Cara Mudah Membuat Website Sendiri Secara Gratis

Cara Mudah Membuat Website Sendiri Secara Gratis – Pertumbuhan website dari tahun ketahun semakin berkembang dengan pesat, bahkan pada bulan September 2014, jumlah total website yang aktif di dunia ini mencapai rekor tertingginya sampai dengan 1 miliar website. Meskipun beberapa bulan kemudian jumlah ini menurun sedikit dibawah satu miliar, tapi diprediksi akan kembali menyentuh angka 1 miliar lebih di tahun 2015 dan akan stabil diatas angka 1 miliar pada tahun 2016. (sumber : NetCraft).

Pertumbuhan tersebut tentu bukan merupakan hal yang mengejutkan, karena seperti yang anda tahu, belakangan ini orang-orang semakin giat membuat website, baik untuk pribadi maupun kelompok, baik untuk keperluan pembuatan toko online, blog, forum, portal, profile atau keperluan lainnya.langkah langkah membuat website, belajar website, pembuatan website profesional, web murah, hosting gratis, cara membuat situs web, cara membuat web, cara membuat website pribadi, bagaimana cara membuat website, cara pembuatan website, cara buat website gratis, cara membuat website gratis, cara bikin website

Selain itu, keinginan untuk membuat website juga semakin dipermudah dengan gampangnya orang mendapatkan domain serta mudahnya mendapatkan hosting (gratis atau berbayar) yang merupakan syarat utama untuk bisa membuat website sendiri.

Dengan mudahnya orang mendapatkan domain dan hosting yang menjadi syarat untuk membuat website, tentu saja akan semakin banyak website baru yang dibuat setiap harinya. Ditambah lagi saat ini sudah tersedia banyak sekali Content Managent System (CMS) gratis maupun berbayar yang semakin memudahkan siapapun untuk mengelola website, tanpa perlu pemahaman mendalam dalam bahasa pemrograman web (HTML, PHP, CSS, JavaScript dan sebagainya).

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Website Gratis?

Dari pemaparan diatas, anda tentu sudah mengetahui bahwa syarat utama pembuatan website (online) adalah domain dan hosting. Domain digunakan untuk menerjemahkan alamat IP sekaligus sebagai tanda pengenal (brand) situs anda, sedangkan hosting digunakan sebagai tempat penyimpanan file-file website yang anda miliki.

Untuk bisa membuat website secara gratis, tentu saja anda harus mendapatkan domain dan hosting secara gratis, ditambah Content Management System (CMS) gratis seperti wordpress, joomla, drupal dan sebagainya apabila anda ingin membangun website melalui CMS.

Cara Mendapatkan Domain Gratis

Saat ini banyak sekali penyedia domain gratis yang bisa anda gunakan, seperti freenom (dot ga, dot ml, dot tk dan dot cf) atau uni.me (Baca : Cara Daftar Domain Gratis). Mereka menyediakan domain gratis yang dapat anda pilih, meskipun tidak menggunakan TLD (Top Level Domain) yang biasa anda kenal seperti dot com, dot net, dot org, dot info dan sebagainya. Meskipun demikian, saya rasa domain-domain itu cukup baik dan mumpuni, apalagi jika anda memang benar-benar tidak mau mengeluarkan uang sepeserpun untuk pembuatan website anda.

Jika anda ingin mendapatkan nama domain dengan menggunakan TLD seperti dot com, dot net dan sejenisnya, anda bisa mendaftarkan domain yang anda inginkan di situs-situs registrasi domain terkenal seperti namecheap dan godaddy. Anda bisa mencari coupon code terlebih dahulu, supaya anda bisa mendapatkan diskon atau penawaran harga yang lebih murah.

Untuk domain lokal Indonesia (id), saya sendiri belum pernah menemukan tempat registrasi domain lokal yang benar-benar menawarkan layanan domain gratis. Beberapa situs lokal memang ada yang menyediakan promo atau undian mendapatkan domain Indonesia gratis, seperti niagahoster.co.id.

Namun, seperti yang anda tahu bahwa undian itu tidak dapat diandalkan sepenuhnya. Saran saya, jika anda ingin menggunakan domain lokal Indonesia, anda bisa sisihkan sedikit uang jajan anda dan carilah situs penyedia domain lokal yang paling pas untuk kantong anda. (Baca : Cara Membeli Nama Domain Indonesia).

Cara Mendapatkan Hosting Gratis

Hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file website anda, supaya website bisa tampil di internet. Sebagaimana anda ketahui bahwa untuk membuat website, anda haruslah sudah memiliki file-file website anda, baik itu file dalam bentuk bahasa-bahasa PHP, HTML, CSS dan sejenisnya atau file biasa dalam bentuk gambar, video, musik dan lain sebagainya.

Sebagaimana domain, hosting juga ada yang bersifat gratis dan ada pula yang berbayar. Jika anda pernah membuat (mendaftar) di layanan blogspot atau wordpress.com, anda sebenarnya sudah menggunakan layanan hosting gratis yang mereka berikan. Namun, tentu saja layanan dari mereka sangat dibatasi dan anda tidak bisa mengatur situs anda dengan leluasa, kecuali anda mengupgrade paket hosting anda ke paket yang berbayar tentunya.

Anda bisa mencoba layanan hosting gratis dari 000webhost.com apabila anda ingin memiliki fleksibelitas yang lebih baik dibandingkan dengan blogspot atau wordpress.com. 000webhost.com adalah salah satu penyedia hosting gratis yang sudah cukup terkenal dan sudah mensupport PHP dan MySQL.

Jika anda mau mengeluarkan sedikit uang anda, anda bisa juga mencoba layanan hosting dari hostgator. Hostgator merupakan perusahaan hosting yang sudah sangat mumpuni dan terkenal saat ini yang sedang memberikan promosi layanan hosting 0.01 dollar saja untuk satu bulan pertama. Anda bisa mencoba layanan hosting hostgator dengan segudang fitur yang sangat menarik dan layanan yang sangat professional. Jika anda merasa tidak puas dengan layanan mereka, anda bahkan bisa mendapatkan garansi uang anda kembali sebelum 45 hari. Sungguh sangat mengagumkan bukan?.

Bagi anda yang ingin mencoba menggunakan hosting murah dari hostgator, anda bisa mengunjungi website hostgator dan gunakan kode kupon PROMOSI001 saat melakukan order hosting. Harga 0.01 USD hanya berlaku untuk paket hatchling plan dan baby plan. Untuk business plan anda akan mendapatkan potongan harga 9.94 USD.

Alternetif lain adalah dengan menggunakan VPS atau Dedicated Server. Biasanya ada penyedia VPS yang menyediakan masa trial (gratis) beberapa hari bahkan bulan (Baca : Cara Mendapatkan VPS Gratis Digitalocean). Hanya saja, biasanya VPS yang menyediakan layanan gratis seperti ini adalah VPS yang unmanaged, artinya anda perlu kerja dan pengetahuan lebih untuk menginstall aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dalam membuat sebuah website melalui VPS (Baca : Cara Membuat Website Menggunakan VPS Linux). Sedangkan untuk Dedicated Server sendiri, sampai detik ini saya belum pernah menemukan Dedicated Server gratis.

Content Management System Gratis

CMS ini hanya sebagai tambahan saja, apabila anda kurang memahami bahasa-bahasa pemrograman. Saat ini banyak sekali CMS gratis yang dapat anda pilih semau anda. WordPress (wordpress.org), Drupal dan Joomla adalah 3 dari sekian banyak CMS gratis yang paling banyak digunakan pada saat ini. Jika anda benar-benar ingin membuat website dengan sangat mudah, maka CMS adalah jawabannya.

Content Management System ini biasanya sudah disediakan oleh penyedia layanan hosting. Anda hanya perlu menginstallnya saja dengan sangat mudah, karena biasanya para penyedia hosting professional sudah menyertakan banyak sekali paket instalasi (termasuk CMS) yang bisa anda install hanya dengan sekali klik saja.

Beda halnya jika anda menggunakan VPS unmanaged, anda perlu meendownload lalu menginstall CMS yang anda inginkan secara manual. Anda bisa temukan tutorial cara install CMS seperti wordpress dan joomla di artikel lain dalam blog ini.

Secara teori sebenarnya hanya itu saja yang perlu anda perhatikan saat ingin membuat website gratis. Domain gratis dan hosting gratis adalah syarat multak yang harus anda peroleh jika anda ingin membangun web tanpa biaya sepeser pun. Untuk hal-hal teknis tentang cara membuat website sendiri dengan gratis, akan saya bahas di artikel lainnya.

Saran saya, jika anda ingin membuat website yang sangat professional, sebaiknya anda persiapkan juga dana yang dibutuhkan. Website yang professional sangat dibutuhkan jika anda ingin membangun bisnis anda secara online, baik bisnis online shop, affiliate program dan lain sebagainya. Website yang professional selain mendatangkan trust bagi pengunjung juga akan memudahkan anda dalam membangun brand secara online. 

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126