Cara Mudah Belajar VPS Linux Untuk Pemula

Virtual Private Server (VPS) Linux belakangan semakin menjadi primadona banyak orang dari berbagai kalangan, seperti dari kalangan para pembuat web (web master) dan pengguna virtual private network (VPN). Hal itu tidak lepas disebabkan oleh banyaknya fungsi VPS Linux yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, dari mulai web server, mail server, dns server, ftp server, ssh server, vpn server dan masih banyak keperluan lain yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

Oleh karena alasan itu pula-lah belakangan ini banyak sekali orang yang penasaran dengan VPS, ingin mencoba mempelajari dan mencoba menggunakan VPS. Meskipun demikian, tidak sedikit pula orang yang ragu untuk mencoba mempelajari dan menggunakan VPS karena takut salah langkah, takut error dan ketakutan-ketakutan lain yang disebabkan karena kekurangtahuan terhadap VPS itu sendiri.belajar vps linux, cara mempelajari vps,  menguasai vps linux,

Belajar VPS linux itu sebenarnya sangatlah mudah, asalkan anda tahu bagaimana struktur linux dan apa saja perintah-perintah (command) yang biasa digunakan di linux. Kedua hal tersebut adalah kunci utama untuk menguasai linux, termasuk VPS linux, karena pada intinya VPS linux adalah VPS yang menggunakan sistem operasi linux (baik distro Debian, CentOS atau distro linux lainnya). Jadi sebelum anda menggunakan VPS linux, ada baiknya anda mengerti dan memahami linux terlebih dahulu.

Lalu bagaimana jika belum pernah menggunakan linux sama sekali, apakah bisa belajar dan menggunakan VPS linux?

Tentu saja bisa, asalkan ada kemauan yang keras, pasti akan selalu ada jalan untuk meraihnya. Berikut ini adalah cara belajar VPS paling efektif untuk pemula sekalipun menurut pengalaman saya selama ini :

  • Mulai dengan Memakai Linux Desktop
    Belajar VPS linux sama dengan belajar linux server. Untuk mempelajari linux server, saya sarankan anda untuk mempelajari linux desktop terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya anda dapat mempelajari dasar-dasar linux yang akan sangat berguna pada saat anda menggunakan linux server atau VPS linux nantinya.Untuk mempelajari linux desktop, silahkan anda mulai dengan install linux desktop dengan distro apa saja yang anda suka di laptop atau PC anda. Jika anda bingung dalam memilih distro linux, maka sebaiknya anda gunakan distro linux yang lebih mudah digunakan atau familiar seperti Linux Mint atau Ubuntu.
  • Bergabung dengan Forum dan Grup
    Diluar sana banyak sekali forum-forum dan grup-grup yang khusus mempelajari Linux dan VPS. Anda bisa bergabung di forum seperti webhostingtalk, lowendtalk, diskusiwebhosting dan grup-grup yang tersebar di berbagai media sosial seperti facebook, google plus dan lain sebagainya.Dengan bergabung di banyak forum dan grup, anda bisa saling bertukar pikiran, saling membantu dan saling berbagi ilmu antara member yang satu dengan member lainya. Jangan sungkan untuk bertanya dan silahkan anda tambahkan beberapa teman yang anda anggap paling senior dan terlihat sangat peduli dengan member lainnya.
  • Googling dan Kunjungi Blog
    Siapa yang tidak kenal dengan search engine google. Search engine terbesar di Dunia ini memang banyak membantu banyak orang untuk menemukan apapun yang mereka cari. Begitu halnya dengan belajar VPS, anda bisa mencari banyak sekali artikel yang berhubungan dengan VPS, baik artikel tentang cara menggunakan VPS, cara install dan konfigurasi berbagai macam aplikasi di VPS, maupun hal-hal lain yang masih berhubungan dengan VPS.Jika anda menemukan blog atau situs yang membahas tentang VPS yang dapat membantu anda dalam mempelajari VPS, silahkan anda bookmark halaman tersebut, agar apabila anda lupa, anda bisa kembali membuka halaman situs tersebut dengan mudah.
  • Beli Buku atau ebook
    Belum banyak buku yang membahas tentang VPS Linux, tapi anda bisa mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan VPS linux seperti buku-buku Linux System Administrator, buku distro-distro linux seperti Debian, Ubuntu, Mint, Centos, Fedora dan lain sebagainya serta buku-buku linux lainnya. Jika anda malas mencari buku di toko buku, anda bisa download gratis atau membeli ebook dari para senior VPS.

Disamping keempat point diatas, anda juga wajib membulatkan tekad anda untuk terus belajar dan belajar. Jika gagal, janganlah mudah untuk menyerah dan jika sukses tetaplah rendah hati dan jangan cepat puas dengan hasil yang didapatkan. Terus mencoba dan mencoba adalah kunci sukses belajar VPS Linux.

Jika kesemua point diatas ditambah niat yang mantap dan kemauan yang keras untuk selalu mencoba, maka saya sangat yakin, anda akan bisa menguasai dan menggunakan VPS linux sesuai dengan kebutuhan anda hanya dengan hitungan hari saja.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126