Ini Dia 5 Alasan Utama Kenapa Harus Belajar Linux

Kata siapa belajar linux itu susah? Kalau susah tentu tidak akan ada orang yang bisa memahami linux bukan? Kenyataannya saat ini sudah banyak orang memahami dan bisa mengoperasikan linux, baik linux desktop maupun linux server, baik linux debian, fedora atau distro linux yang lainnya.

Belajar linux itu kalau menurut kang erik seperti belajar fisika di sekolah, ada yang suka ada pula yang tidak suka. Semuanya bukan karena linux itu susah dipelajari, tapi karena ketidaksukaan itu yang membuat sebagian orang malas untuk mempelajarinya. Jika sudah malas mempelajarinya, bagaimana mau bisa menggunakannya bukan?

belajar linux ubuntu, belajar linux untuk pemula, belajar linux server, belajar linux, cara mempelajari linux,

Andai saja agan sista tahu bahwa betapa nikmatnya mempelajari dan mengoperasikan linux serta manfaat yang ditimbulkannya, mungkin agan sista akan berpikir 100 kali untuk tidak menyukai linux. Nah, bagi agan sista yang merasa malas belajar linux, ada baiknya agan sista perhatikan beberapa hal berikut yang merupakan alasan kenapa harus mempelajari linux :

  • Linux is free
    Linux itu gratis loh, ga perlu bayar buat menggunakan linux, ga perlu keluar duit hanya untuk membeli lisensi linux. Asik bukan?. Jika sudah gratis, kenapa masih ga mau pake coba?.

    Bandingkan saja dengan sitem operasi sebelah yang membandrol sistem operasi besutannya dengan harga super duper mahal di kisaran 2-3 juta rupiah untuk satu lisensi, bagaimana kalau butuh lebih dari satu lisensi misalnya buat adek, kakak, ayah, ibu, pacar? Hmm, cukup mahal bukan, kalau dikumpul-kumpul bisa buat beli motor tuh?

    Mungkin harga tersebut terbilang murah bagi orang-orang berduit, tapi bagi kang erik sendiri sebagai rakyat biasa merasakan bahwa harga tersebut terbilang mahal, kenapa? karena dengan uang 3 juta rupiah kang erik bisa memenuhi kebutuhan kang erik yang lain, misalnya bayar kontrakan, makan, beli pulsa, bayar cicilan dan sebagainya.

    Ah, kan sistem operasi sebelah bisa di kasih crack biar gratis. Iya sih, tapi itu illegal loh, bisa melanggar hak cipta, bisa dipenjara, dosa lagi. hehe. Jadi, buat apa masih mikir untuk crack ini itu kalau sudah ada yang bener-bener gratis?

  • Susah, kata siapa?
    Kata siapa belajar linux susah? Coba dulu deh, baru boleh berkomentar, hehe. Terus terang saja dulu kang erik juga beranggapan demikian, dalam pikiran kang erik, belajar linux itu harus belajar struktur linux, masukin command ini itu dan hal-hal lain yang bikin kepala pusing. Kenyataannya setelah kang erik coba menggunakan linux desktop dari ubuntu, anggapan itu hilang seketika.

    Menggunakan linux tidak berbeda dengan menggunakan windows. Adapun mengenai command ini itu, kang erik yakin lama kelamaan nantinya akan terbiasa juga, toh tidak setiap mengoperasikan sesuatu di linux harus menggunakan command. Saran kang erik untuk pemula sebaiknya gunakan saja linux dengan menggunakan mode GUI seperti KDE, Gnome, BlackBox dan XFCE. Jangan malah pilih mode teks yang bisa bikin kepala pusing.

  • Lebih Banyak Pilihan
    Distro linux itu banyak loh, agan sista bisa pilih semau agan sista. Jika agan sista merasa kurang cocok, tinggal ganti saja dengan distro lain, gratis tis tis tis. Saat ini kang erik sendiri masih menggunakan Linux Ubuntu, entahlah, mungkin masih nyaman aja dengan ubuntu. Dulu kang erik pernah menggunakan Linux mint, debian, openSSUSE dan centos, tapi akhirnya tambatan hati kang erik malah jatuh ke ubuntu. hehe
  • Lebih Aman dan Hemat Resource
    Ini yang kang erik rasakan selama ini, linux itu lebih hemat resource daripada sistem operasi windows. Ini akan sangat berguna terutama pada saat agan sista punya laptop atau komputer dengan spesisikasi minim. Disamping itu, sistem operasi linux juga terkenal lebih aman dan jarang ada virus.
  • Harga VPS dan Dedicated Linux Lebih Murah
    Percaya atau tidak kebayakan server yang ada didunia ini ternyata menggunakan linux loh. Ya iya lah, linux kan lebih hemat resource, aman, jarang ada virus, lisensinya gratis pula.

    Jika agan sista pernah membandingkan harga server (VPS atau Dedicated) linux dengan windows, pasti akan kelihatan perbedaan harganya yang sangat berpaut jauh. Bahkan jika agan sista bandingkan harga VPS linux dengan layanan web hosting-pun harganya tidak berpaut jauh, padahal web hosting dan VPS merupakan 2 hal yang berbeda.

    Baca Juga : Cara Mudah Belajar VPS Linux Untuk Pemula

Jika sudah begitu kenapa masih malas belajar linux? Bukankah menggunakan linux terlihat lebih menguntungkan daripada menggunakan sistem operasi besutan Bill Gates?

kenapa tidak memilih linux, memilih distro linux, kenapa tidak memilih aku, kenapa masih pakai windows, alasan pakai windows

Bagi agan sista yang belum pernah sama sekali mempelajari linux desktop maupun server, kang erik sarankan sebaiknya jangan dulu menggunakan VPS unmaged linux untuk digunakan sebagai hosting websitenya. Takutnya nanti ada error ini itu agan sista tidak bisa mengatasi permasalahannya dan akibatnya website agan sista bisa jadi down dan tidak dapat diakses. Cukup ngeri ya, apalagi jika websitenya sudah menghasilkan pundi-pundi uang, sangat disayangkan bukan?

Baca Juga : Cara Menggunakan VPS Untuk Pemula

Kang erik saran saja sih, jika belum terlalu menguasai linux, ada baiknya agan sista gunakan control panel pada VPS linux unmanagendnya. Agan sista bisa pilih control panel sesuka hati, baik yang berbayar seperti Cpanel atau control panel gratis seperti webmin, EHCP, Webuzo dan lain sebagainya. Dengan menggunakan control panel ini, agan sista akan dimudahkan dalam mengurus dan memonitor VPSnya agan sista, sehingga resiko website down dan tidak dapat diakses bisa lebih diminimalisir.

Baca Juga : 6 control panel gratis terbaik untuk linux

Bagi agan sista yang ingin belajar linux, agan sista bisa gabung saja di banyak forum linux seperti linux.or.id, linuxquestions.org, linuxforums.org dan lain sebagainya. Atau agan sista juga bisa belajar per distro linux misalnya belajar di forum ubuntu, forum centos, forum debian dan lain sebagainya. Tinggal dicari aja forumnya di google pasti nemu ko, ga harus ngomong cas cis cus, karena sudah banyak forum distro linux yang berbahasa Indonesia loh.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126