vps vultr

Digitalocean VS Vultr Mana Yang Lebih Rekomended?

Hampir setiap bertemu kawan-kawan blogger atau kawan-kawan yang sering bersinggungan dengan VPS, kang erik selalu mendapat pertanyaan sama, bagusan digitalocean (do) atau vultr?. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, dalam artikel kali ini kang erik coba kupas beberapa head to head masing-masing produk dari berbagai aspek, baik dari segi harga, spesifikasi, lokasi server, dns, support dan sebagainya.

perbandingan vps digitalocean dan vultr

  • Harga

Untuk yang satu ini jelas Vultr yang juara, harga terendah yang ditawarkan vultr adalah $2.5 perbulan untuk VPS dengan ram 512mb. Sedangkan di Digitalocean, VPS terendah dibandrol dengan harga $5 perbulan untuk VPS dengan ram 512mb. Meskipun begitu, VPS Vultr dengan harga murah meriah $2.5 itu sangat terbatas sehingga tdk bisa diorder setiap saat.

  • Spesifikasi

Seperti yang kang erik singgung diatas, dengan harga $2.5, vultr menawarkan VPS dengan ram 512mb yang jika di Dogitalocean VPS dengan spesifikasi tersebut dihargai $5. Dengan demikian untuk urusan spesifikasi tentu Vultr lebih unggul dibandingkan Digitalocean.

  • Lokasi Server

Menurut kang erik, kedua perusahaan tersebut sudah cukup banyak memiliki lokasi server yang berbeda-beda yang mana lokasi-lokasi tersebut merupakan lokasi-lokasi yang biasa dipakai oleh kebanyakan orang. Namun jika dilihat dari jumlahnya, lagi-lagi Vultr jawaranya. Saat ini ada sekitar 15 lokasi server yang bisa dipilih di Vultr dan 8 lokasi server yang bisa dipilih di Digitalocean.

  • I/O Speed

Mereka sama-sama mengakui menggunakan SSD untuk penyimpanan datanya dan sama-sama mengklaim yang tercepat. Tapi berdasarkan test yang kang erik lakukan Vultr memiliki I/O Speed yang lebih baik dari Digitalocean. Untuk lebih jelasnya silahkan dilihat di artikel review kekurangan dan kelebihan VPS Vultr.

  • DNS

Kuduanya menyediakan layanan DNS hosting gratis yang bisa langsung agan sista gunakan. Sejauh pengalaman kang erik menggunakan fitur DNS dari keduanya, kang erik berkesimpulan bahwa DNS dari Digitalocean lebih baik karena propagasinya lebih cepat daripada Vultr. Kang erik sering mengalami masalah propagasi saat menggunakan DNS Vultr.

  • Support

Untuk support kang erik rasa sama saja, keduanya cukup tanggap meskipun tidak terlalu tanggap. Ada kalanya balasan dari support DO lebih cepat dari Vultr dan adakalanya balasan support Vultr lebih cepat. Mungkin ini lebih dipengaruhi oleh kesibukan masing-masing cutomer service saja kalau menurut kang erik.

  • Program Affiliate

Keduanya memiliki program affilate yang cukup menarik. Vultr menawarkan bayaran $10 setiap kali ada yang mendaftar melalui refferal kita sedangkan digitalocean menawarkan $25. Bedanya, komisi Vultr dapat ditarik ke paypal sedangkan digitalocean hanya berbentuk credit account saja.

Demikianlah beberapa perbandingan antara VPS Digitalocean dan Vultr. Kesimpulannya untuk urusan murah, Vultr juaranya, tapi untuk urusan nyaman, itu tergantung masing-masing, Kang erik sendiri hingga saai ini masih merasa lebih nyaman menggunakan Digitalocean daripada Vultr.

Jika ingin mendaftar di Digitalocean silahkan gunakan link ini untuk mendapatkan gratis kredit sebesar $10 setelah agan sista melakukan pembayaran pertama. Atau silahkan gunakan link ini jika agan sista ingin menggunakan VPS Vultr.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE