Cara Serta Syarat Buka Rekening BRI Simpedes

Bank BRI merupakan salah satu bank berplat merah yang terkenal memiliki kantor hingga ke pelosok Nusantara. Produk yang ditawarkannya pun memang menyasar sampai ke pelosok. Salah satu yang terkenal adalah Simpedes (simpanan masyarakat pedesaan). Sedangkan lawannya adalah Simaskot (Simpanan masyarakat kota) yang sekarang berganti menjadi Britama.

Dengan jangkauan layanan yang sampai ke pelosok seperti itulah yang kemudian banyak masyarakat Indonesia menggunakan BRI. Per September 2014 saja, BRI sudah berhasil mendapat 52 juta orang nasabah, setara dengan 20 persen jumlah rakyat Indonesia.

Dalam artikel ini saya akan bahas cara serta syarat buka rekening BRI Simpedes. Untuk produk Britama, pihak bank BRI sendiri membaginya kedalam beberapa jenis, seperti Britama, Britama Bisnis dan Britama Valas. Oleh karena banyaknya jenis tersebut saya akan membahasnya pada artikel lain.cara daftar bri simpeds, cara membuat tabungan bri simpedes, cara mendapat rekening bri simpedes, cara menjadi nasabah bri simpedes, syarat bri simpedes

Simpedes, seperti namanya adalah jenis simpanan dalam bentuk tabungan yang dilayani dari mulai BRI Kantor Cabang Khusus, BRI Kantor Cabang, BRI Kantor Cabang Pembantu, BRI Unit dan Teras BRI.

Teras BRI adalah kantor BRI yang berada dibawah BRI Unit, biasanya teras BRI berada ditempat-tempat yang tidak terlalu ramai, seperti di pusat desa. BRI Unit adalah kantor BRI yang berada di bawah BRI Cabang dan atau berada dibawah BRI Cabang Pembantu. BRI Unit biasanya ada di setiap kota kecamatan atau pusat pendidikan (universitas) dan pusat-pusat kegiatan masyarakat lainnya, sedangkan BRI Cabang biasanya ada di pusat kota/kabupaten. Untuk BRI Cabang Pembantu biasanya berada di kota kecamatan yang sangat ramai di daerah perkotaan.

Syarat pembukaan tabungan BRI Simpedes adalah sebagai berikut :

  • Perorangan
    Syarat pengajuan pembukaan rekening Simpedes untuk perorangan :

    • WNI/WNA.
    • KTP/SIM/Passport (Dengan wilayah domisili yang sama dengan kantor BRI tersebut).
    • KIM/KITAS/KITAP Bagi yang mempunyai KTP berbeda domisili dengan kantor BRI yang bersangkutan).
    • Berusia lebih dari 17 tahun.
  • Badan Usaha
    • AD ART.
    • Akte pendirian.
    • Akte perubahan terakhir.
    • NPWP.
    • Dokumen identitas pengurus.

Harap anda perhatikan domisili KTP anda. Jika KTP anda berdomisili di wilayah kabupaten A, maka anda hanya dapat membuka rekening BRI di kabupaten A tersebut. Jika anda ingin membuka rekening BRI di kabupaten B, sedangkan KTP anda kabupaten A, anda wajib menyertakan surat keterangan domisili dari pejabat setempat (kepala desa) atau surat keterangan dari universitas dan perusahaan tempat anda belajar / bekerja.

Jika syarat-syarat tersebut di atas sudah terpenuhi, silahkan anda pergi ke kantor bank BRI terdekat untuk meminta membuka rekening baru untuk anda. Pastikan anda membawa uang untuk setoran awal minimal Rp. 100.000,00.

Apabila anda merasa bingung dengan pelayanan bank BRI, silahkan anda utarakan maksud anda kepada satpam. Anda biasanya akan diberikan nomor antrian Customer Service (CS). Silahkan anda duduk dengan manis sambil menunggu nomor antrian anda dipanggil.

Setelah anda dipanggil CS, silahkan anda utarakan tujuan anda yaitu membuka rekening baru. Mbak atau mas CS nanti akan menjelaskan berbagai produk tabungan BRI, salah satunya Simpedes. Anda minta saja untuk membukakan tabungan Simpedes ke CS tersebut.

Salah satu keunggulan Simpedes dari jenis simpanan lain di BRI adalah setoran awalnya yang lebih murah. Britama mematok setoran awal sejumlah Rp. 250.000,00. Sedangkan Simpedes hanya 100.000,00 rupiah saja. Selain itu, biaya administrasi bulanannya juga lebih hemat. Simpedes membebankan biaya bulanan Rp. 6.500, sedangkan Britama membebankan biaya 12.000-15.000 rupiah perbulan.

Jika anda ingin membuat kartu ATM BRI sekaligus saat pembukaan rekening, silahkan anda minta ke CS BRI untuk membuatkan kartu ATM, supaya nantinya anda tidak repot harus bulak-balik ke bank lagi hanya untuk membuat kartu ATM. Yang anda harus persiapkan adalah 6 digit angka yang akan anda gunakan sebagai password kartu ATM BRI anda. Harap untuk tidak menggunakan angka tanggal lahir, angka tanggal pernikahan atau angka lain yang sekiranya akan mudah ditebak oleh orang lain.

Kartu ATM tersebut juga yang nantinya dapat digunakan untuk pengaktifan fitur e banking BRI lainnya, seperti internet banking BRI dan SMS banking BRI.

 

NB :

  1. Bagi mahasiswa yang beda domisili (luar kota), selain harus membawa KTP dan surat keterangan aktif kuliah dari kampus bersangkutan, juga harus membawa serta kartu mahasiswanya.
  2. Persiapkan selalu uang lebih untuk berjaga-jaga (sekitar 10-20 ribu) yang mungkin saja anda butuhkan untuk menebus biaya beli materai dan lain sebagainya.
loading...

Komentar Agan Sista

129 Comments on "Cara Serta Syarat Buka Rekening BRI Simpedes"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
antonius
Pengunjung
antonius
1 year 6 months ago

kalo KTP dan kartu mahasiswa ny hilang, bias pake kartu keluarga aja gk?

herliana
Pengunjung
1 year 5 months ago

Kl uda 2 thn tdk menbung trs skr mw nabung lg …bs gk..pa msh aktif tbungan nya

mas ram
Pengunjung
mas ram
1 year 5 months ago

Kalau Bank BRI Ga perlu minta keterangan izin tinggal sementara yg jelas sudah memiliki E-KTP ,sy tinggal di jogya sy buka rek BRI di kalimantan,cuman sobat siapkan photo copy KTP 1 lembar dan photo copy NPWP klw ga ada npwp ga papa..tp sblm anda ke bank alangkah baiknya anda menghubungi call senter bri ter lebih dahu.

evi
Pengunjung
evi
1 year 4 months ago

Kmrin aku nanya sama satpam nya gak bisa cuma e-ktp doang harus ada surat keterangan dari rt bahwa kita tinggal di darerah tersebut

ifah
Pengunjung
ifah
1 year 4 months ago

Mz klo bikin tabungan.e di BRI cabang bisa gx.. trz syarat.a bwa apa aja mf aq baru mw buka soalnya

mandor bogang
Pengunjung
mandor bogang
1 year 4 months ago

Berapa lama atm bisa digunakan setelah dibuat?

mandorbogang
Pengunjung
mandorbogang
1 year 4 months ago

selasa kemarin aku dpt atm, tadi sore saya coba pakai, ternyata keluar kata “transaksi anda tdk dpt diproses”

Intam
Pengunjung
Intam
1 year 4 months ago

Gan mau tanya kalau ktp asli saya rusak gambarnya hilang apakah bisa pakai fc ktp aja ?? Krna saya bgung bca sudah nolak , saya mau buat utk menerima gaji dan harus..

Intan
Pengunjung
Intan
1 year 4 months ago

Mohon infonya yaa gan.. Terimakasih

sgt
Pengunjung
sgt
1 year 3 months ago

gan,kalau bikin rekening pakai ktp yang bukan e-ktp bisa gak gan,soalnya sampai skrng saya belum punya e-ktp..

Puji astutik
Pengunjung
Puji astutik
1 year 3 months ago

Kak bisa nggak buka rekening dari luar negeri?kalau bisa nanti kalau pulang ke indo bisa diambil nggak?

Syarief Purba
Pengunjung
1 year 3 months ago

Gan, bisa tdk buat rekening untuk anak umur 15 tahun atau anak yg belum punya KTP?

monica naharani
Pengunjung
monica naharani
1 year 3 months ago

Bagaimana kalo mau buat rekening tapi e ktp nya belum kluar??

lyndra
Pengunjung
lyndra
1 year 3 months ago

Mas mau tanya klo saya tinggal di kota saya bisa buka bri simpedes gak? Bukan brtitama

Asriye
Pengunjung
Asriye
1 year 2 months ago

Q punya tabungan d bank BRI simpedes.tp dah hampir satu taun gak d isi.
Apa gak papa.krna sekarang Q lgi d Luar negri

fahry syauqien
Pengunjung
fahry syauqien
1 year 2 months ago

kalo buat pelajar setoran awal nya 150rb bisa ngga ?

iqbal supriadi
Pengunjung
iqbal supriadi
1 year 2 months ago

jika saya seorang pelajar
bisa gak buat atm

iqbal supriadi
Pengunjung
iqbal supriadi
1 year 2 months ago

jika saya seorang pelajar bisa gak buat atm

monik
Pengunjung
monik
1 year 1 month ago

Saya sdh punya rekening simpedes..boleh g saya buka rekening simpedes lagi biat anak saya..karena anak saya belum punya npwp..dy baru lulus smk

Ryan bagas
Pengunjung
Ryan bagas
1 year 1 month ago

Kalo buku rekeningnya rusak bisa ganti baru gak ya?

riffa'i
Pengunjung
riffa'i
1 year 1 month ago

Saya juga mnggunakan kartu atm BRI tapi sudah keblokir karena salah memasukkan pin apa masih bisa di aktifkan, mohon penjelasanya

kamaludin
Pengunjung
kamaludin
1 year 1 month ago

boleh nanya gak… klo saya buka tabungan di sumatra apa bisa di gunakan di jawabarat

dibyoharum
Pengunjung
1 year 1 month ago

Mas Bisa Gak buat buku tabungan baru tapi usia saya 15 tahun apa boleh membuat buku tabungan

aris
Pengunjung
1 year 29 days ago

Apakah internet banking bri simpedes bisa di gunakan di luar negeri

Andiichenning
Pengunjung
Andiichenning
1 year 22 days ago

Bisa ga kalo buka tabungan simpedes untuk umur 14?

mahrus
Pengunjung
mahrus
1 year 19 days ago

Aq ingin buka rekening baru tp ak ada di prantawan bisa g ya tp aq udh punya e.ktp

siti
Pengunjung
siti
1 year 16 days ago

Sya ibu rumah tangga,sy pnya ktp lma,tpi msi aktf,bkn e’ktp kya skrg,bsa gk ya buat rkening simpedes yg bru???

yuni
Pengunjung
yuni
1 year 14 days ago

Pmbuatan bku rekening n atm BRI itu bsa lgsung jd kah?atau btuh bbrp hari mas?

El
Pengunjung
El
1 year 12 days ago

Mase saya kan baru bikin atm ya. Apa saya bisa langsung tarik tunai ? Tapi kalo ga bisa walau sudah 24jam gimana ? Thx

fajar
Pengunjung
fajar
1 year 9 days ago

Mas kalo mau buka rekening tapi pake sim bisa ga ?

adriandwi
Pengunjung
adriandwi
1 year 6 days ago

jika ktp saya rusak, lalu dibantu penegasan persyaratannya dengan sim bisa ga mas?

adelia setianingsih
Pengunjung
adelia setianingsih
11 months 25 days ago

Berarti kalo mau buat simpedes, Cuma butuh kira2 RP. 120.000?

Habibi
Pengunjung
Habibi
11 months 22 days ago

Gan,pake kartu pelajar doang bisa nggak ?,umur udh 17 tahun

Khairul Hanif
Pengunjung
Khairul Hanif
11 months 11 days ago

Gan , kalo bukak 2 rekening dengan ktp yang sma di bank yang sama bisa gk ?

anangoppo
Pengunjung
anangoppo
11 months 9 days ago

Gan bisa gak bikin rekening bri tpi E ktp q daerah bikin di kota bisa gk

boy
Pengunjung
boy
11 months 8 days ago

Kalau asli bojonegoro tapi buat atm nya di surabaya bisa ngak

Ommy Han
Pengunjung
11 months 45 minutes ago

tapi kenapa saya buka rekening bank bri menggunakan pasport gak bisa ya

ds
Pengunjung
ds
10 months 28 days ago

Klw mw buka rekening sekaligus sama daftar atm dengan menggunakan KTM aja bisa gk ?

ichwantaufik
Pengunjung
ichwantaufik
10 months 23 days ago

Mas pesaratan bikin atm cuman pake KTPkan? klo ktpnya hilang terus pake sim apa bisa…??

INDRA
Pengunjung
INDRA
10 months 19 days ago

Kalau lupa pin atm nya, dimana ya catatan pin yg dari bank ? Apakah di catatan utang atau dmana ?

fathan shidqi
Pengunjung
fathan shidqi
10 months 12 days ago

Gan sya mw tnya. Klo msalnya kita mndaftar jdi nasabah BRI dikota A. trus kita nbungnya di BRI kota B. bsa pa ngga.?

ilham
Pengunjung
ilham
8 months 17 days ago

Min …. Kan ktp saya beda domisili cara ngurus KIM gimana min ?

Sinta Dwiyanti
Pengunjung
Sinta Dwiyanti
8 months 11 days ago

Kalo sudah punya atm bri britma . Tapi mau bikin atm bri simpedes bisa gak?

Kriss
Pengunjung
Kriss
7 months 26 days ago

Bisa ngga buat rekening dgn 2 nama di simpedes?

ulil absor
Pengunjung
ulil absor
7 months 21 days ago

Kalau pake ,kartu lain selain ktp bisa gk ya,misal kartu indonesia sehat bisa gk

Farul
Pengunjung
Farul
7 months 20 days ago

saya punya ktp makasar tapi sekarang saya ada di surabaya saya mau buka rekening disini apa bisa

Febry Yani
Pengunjung
Febry Yani
7 months 18 days ago

Kl pake paspor TKI gmn bs g y ???

Eko
Pengunjung
Eko
7 months 7 days ago

Mau tanya gan, saya sudah punya nomor rekeningnya tp blm punya atm, apa bisa minta atm di lain kota selain di kota yg sesuai ktp, thanks

Hadi F
Pengunjung
Hadi F
6 months 28 days ago

Apakah tiap setor uang dgn slip penyetoran ke rekening bri kita lewat teller bri di tempat pembukaan rekening dgn membawa buku tabungan apa kena biaya?

Peking
Pengunjung
Peking
5 months 20 days ago

Bolehkah membuka rekening bri di waklilkan?

faza
Pengunjung
faza
5 months 11 days ago

Mas kalau baru buat rekening baru dan langsung buat transfer belum 24 jam gimana ? bisa ngga ?

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126