id-winherba.com

Cara Mengetahui Ukuran File, Direktori dan Kapasitas Disk Linux

Mengetahui ukuran file atau direktori serta kapasitas hardisk (HDD) yang sudah digunakan dan kapasitas harddisk yang masih tersedia merupakan hal basic yang penting anda kuasai pada saat anda menggunakan sistem operasi apapun, baik Linux, Windows, Mac OSX, Android atau sitem operasi lainnya.

Dengan mengetahui ukuran file atau direktori beserta kapasitas harddisk yang masih tersedia dan harddisk yang sudah dipakai, diharapkan nantinya anda akan lebih bisa mengontrol dan memanage harddisk anda, kira-kira mana saja aplikasi yang tidak penting, mana saja file dan direktori yang tidak penting, sehingga anda bisa menghapusnya untuk menghemat kapasitas harddisk yang tersedia.

Menghemat kapasitas harddisk ini sangat penting, terutama bagi anda yang mempunyai harddisk dengan kapasitas yang tidak terlalu besar (dibawah 50GB). Harddisk dengan kapasitas tidak terlalu besar akan lebih memerlukan perawatan ekstra, karena selain akan digunakan untuk menyimpan file, anda juga harus menyediakan ruang khusus untuk sistem operasi yang anda gunakan.ssd linux, hdd linux, linux disk, how to manage linux harddisk, cara mengatur penggunaan harddisk linux

Jika pada sistem operasi windows, anda bisa melakukan pengecekan harddisk dan ukuran file atau folder dengan klik kanan dan properties, maka untuk sistem operasi linux, anda bisa mengetikan command du dan df dengan berbagai macam variasi, sesuai dengan kebutuhan anda. Command du digunakan untuk mengetahui ukuran file atau direktori, sedangkan command df digunakan untuk mengetahui total kapasitas harddisk, kapasitas harddisk yang tersisa serta kapasitas harddisk yang sudah digunakan.

Cara Mengetahui Ukuran File dan Direktori Linux

Command du (disk usage) adalah merupakan perintah standar Linux / Unix yang digunakan untuk memeriksa informasi dari penggunaan disk pada file maupun direktori Linux / Unix. Command du ini memiliki banyak pilihan parameter yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut adalah macam-macam parameter command du :

  • Untuk mengetahui ukuran file, direktori serta subdirektori tertentu :
    du /var/www

    cara mengetahui size file, cara mendapatkan size file, size direktori, cek size folder linux
    Silahkan anda ganti /var/www dengan path direktori yang ingin anda cek.

  • Tambahkan opsi -h (human readable) untuk menampilkan ukuran file, direktori dan subdirektori dengan menggunakan B (Bytes), K (Kilobytes), M (Megabytes), G (Gigabytes), T (Terabytes) dan seterusnya.
    du -h /var/www

    memahami list linux, memahami tampilan linux, mempermudah membaca command linux

  • Untuk mengetahui total ukuran direktori tertentu, silahkan tambahkan opsi -s seperti berikut :
    du -sh /var/www

    melihat total ukuran direktori, mengetahui total direktori linux, cek total size direktori linux

  • Gunakan opsi -a untuk mengetahui ukuran seluruh file dan direktori yang ada :
    du -a /var/www

    melihat semua file dan direktori linux, daftar file dan direktori unix, menampilkan seluruh file linux

  • Jika ingin menampilkan informasi ukuran file atau direktori dalam kilobytes, maka gunakan opsi -k, sedangkan jika ingin menampilkan ukuran file atau direktori dalam megabytes, maka gunakan opsi -m. Anda bisa menambahkan opsi -h untuk membuat tampilannya mudah dipahami (human readable).
    du -k /var/www

    cek ukuran file dalam mb, cek mb file, test size file dalam megabytes

    du -m /var/www

    cek ukuran file dalam kilobytes, test size file dalam kb

 

  • Untuk mengetahui informasi jumlah total ukuran keseluruhan file dan subdirektori pada direktori yang dicek, silahkan tambahkan opsi -c :
    du -ch /var/www

    cara mengetahui total size folder linux, mengetahui total ukuran direktori linux

  • Apabila anda ingin mengetahui ukuran semua file dan sub direktori yang ada, kecuali file dengan format tertentu misalnya format .html, maka anda harus menambahkan opsi -–exclude disertai dengan format file yang tidak ingin anda ketahui (.html) seperti berikut ini :
    du -ah --exclude="*.html" /var/www


    memakai perintah du, menggunakan perintah du

  • Bagi anda yang ingin juga menyertakan tanggal modifikasi atau pembuatan file dan direktori / subdirektori, silahkan anda tambahkan opsi –time. Seperti contoh berikut :
    du -ha --time /var/www

    cara mengetahui tanggal modifikasi file linux, cara melihat tanggal perubahan file linux

 

Cara Mengetahui Kapasitas Harddisk Linux

Tidak jauh berbeda dengan du (disk usage), df (disk filesystem) juga memiliki variasi parameter command yang sangat mirip. Jika anda sudah memahami apa saja dan digunakan untuk apa saja variasi parameter command du, maka anda akan bisa memahami juga apa saja dan untuk apa saja variasi dari command df.

  • Gunakan command df untuk mendapatkan informasi nama device, total ukuran disk, disk yang sudah digunakan, disk yang masih tersedia, persentasi penggunaan disk dan lokasi penempatan disk.
    df

    cara cek kapasitas harddisk, cek ukuran hdd, cek spesifikasi harddisk linux

  • Tambahkan opsi -h untuk mempermudah anda dalam memahami tampilan informasi yang muncul di layar console :
    df -h

    berapa ukuran harddisk yang masih tersedia, cek kapasitas harddisk yang sudah digunakan, mengetahui jumlah ukuran harddisk vps

  • Untuk opsi lainnya, silahkan anda lihat dengan mengetikan opsi –help :
    df --help

    cara memilih harddisk vps, cara memilih kapasitas harddisk server, ukuran minimal harddisk vps linux, memilih size disk Dengan mengetikan opsi tersebut, anda akan mengetahui opsi apa saja yang bisa anda gunakan untuk mengetahui kapasitas harddisk, seberapa banyak harddisk yang sudah dipakai dan seberapa banyak harddisk yang masih tersisa dengan ragam opsi, seperti opsi -i untuk menampilkan informasi inode, opsi -a untuk menyertakan informasi dummy file system dan lain sebagainya.

Demikianlah cara mengetahui kapasitas harddisk, ukuran harddisk yang digunakan dan harddisk yang tersedia serta cara mengetahui ukuran atau size file dan direktori pada sistem operasi linux.

Bagi anda yang ingin mengetahui cara menghapus file atau direktori untuk menghemat penggunaan harddisk Linux, silahkan baca artikel tentang mengenal perintah dasar linux.

Sebaiknya pada saat anda ingin menyewa sebuah VPS, silahkan anda pilih paket VPS dengan harddisk berukuran minimal 20GB. 20GB merupakan ukuran yang sangat minimal, mengingat harddisk tersebut bukan hanya akan dipergunakan untuk menyimpan file-file saja, tapi juga dibutuhkan ruang untuk sistem operasi yang akan digunakan.

 

loading...
Tags:, , ,

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126