Cara Merubah Port Apache Debian dan Ubuntu

Sejatinya port default apache adalah port 80. Namun, karena berbagai alasan yang mungkin timbul dikemudian hari, bisa saja anda merubah port apache default tersebut ke port lain yang lebih sesuai. Saya sendiri biasanya merubah port apache di vps saya pada saat ada trik internet gratis yang mengharuskan saya menjalankan port 80 untuk aplikasi lain seperti squid dan openssh ataupun pada saat saya ingin menggunakan web server lain yang berjalan di port 80 seperti nginx, litespeed dan lain-lain. Dalam hal ini, merubah port apache tentu saja sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya bentrokan penggunaan  satu port dengan 2 macam aplikasi yang berbeda.

mengganti port apache debian, merubah port apache ubuntu, mengganti port apache default, merubah port web server apache

Jika anda tidak lagi membutuhkan aplikasi web server apache di server anda, tentu saja anda dapat menghapus atau uninstall aplikasinya secara langsung. Namun, jika anda masih membutuhkannya atau untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan dikemudian hari, maka opsi yang paling tepat adalah merubah atau mengganti port default apache tersebut.

Dalam postingan kali ini sengaja saya beri judul “cara merubah port apache debian / ubuntu “. Alasannya supaya lebih hemat postingan dan supaya lebih mengena bagi anda yang sedang mencari cara untuk merubah port apache di debian maupun di ubuntu, karena cara merubah port apache keduanya tidak ada yang berbeda.

Berikut adalah cara merubah port apache debian / ubuntu :

  1. Login ke vps anda seperti biasa dengan ssh client putty atau yang lainnya.
  2. Masukan command berikut ini
    nano /etc/apache2/ports.conf

    Atau

    sudo nano /etc/apache2/ports.conf

    Anda bisa menggunakan editor, vi, vim atau editor yang lainnya jika tidak terbiasa menggunakan nano editor. Jika belum install nano editor silahkan anda lihat panduannya disini.

  3. Lihat pada gambar dibawah ini, saya merubah port apache ke port 81. Silahkan sesuaikan jika anda ingin merubahnya ke port lain. Harap diperhatikan pula bahwa jika anda sudah menginstall control panel mungkin ada sedikit perbedaan, namun tetap saja listennya bisa anda rubah ke port yang anda inginkan. Anda juga bisa menambahkan lebih dari satu port disana, misalkan port 8010 dengan port 81.port apache webserver, apache2 debian
  4.  Save dan exit dengan ctrl+x atau silahkan sesuaikan dengan editor yang anda gunakan.
  5. Restart apache 2 webserver dengan command :
    /etc/init.d/apache2 restart

    Atau

    sudo /etc/init.d/apache2 restart
  6. Untuk memastikan apakah apache anda sudah berjalan di port yang anda atur atau belum silahkan ketik command berikut :
    netstat -tulpn | grep :81

    Angka 81 silahkan anda sesuaikan dengan port apache yang tadi anda masukan. Contoh outputnya adalah sebagai berikut :

    tcp6       0      0 :::81                   :::*                    LISTEN

 

Demikianlah cara mudah merubah port apache di debian atau ubuntu. Jika anda ingin menghapus apache silahkan ikuti tutorial berikut :

  1. Stop service apache2 terlebih dahulu
    sudo service apache2 stop
  2. Remove apache2
    sudo apt-get purge apache2 apache2-utils apache2.2-bin apache2-common
    sudo apt-get autoremove

     

Beberapa teman saya pernah bertanya, apakah dengan menghapus apache2 atau menstop service apache2 itu akan berakibat webmin control panel tidak dapat diakses? Jawabannya adalah tidak. Webmin akan tetap bisa diakses, meskipun tanpa web server apache sekalipun.

loading...

Komentar Agan Sista

4 Comments on "Cara Merubah Port Apache Debian dan Ubuntu"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
udi
Pengunjung
1 year 7 months ago
Halo Gan, Salam kenal. Terimakasih tutorialnya. Saya ada masalah port juga nih. Cara agan di atas sudah saya praktekan, tapi masih belum bisa selesai. Kalau apache2 saya start, hasilnya seperti ini : * Starting web server apache2 (98)Address already in use: make_sock: could not bind to address 0.0.0.0:80 no listening sockets available, shutting down Unable to open logs Action ‘start’ failed. The Apache error log may have more information. Mohon bantuannya ya Gan, bagaimana menyelesaikan masalah ini?
wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126