Cara Mengganti Port Apache HTTPD di VPS Centos

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya dalam postingan saya tentang cara merubah port apache di VPS Debian atau Ubuntu bahwa terkadang kita sebagai pengelola VPS harus mengganti port apache httpd ke port lain karena adanya aplikasi yang harus berjalan di port 80 misalnya nginx atau ssh. Dalam VPS linux, biasanya httpd merupakan aplikasi default yang sudah dapat digunakan tanpa perlu diinstall secara manual terlebih dahulu.

Karena aplikasi apache httpd ini sudah tersedia secara default, maka jika anda tidak membutuhkannya silahkan saja anda hapus atau anda stop saja karena tentu hal ini akan dapat menimalisir penggunaan RAM VPS anda. merubah port httpd centos, mengganti apache centos, menghapus apache vps centosNamun jika sekiranya anda masih membutuhkannya namun hanya ingin di rubah portnya saja, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan anda login terlebih dahulu ke VPS dengan menggunakan SSH client seperti putty.
  2. Rubah default port apache yang terletak di /etc/httpd/conf/httpd.conf dengan menggunakan editor yang biasa anda gunakan. Saya contohkan menggunakan nano editor:
    nano /etc/httpd/conf/httpd.conf
  3. Temukan baris berikut ini :
    Listen 80
  4. Rubah angka 80 ke angka berapapun yang anda inginkan. Karena disini saya ingin merubah port 80 ke port 81 maka saya ganti angka 80 menjadi 81.
  5. Jika anda menginginkan httpd apache anda berjalan di lebih dari satu port silahkan tambahkan baris listen tersebut dan angka port yang anda inginkan. Contoh ingin menjalankan httpd berjalan di port 80 dan 81, maka pengaturannya seperti berikut :
    Listen 80
    Listen 81
  6. Langkah terakhir silahkan anda restart service apache httpd anda dengan command :
    /etc/init.d/httpd restart

Langkah-langkah di atas dapat anda peraktekan di semua sistem oprasi linux centos, baik yang menggunakan centos 5, centos 6 maupun centos 7. Selanjutnya untuk mengakses halaman situs yang sudah dirubah port httpd-nya, anda perlu menambahkan :port dibelakang IP atau domain yang anda miliki. Contoh, jika tadi anda merubah port 80 ke port 81, maka saat anda ingin mengakses halaman situs anda, anda harus mengetikan domainanda.com:81 di browser anda.

Apabila anda ingin menstop service httpd anda, silahkan lakukan melalui perintah :

service httpd stop

Jika anda ingin menghapus program httpd anda, silahkan lakukan dengan command :

yum remove httpd

 

loading...
Tags:

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126