Cara Mudah Memperpanjang Domain di Namecheap

Memperpanjang domain bukanlah hal yang aneh yang dilakukan oleh seorang webmaster. Anda sebagai seorang webmaster tentu saja dituntut untuk bisa memperpanjang domain anda sendiri, karena domain yang anda beli di situs penyedia domain manapun memiliki masa aktif tertentu, apakah itu bulanan, caturwulanan, kuartalan, semesteran, tahunan, dua tahunan dan sebagainya yang pada intinya domain tersebut memiliki usia yang dibatasi.

Tentu anda pasti tidak akan mau jika domain yang sudah menjadi brand anda di dunia maya, yang sudah anda urus dari nol, yang sudah anda berikan banyak backlink berkualitas, yang sudah anda rampingkan rangking alexanya dan sudah anda naikan PA dan DAnya dengan susah payah tersebut tiba-tiba harus anda ikhlaskan kepergiannya hanya gara-gara anda tidak tahu bagaimana cara memperpanjang domainnya kan?

Oleh karena itu kali ini saya akan share cara memperpanjang domain di namecheap. Kenapa namecheap yang saya pilih? Karena saya sendiri mendaftarkan domain saya disana, jadi sekalian berbagi pengalaman saja. 😀 Untuk perpanjangan di godaddy, domain, register dan situs pendaftaran domain lainnya, saya akan bahas dilain kesempatan. :)cara perpanjang domain di namecheap, memperpanjang domain lama, perpanjang domain pandi

Di namecheap, anda dapat renew domian atau perpanjang domain anda secara manual dan secara otomatis. Secara manual maksudnya, anda diharuskan melakukan berbagai tahapan pembayaran untuk merenew domain anda pada saat akan habis masa aktif atau sesudah habis masa aktif. Sedangkan renew domain otomatis, anda siapkan kartu kredit/debit atau balance namecheap anda dan set auto renew, maka anda tidak perlu lagi melewati tahapan pembayaran tersebut. Anda bisa duduk manis dengan santainya dan tidak perlu khawatir akan masa aktif domain anda, karena setiap masa aktifnya habis maka domain anda otomatis akan diperpanjang.

Perpanjang Domain Namecheap Secara Manual

Untuk melakukan renew domain di namecheap secara manual, ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Login ke account namecheap anda.
  2. Di Menu My Account silahkan pilih Manage Domains.mengatasi telat memperpanjang domain, domain telat diperpanjang
  3. Klik pada domian yang akan anda renew. (Jika domain anda akan expire kurang dari 30 hari biasanya ada tanda yang diberikan, klik saja tanda tersebut untuk proses selanjutnya).harga perpanjang domain, diskon memperpanjang domain
  4. Temukan tulisan ‘add more years to domain’, biasanya letaknya disebelah kiri bawah.perpanjang domain tld, perpanjang domain indonesia, nama domain murah
  5. Jika ada pop up notifikasi klik saja ok dan silahkan pilih jumlah tahun untuk merenew domain anda.
  6. Selanjutnya anda bisa masukan coupon code namecheap jika ada dan silahkan klik checkout untuk proses pembayaran.mendapat kupon domain, kupon namecheap perpanjangan
  7. Masa aktif akan bertambah setelah anda berhasil melakukan pembayaran.

Jika domain anda sudah expired, biasanya pihak namecheap memberikan waktu selama 27 hari untuk mengaktifkannya kembali. Berikut adalah cara reactive domain di namecheap :

  1. Sign in seperti biasa ke account namecheap anda.
  2. Pilih Menu My Account dan klik Manage Domains.
  3. Di sebelah kiri ada pilihan reactive domains, klik saja itu.mengaktifkan domain, reactive domain expired
  4. Pilih domain yang akan direactive kemudian klik add to cart.
  5. Selanjutnya silahkan proses checkout dan lakukan pembayaran seperti biasa.
  6. Selamat domain anda aktif kembali.

Catatan : Domain yang sudah exipred tersebut hanya bisa direactive untuk satu tahun saja, jadi tidak bisa dua tahun lebih seperti yang dapat dilakukan pada saat perpanjangan domain sebelum expired.

Auto Renew Domain di Namecheap

Selain dengan cara manual seperti diatas, anda juga bisa mengaktifkan auto renew supaya domain anda otomatis diperpanjang. Untuk melakukan auto renew anda hanya perlu mengisi balance namecheap anda secukupnya sesuai dengan harga domain anda atau anda juga dapat menghubungkannya ke kartu kredit atau kartu debit sehingga nanti setiap domain anda habis masa aktifnya, pihak namecheap akan langsung mengambil dana dari kartu kredit atau debit anda.

Untuk menambah balance di akun namecheap anda, anda bisa dapatkan dari hasil jual domain di namecheap, penambahan dari bitcoin, paypal, google wallet, dwolla atau anda tambahkan dari kartu debit/kredit anda.

  1. Setelah anda login ke akun namecheap anda, silahkan klik Menu My Account dan pilihlah Add Funds.memeperbaharui domain, merenew domain namecheap
  2. Silahkan pilih metode penambahan balance, baik melalui bitcoin, paypal, google wallet atau yang lainnya.menambah saldo namecheap, cara mendapat uang namecheap

Sedangkan untuk mengatur auto renew domain di namecheap, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Kembali ke My Account dan Manage Domains.
  2. Pilih domain yang akan anda buat auto renew.
  3. Disebelah kiri ada pilihan auto renew, klik saja. cara mengatur domain namecheap, setting domain di namecheap
  4. Pilih enable di auto renewal for this domain dan auto renewal for WHOISGUARD.
  5. Save Changes. auto renew domain di namecheap, memperpanjang otomatis domain namecheap, bayar domain otomatis
  6. Selanjutnya jika anda belum melakukan pengaturan kartu kredit atau kartu debitnya silahkan klik Manage credit / debit cards.
  7. Pilih Add new card dan silahkan isi data-data kartu kredit atau kartu debit anda. Lalu save card.

Perlu diperhatikan bahwa untuk kartu debit bank Indonesia kemungkinan besar tidak akan bisa digunakan untuk melakukan auto renew domain di namecheap. Anda bisa menggunakan kartu debit dari bank luar negeri atau dengan kartu debit payoneer.

 

loading...

Komentar Agan Sista

2 Comments on "Cara Mudah Memperpanjang Domain di Namecheap"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Iqbal Iqbal
Pengunjung
Iqbal Iqbal
11 months 14 days ago

bang klo akunnya lupa gimana mo perpanjang

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126