Daftar 6 Penyedia Layanan DNS Hosting Gratis Terbaik

Meskipun saya sudah membuat artikel tentang cara menghubungkan domain ke IP VPS hosting, tapi tetap saja ada beberapa kawan saya yang masih saja menanyakan bagaimana caranya merubah IP VPS atau hosting menjadi domain. Mudah saja sebenarnya jika anda sudah memahami apa itu DNS serta apa saja macam-macam tipe zone records yang dapat anda gunakan, terutama A (address) records yang bertugas untuk memetakan hostname dengan IP address VPS atau hosting anda.cara mendapatkan dns hosting gratis, menggunakan dns hosting, memakai dns hosting domain, menambahkan domain ke dns hosting, free dns hosting providers

Untuk dapat membuat DNS records tersebut, anda harus memiliki DNS hosting dari pihak ketiga terlebih dahulu. DNS hosting ini digunakan untuk membuat dan menyimpan pengaturan DNS anda. Selain melalui DNS hosting pihak ketiga,  sebenarnya jika anda menggunakan VPS, anda bisa membuat dan menyimpan konfigurasi DNS records anda melalui aplikasi seperti BIND9, NSD dan lain sejenisnya. Namun cara tersebut terbilang lumayan ribet jika dibandingkan dengan menggunakan DNS hosting dari pihak ketiga (Baca : Cara Install dan Konfigurasi DNS Dengan BIND9 di Ubuntu Server).

Ada begitu banyak penyedia DNS hosting yang dapat anda gunakan dari mulai yang berbayar sampai yang DNS hosting yang gratis. Biasanya para penyedia registrasi domain populer seperti Namecheap, Godaddy, Name dan lain-lain menyediakan DNS hosting gratis bagi para pengguna layanan mereka. Selain itu, beberapa penyedia layanan VPS seperti Digitalocean dan Ramnode juga menyediakan layanan DNS hosting yang dapat anda gunakan secara cuma-cuma.

Di luar dari itu banyak juga penyedia layanan DNS hosting gratis yang dapat anda andalkan, seperti cloudflare, hurricane electric, geoscaling dan lain sebagainya. Berikut uraian 6 DNS hosting gratis yang patut anda coba :

  1. Cloudflare
    Cloudflare adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang performa dan keamanan website yang paling saya suka. Selain karen cloudflare menyediakan paket gratis (termasuk DNS hosting gratis), cloudflare juga memberikan layanan CDN yang dapat memaksimalkan dan mempercepat akses terhadap website anda. Selain itu dengan menggunakan CDN, maka anda akan dapat menghemat kuota bandwidth sampai dengan 50%. Saat ini cloudflare memiliki 23 data center yang tersebar diseluruh dunia, termasuk di Singapura.
  2. Namecheap
    Namecheap merupakan salah satu situs tempat registrasi domain terpopuler saat ini juga menyediakan layanan DNS hosting gratis. Untuk mendapatkan layanan gratis ini, anda tidak perlu membeli domain di namecheap, tapi cukup dengan membuat account di namecheap (sign up) lalu anda lakukan proses order FreeDNS dan lakukan perubahan nameservers dengan nameservers yang diinformasikan oleh pihak Namecheap.
  3. Hurricane Electric
    Beralamat di dns.he.net, situs ini menyediakan layanan free DNS hosting dengan fitur yang tak kalah menarik dari penyedia layanan DNS hosting yang lain diantaranya sudah support berbagai macam tipe zone records, support slave, smart mode IPv4 and IPv6 reverse zones  dan yang paling pentingnya satu akun dapat mengatur banyak domain.
  4. Afraid
    Tidak seperti namanya (takut), anda tidak perlu takut untuk mencoba layanan free DNS service dari afraid. Fitur yang terdapat disini terbilang sangat lengkap seperti unlimited domain, URL redirection, IPv6 forward dan reverse, gratis 20 subdomains untuk setiap domain dan fitur menarik lainnya. Anda bisa melihat berbagai fitur yang berlimpah tersebut sekaligus mencobanya langsung di situs freedns.afraid.org.
  5. GeoScaling
    GeoScaling menawarkan pengelolaan DNS secara gratis dengan 3 servernya yang berbeda lokasi, yaitu Paris, Romania dan Dallas. GeoScaling mendukung berbagai tipe zone records, termasuk SRV. Tampilan web pengaturan DNSnya terbilang sederhana, namun sangat mudah untuk dioperasikan dan dipahami oleh pemula sekalipun.
  6. ClouDNS
    Selain menawarkan layanan gratis, ClouDNS juga menawarkan layanan DNS hosting berbayar (Premium), DDoS Protected dan lain-lain. Layanan DNS hosting free hanya memiliki fitur-fitur yang sangat terbatas, seperti 4 DNS servers, 3 DNS zones, 3 mail forwards, unlimited records, dynamic DNS dan web redirects. Untuk mendapat fitur lebih silahkan anda gunakan versi premium dengan harga termurah 2 USD perbulan.

Selain keenam daftar diatas, sebenarnya masih banyak penyedia layanan DNS hosting terbaik dan juga gratis yang dapat anda pilih, seperti pointhq, buddyns, dnsexit, appnor dan lain-lain. Namun dalam artikel ini saya hanya membahas keenam penyedia layanan DNS saja karena saya rasa keenam itulah yang merupakan penyedia layanan DNS hosting gratis terbaik yang pernah saya coba.

 

loading...

Komentar Agan Sista

2 Comments on "Daftar 6 Penyedia Layanan DNS Hosting Gratis Terbaik"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
clickblogz
Pengunjung
9 months 4 days ago

banyak juga ternyata, kirain cuma afraid doang

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126