Cara Mengetahui Besaran Biaya Transfer Beda Bank Melalui ATM

Setiap bank mengenakan tarif atau biaya transfer beda bank yang cukup beragam, tergantung kebijaksanaan dan strategi bisnis pihak bank yang bersangkutan. Namun demikian bukan berarti pihak bank akan mengenakan tarif transfer antar bank diluar batas kewajaran karena salah satu hal yang menjadi tolak ukur tinggi rendahnya tarif transfer ke bank lain adalah biaya layanan jaringan ATM Bersama, Prima, Link dan Cirrus.

Suatu bank akan dapat melakukan transfer ke bank lain yang berbeda apabila kedua bank tersebut berada dalam suatu jaringan ATM yang saling terhubung, misalnya sama-sama berada di jaringan ATM bersama, sama-sama berada di jaringan ATM prima, link atau cirrus. Jika sudah demikian, maka dapat dipastikan bahwa biaya transfer beda banknya pun tidak akan jauh berbeda dengan biaya transfer yang dibebankan oleh penyedia jaringan tersebut.

Baca Juga : Inilah Rincian Biaya ATM Bersama Terbaru

Contoh kasusnya seperti ini, Bank Mandiri dan Bank BRI adalah dua bank yang masuk didalam jaringan ATM Bersama. ATM Bersama sendiri sudah menentukan tarif transfer antar bank sesuai dengan kebijakan pihak jaringan ATM Bersama, yaitu sebesar Rp. 6.500,-. Apabila ada nasabah bank mandiri ingin melakukan transfer ke bank BRI, maka tarif yang dikenakan oleh jaringan ATM bersama adalah sebesar Rp. 6.500.

Tarif tersebut bisa saja didiskon oleh pihak bank (Mandiri) menjadi lebih murah atau bahkan dinaikan oleh pihak bank bersangkutan menjadi lebih mahal, tergantung kebijakan masing-masing bank. Hanya saja, biasanya bank bersangkutan akan mengikuti tarif yang diberlakukan oleh ATM Bersama, tanpa adanya potongan ataupun biaya tambahan.

Begitu halnya apabila agan sista ingin melakukan transfer beda bank yang berada di jaringan Prima. Misalnya agan sista adalah nasabah bank BCA yang ingin melakukan transfer ke bank Mandiri yang mana baik bank BCA maupun bank Mandiri sama-sama merupakan anggota jaringan ATM Prima, maka tarif yang akan dikenakan pun sesuai dengan kebijakan jaringan ATM Prima ditambah biaya bank terkait jika ada. Jika tidak ada, maka agan sista hanya dikenakan biaya dari layanan jaringan prima saja.

Hal tersebut juga berlaku pada Link, Cirrus dan lain sebagainya. Adapun cara untuk mengetahui apakah suatu bank merupakan anggota jaringan ATM Bersama, Prima, Cirrus atau Link, agan sista bisa mengeceknya di kartu ATM (kartu debit) yang agan sista punya. Disana biasanya terdapat logo-logo yang menunjukkan bahwa kartu ATM tersebut dapat digunakan di jaringan apa saja.

cara transfer antar bank, transfer beda bank mandiri, transfer beda bank lewat atm, transfer beda bank kena biaya berapa, biaya transfer beda bank, transfer beda bank, transfer antar bank, biaya transfer ke bank lain, tarif transfer antar bank, tarif transfer beda bank

Jika agan sista sudah mengetahui cara penghitungan biaya transfer antar bank itu seperti apa, sekarang kang erik akan menginformasikan besaran biaya transfer beda bank melalui ATM baik ATM bersama, Prima, Cirrus maupun Link pada bank-bank besar di Indonesia.

Pada bank BRI, terakhir kali kang erik melakukan transfer ke bank BCA (melalui jaringan Prima) masih mengenakan biaya Rp. 6.500. Begitupun saat kang erik melakukan Transfer dari bank BCA ke Bank BRI (melalui jaringan Prima), tarif yang dibebankan masih sebesar Rp. 6.500. Adapun untuk bank lain seperti Bank Mandiri dan BNI, jika kang erik lihat dari kedua website bank yang bersangkutan, dua-duanya masih mengenakan biaya Rp. 5.000 untuk transfer antar bank di jaringan ATM Bersama, Link dan Prima (Mandiri).

Baca Juga : Ini Dia Rincian Limit, Tarif Serta Biaya ATM Mandiri

Nah, sekarang agan sista sudah tahu kan gambaran biaya transfer beda bank di beberapa bank besar di Indonesia?. Oleh karena itu, jika agan sista ingin melakukan transfer ke bank lain misalnya sebanyak Rp. 500.000, maka saldo yang harus ada di rekening tabungan agan sista minimalnya sebesar Rp. 500.000 ditambah saldo minimum (misalnya Rp. 50.000), ditambah biaya transfer yang dibebankan (misalnya Rp. 6.500) yang bila dijumlahkan maka totalnya adalah sebesar Rp. 556.500.

O, iya sebelum melakukan transfer ke bank lain melalui ATM, biasanya agan sista akan diminta untuk memasukkan kode bank yang dituju. Kode bank tersebut berisi 3 digit nomor yang merupakan nomor kode bank anggota Jaringan ATM bersama dan atau jaringan ATM Prima.

Baca Juga : Daftar Lengkap Kode Bank ATM Bersama

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126