Cara Setting Hostname dan FQDN di Ubuntu dan Centos

Hal paling basic yang harus dikuasai oleh pengguna server (VPS) manapun di dunia ini, baik pengguna Linux Ubuntu, Linux Centos ataupun pengguna sistem operasi lainnya adalah mengetahui bagaimana cara membuat, mengedit, merubah serta setting hostname dan Fully Qualified Domain Name (FQDN). Tidak wajib memang, tapi keduanya merupakan dua hal yang sulit dihindarkan pada saat anda mengelola VPS anda untuk berbagai keperluan, seperti pada saat membuat mail server, ftp server, control panel server dan lain sebagainya.cara konfigurasi hostname, cara mengetahui hostname, hostname di linux, hostname di centos, pengertian fqdn, fqdn adalah

Pengertian Hostname dan FQDN

Seperti namanya, hostname (nama host) adalah sebuah nama unik yang dijadikan sebagai nama panggilan bagi suatu komputer dalam suatu jaringan (intranet atau internet). Menurut wikipedia, Nama host atau Hostname adalah nama komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan. Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama.

Jika terjadi penamaan yang sama, maka sistem akan memberitahukan bahwa telah terjadi duplikasi nama. Tapi jika komputer tidak saling terkoneksi ke jaringan memberikan nama komputer yang sama tidak masalah.

Hostname (nama host) hanya terdiri dari hal-hal sebagai berikut:

  • Huruf a sampai z.
  • Angka 0 sampai 9.
  • Tanda penghubung (-)

Hostname merupakan bagian dari Fully Qualified Domain Name (FQDN) atau Nama Lengkap Domain Berkualitas. Fully Qualified Domain Name adalah hostname yang lengkap yang terdiri dari hostname (domain level 3), nama domain (domain level 2) dan jenis kepemilikan (domain level 1). Contoh pada FQDN mail.dedeerik.com, rinciannya adalah sebagai berikut

  • mail sebagai hostname (domain level 3).
  • dedeerik sebagai nama domain (domain level 2).
  • com sebagai jenis kepemilikan, yaitu komersil (domain level 1).

FQDN juga sering disebut sebagai Absolute Domain Name.

Cara Setting Hostname dan FQDN

Berikut ini adalah cara setting Hostname dan Fully Qualified Domain Name atau FQDN di Ubuntu dan Centos :

  • Cek Hostname dan FQDN
    • Cek hostnameBerikan perintah berikut untuk mengetahui hostname di server Ubuntu atau Centos anda :
      hostname

      vps hostname setup, vps hostname change, mengganti hostname vps, hostname di vps, hostname untuk vps, configure server hostname vps, hostname di vps, hostname web hosting vps dedicated server template
      Gambar tersebut menunjukkan bahwa hostname VPS tersebut adalah server.

    • Cek FQDNBerikan command dibawah ini untuk mengetahui FQDN di server Ubuntu atau Centos anda :
      hostname -f

      fqdn adalah, mengganti fqdn di vps, merubah fqdn di centos, mengedit setting fqdn, hostname fqdn linux, change hostname fqdn ubuntu, hostname fqdn ubuntu, set hostname fqdn ubuntu
      Gambar diatas memperlihatkan bahwa FQDN-nya adalah server.ibeka.tk

  • Setting Hostname
    Anda bisa membuat hostname (nama host) apa saja sesuai dengan keinginan anda. Meskipun begitu, ada beberapa nama host yang biasa digunakan oleh pemilik server seperti nama mail, webmail, pbx, web, web1, web2, web3, server, server1, server2, server3 dan sebagainya. Untuk dapat mengatur (setting) hostname server (VPS) Linux Ubuntu maupun Centos, anda bisa gunakan editor seperti vim, vi, nano atau editor lainnya.Dalam artikel ini saya akan menggunakan vim editor, alasannya karena vim editor sudah tersedia secara default dan tidak memerlukan proses instalasi terlebih dahulu. Jika anda ingin menggunakan editor nano, silahkan install nano editor terlebih dahulu di server anda.

    • Perintah untuk setting hostname di Ubuntu :
      sudo vim /etc/hostname

      cara mendapatkan hostname gratis, criar hostname gratis, dyndns hostname gratis, crear hostname gratis, hostname ssh gratis, membuat hostname gratis, daftar hostname gratis

    • Perintah untuk setting hostname di Centos :
      sudo vim /etc/sysconfig/network

      Tekan tombol i untuk melakukan pengeditan. Gunakan panah arah kanan, kiri, atas, bawah di keyboard untuk memindahkan kursor dan silahkan ketikkan nama host yang anda inginkan. Tekan tombol ESC di keyboard, jika anda sudah selesai mengedit atau mengganti hostname dengan nama host yang anda inginkan. Simpan dan exit pengaturan file tersebut dengan mengetik :wq (enter).

    • Restart service hostname dengan command :
      sudo service hostname restart
    • Silahkan cek kembali hostname server anda dengan perintah :
      hostname
  • Cara Setting FQDN (Fully Qualified Domain Name)
    Harap anda ingat bahwa hostname adalah bagian dari FQDN. Jika anda ingin mengatur FQDN, maka anda harus sesuaikan dengan hostname yang anda buat. Selain itu anda juga harus sesuaikan pula dengan nama domain yang anda miliki.
    Baca artikel :

    Untuk mengatur FQDN, silahkan anda masukkan command berikut :

    sudo vim /etc/hosts

    Tekan tombol i pada keyboard seperti biasa untuk dapat mengedit FQDN si server anda. Edit setting FQDN menjadi seperti berikut ini :

    127.0.0.1 localhost.localdomain localhost
    127.0.1.1 hostname.yourdomain.tld hostname
    YourIP hostname.yourdomain.tld hostname

    Ganti hostname dengan nama host anda, yourdomain.tld dengan nama domain anda dan yourip dengan IP server anda. Misalnya :

    127.0.0.1 localhost.localdomain localhost
    127.0.1.1 server.ibeka.ga server
    185.82.201.09 server.ibeka.ga server

    proxy hostname adalah, database hostname adalah, hostname komputer adalah, fungsi hostname adalah, contoh hostname adalah, hostname adalah, pengertian hostname
    Tekan tombol ESC setelah anda selesai melakukan pengeditan, lalu ketikkan :wq dan enter untuk menyimpan pengaturan serta keluar dari file /etc/hosts tersebut.
    Untuk meyakinkan anda apakah Fully Qualified Domain Name (FQDN) sudah berubah atau belum, silahkan anda masukkan kembali command :

    hostname -f

    Jika belum berubah, coba restart server anda terlebih dahulu dengan menggunakan perintah :

    reboot

Demikianlah cara membuat hostname dan Fully Qualified Domain Name (FQDN) di server Ubuntu dan Centos. Jika anda ingin bisa meremote server anda menggunakan FQDN yang sudah anda buat diatas, maka langkah selanjutnya silahkan anda menghubungkan IP server anda ke domain untuk FQDN tersebut pada setting atau konfigurasi DNS anda. Disamping itu, harap pastikan pula bahwa anda sudah menghubungkan IP server anda ke domain tersebut dengan membuat pointer (PTR) record.

 

loading...

Komentar Agan Sista

4 Comments on "Cara Setting Hostname dan FQDN di Ubuntu dan Centos"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
pendidikan
Pengunjung
1 year 5 months ago

ijin bukmark dulu untuk coba entar

Gede
Pengunjung
Gede
11 months 26 days ago

Mas erik setelah saya ikuti instruksi untuk merubah host name di

nano /etc/sysconfig/network
nano /etc/hosts

kemudian restart
sama sekali gak ada perubahan mas, gmna ya??

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126