Cara Mengganti Kartu ATM Rusak, Hilang dan Tertelan

Cara Mengganti Kartu ATM Rusak, Hilang dan Tertelan – Ada-ada saja nasib kartu ATM yang biasa digunakan sehari-hari, terkadang ada yang hilang, rusak, tertelan mesin atau bahkan kadaluarsa (masa aktifnya habis). Jika sudah seperti itu tentu saja agan sista harus bisa meluangkan waktu untuk datang ke Bank untuk mengganti kartu ATM tersebut dengan kartu ATM yang baru. Proses penggantian kartu ATM ini memang tidak lama, tetapi agan sista harus menyiapkan beberapa persyaratan serta uang untuk membayar biaya penggantian kartu ATM tersebut.

Perlu agan sista ketahui bahwa rata-rata bank-bank yang beroperasi di Indonesia menerapkan cara serta biaya penggantian kartu ATM yang berbeda-beda sesuai dengan alasan penggantian kartu ATM, apakah karena hilang, kadaluarsa, rusak (patah) atau tertelan oleh mesin ATM.

kartu atm hilang, kartu atm rusak, kartu atm dicuri, kartu atm kadaluarsa, kartu atm tertelan, ganti kartu atm

Meskipun demikian, agan sista tidak perlu khawatir karena persyaratan dokumennya biasanya tidak terlalu ribet dan biaya penggantian kartu ATMnya juga tidak terlalu mahal, yah kira-kira sekitar 20-30 ribu rupiah saja.

Baca Juga : Cara Mengganti Buku Tabungan Hilang di Semua Bank

Berikut adalah cara mengganti kartu ATM rusak, hilang, tertelan dan kadaluarsa di semua bank di Indonesia :

Silahkan agan sista bawa persyaratan-persyaratan berikut ini sebelum datang ke kantor Bank :

  • Kartu Identitas Asli (KTP).
  • Buku Tabungan.
  • Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian (Jika kartu ATM hilang).
  • Jika kartu ATM rusak atau kadaluarsa, bawa serta kartu ATM yang rusak atau kadaluarsa tersebut.

Persyaratan dokumen diatas berlaku untuk semua nasabah di seluruh bank yang ada di Indonesia. Meskipun demikian, beberapa bank seperti bank BCA sudah tidak meminta surat keterangan kehilangan dari kepolisian jika agan sista kehilangan kartu ATM. Silahkan datang saja langsung ke kantor BCA dengan membawa buku tabungan serta kartu identitas (KTP).

Adapun biaya penggantian kartu ATM rusak, hilang, tertelan atau kadaluarsa bisanya juga disesuaikan dengan jenis kartu ATM yang agan sista gunakan. Misalnya untuk penggantian kartu ATM jenis silver di bank BCA dikenakan biaya Rp. 10.000,- Gold sebesar Rp. 15.000,- dan Platinum sebesar Rp. 20.000,-

Jika agan sista tidak mengetahui berapa biaya pembuatan kartu ATM di bank tersebut, silahkan agan sista bawa uang sekitar 20 atau 30 ribu saja. Di beberapa bank biaya penggantian kartu ATM ini juga dapat dipotong langsung dari saldo tabungan, tapi alangkah baiknya jika agan sista bawa saja uang untuk berjaga-jaga.

Oh iya, penggantian kartu ATM ini dapat dilakukan di kantor Bank tempat agan sista membuka rekening atau kantor bank yang berada di atasnya. Maksudnya jika agan sista membuka rekening di kantor unit, maka agan sista bisa mengganti kartu ATM tersebut di kantor unit yang bersangkutan, kantor cabang pembantu atau di kantor cabang. Sedangkan jika agan sista membuat kartu ATM membuka rekening di kantor cabang pembantu, agan sista bisa mengganti kartu ATM di kantor cabang pembantu yang bersangkutan atau di kantor cabang.

Perhatikan susunan hierarki sebagai berikut :

  1. Kantor Cabang
  2. Kantor Cabang Pembantu
  3. Kantor Unit
  4. Kantor Kas

Demikianlah cara mengganti kartu ATM rusak, hilang, tertelan serta kadaluarsa yang dapat kang erik sampaikan. Intinya, pergantian kartu ATM dapat dilakukan di kantor bank tempat membuka rekening atau kantor bank diatasnya dengan sistem hierarki yang kang erik jelaskan diatas. Silahkan bawa persyaratan dokumen serta biaya pergantian kartu ATM sebelum datang ke kantor bank yang dimaksud.

Sekedar tambahan, agan sista juga dapat mengganti kartu ATM untuk melakukan upgrade atau downgrade jenis kartu ATM. Misalnya dari kartu ATM jenis silver, ingin di upgrade ke kartu ATM jenis Gold atau Platinum dan sebaliknya.

Baca Juga : Perbedaan Kartu ATM BCA Silver Gold dan Platinum

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126