangkan untuk website skala besar atau website yang sudah memiliki visitor yang bejibun,agan sista sebaiknya gunakan VPS (Virtual Private Server). Hal ini bertujuan agar websitenya agan sista tidak gampang down atau tidak bisa diakses.

Baca Juga : Cara Mendapatkan VPS Gratis Digitalocean

  • Install CMS (content management system)

Khusus bagi agan sista yang masih belum menguasai bahasa-bahasa seperti html, php, java script dan sebagainya, agan sista sebaiknya gunakan saja content management system (CMS) seperti wordpress, joomla, drupal dan sebagainya. Untuk yang benar-benar pemula, saya rasa wordpress dapat menjadi pilihan yang paling tepat. Selain karena gratis, wordpress juga menyediakan banyak sekali theme dan plugin yang dapat digunakan untuk membantu mempercantik tampilan dan mempermudah dalam membuat website agan sista.

Baca Juga : Tutorial WordPress

Jika ketiga point diatas sudah agan sista lakukan, website yang agan sista buat pasti sudah online. Coba saja agan sista cek dengan mengetikkan nama domain agan sista pada browser yang agan sista gunakan. Bagaimana hasilnya? Sudah dapat diakses bukan?

Sekarang tibalah saatnya agan sista mengisi website agan sista dengan artikel-artikel atau produk-produk yang ingin agan sista jajakan. Jangan malas-malas ya, percuma dong agan sista sudah membuat website jika tidak ada produk atau artikel di website tersebut, siapa yang mau mampir coba?

Mengenai harga atau biaya yang dikeluarkan untuk membuat website sebenarnya tidak ada patokan khusus. Semuanya tergantung dari harga domain, hosting (VPS) dan keperluan pendukung lainnya seperti pembelian theme premium (jika perlu) dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, menurut pengalaman saya sendiri biaya yang dikeluarkan tersebut kurang lebih sebesar 70 USD pertahun dengan rincian 10 USD untuk membeli domain dan 60 USD untuk menyewa VPS. Namun sejak bulan April 2015, saya sudah tidak mengeluarkan biaya lagi untuk penyewaan VPS tersebut dikarenakan saya selalu mendapat upah dari program referall penyedia VPS yang bersangkutan.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126