Cara Setting WordPress Dasar Untuk Pemula

Setelah anda selesai menginstall atau membuat blog wordpress tentu anda bisa saja melakukan banyak hal yang anda suka di blog wordpress anda, anda bisa mulai membuat artikel, mengatur tampilan blog atau menginstall berbagai macam plugin dan lain sebagainya.

Namun alangkah baiknya jika sebelum melakukan semua itu, anda setting wordpress anda terlebih dahulu dengan settingan dasar yang nantinya akan sangat bermanfaat untuk aktifitas blog wordpress anda di masa yang akan datang. setting wordpress

Tidak ada keharusan bahwa hal ini wajib anda lakukan, tapi saya merekomendasikan ini kepada anda, karena saya sendiri telah merasakan manfaat melakukan berbagai pengaturan dasar di wordpress saya selama ini.

  1. Menghapus Hello World
    Wordpress secara otomatis telah memberikan anda satu posting, satu komentar dan satu sample page. Anda bisa menghapusnya untuk mendapatkan kesan yang lebih profesional.
  2. Settings General
    Dalam pengaturan ini anda dapat mengatur site title, tagline dan lain-lain. Berikut adalah pengaturan general yang bisa saya lakukan : settings general wordpress

    • Site Title
      Saya isi dengan title situs yang akan saya buat. Jika saya ingin membuat situs tentang jual baju maka saya memberikan title jual baju. Namun terkadang saya juga mengisi title ini dengan nama situs saya sendiri. Saya juga biasanya mengacuhkan title ini karena saya biasa membuatnya di plugin WordPress SEO by Yoast.
    • Tagline
      Tagline saya isi juga sesuai dengan situs yang saya buat. Contoh jika saya membuat situs jual baju kira-kira saya memberikan tagline seperti situs belanja baju online murah berkualitas dan seterusnya. Tagline ini pada intinya adalah deskripsi dari blog yang anda buat. Jika anda menggunakan WordPress SEO by Yoast anda bisa mengacuhkan ini dan mengisi deskripsi blog anda di plugin tersebut.
    • WordPress adsress dan Site Address
      Saya bisanya isi dengan tambahan www, contoh http://www.dedeerik.com. Anda bisa saja mengisi tanpa www, tapi saya lebih suka menyertakan www supaya terkesan lebih keren dan menurut teman-teman saya lebih SEO Friendly.
    • Time Zone, Time Format, Date Format dan lain-lain
      Nah, untuk pengaturan disini saya rasa anda hanya tinggal menyesuaikannya saja dengan kebutuhan anda, saya tidak akan membahasnya lebih lanjut karena pengaturan tersebut tidak terlalu mendesak.
  3. Settings Writing
    Anda bisa membiarkannya default atau menambah sedikit modifikasi, khususnya pada bagian ping. Ping adalah sebuah metode notifikasi kepada search engines bahwa blog atau website telah terupdate. Pilih salah satu atau beberapa dari daftar berikut ini : 
    Ping Services
  4. Settings Reading
    settings reading wordpress, cara reading wordpressPengaturan disini dikhususkan untuk proses tampilan artikel di situs anda. Anda dapat mengatur  Front Page Displays dengan posting terbaru anda (latest post) atau dengan static page yang anda khususkan. Anda juga dapat mengatur jumlah post yang ingin anda tampilkan di halaman utama (saya biasa mengaturnya 5 post saja), anda dapat pula membiarkan wordpress anda terindeks oleh search engines atau mencegahnya dari indeks search engines. Saya sarankan untuk membiarkannya terindeks oleh search engines supaya wordpress anda banyak dikunjungi, kecuali jika anda hanya membuat wordpress site tersebut sebagai situs pribadi anda.
  5. Settings Discussion
    Tentu bisa saja anda membiarkannya default seperti sediakala, namun tidak menutup kemungkinan jika anda membutuhkan pengaturan lebih lanjut untuk artikel, komentar maupun avatar, anda bisa mengkonfigurasinya disini.
  6. Settings Media
    Media bisa anda biarkan default atau anda settings sesuai keinginan anda. Pada intinya disini anda bisa mengatur size, mengcrop media dengan ukuran yang telah anda tentukan atau membiarkannya original dan menyimpannya kedalam folder dalam bulan dan tahun atau membiarkannya berceceran.
  7. Settings Permalinks
    settings permalinks, permalink wordpress seoPermalinks ini penting, terutama jika anda ingin membuat situs atau blog anda menjadi sakti artinya memiliki nilai SEO yang baik. Jika pada default setting wordpress permalinks menggunakan /?p=123, maka anda harus menggantinya menjadi /sample-post/. Caranya sangat mudah, anda hanya cukup mengganti pilihan default ke post name saja. Dengan pengaturan ini nantinya link postingan anda akan sesuai dengan judul postingan anda.

Secara garis besar, poin-poin tersebut adalah poin dasar dalam mengatur situs wordpress anda. O, ya saya lupa menambahkan tentang adanya masalah pada permalinks. Beberapa teman saya melaporkan ada kendala sesaat setelah menggati permalinks default ke post name, link postingan artikelnya malah error. Solusinya adalah anda harus merubah file .htaccess anda seperi yang diperintahkan saat anda merubah permalinks tersebut. Seperti contoh pada gambar berikut :

htaccess wordpress

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126