Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Dengan Plugin WordPress

Mengecilkan ukuran gambar adalah salah satu yang dilakukan untuk cara mempercepat loading sebuah web (blog). Gambar dengan ukuran (size) yang besar tentu saja akan membutuhkan koneksi internet dengan speed yang lebih kencang dan kuota yang lebih besar. Sayangnya, tidak semua orang memiliki akses internet kencang dengan kuota yang berlimpah pula, sehingga para pemilik web dituntut untuk bisa melakukan optimasi terhadap konten-konten yang mereka terbitkan pada web mereka, tidak terkecuali konten gambar.mempercepat loading gambar, cara mempercepat akses gambar, cara cepat upload gambar,

Saat ini, banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan ukuran gambar sebelum gambar tersebut diupload kedalam hosting (web). Sebut saja dengan cara mengcrop bagian gambar yang tidak perlu menggunakan aplikasi-aplikasi pengedit gambar seperti photoscape, photoshop dan sebagainya.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi image compressor khusus seperti aplikasi riot yang mendukung kompresi gambar berformat jpg, png dan gif. Ada lagi aplikasi FileOptimizer yang kurang lebih memiliki fitur yang sama dengan riot, dan aplikasi-aplikasi lain yang memang dikhususkan untuk mengkompres ukuran gambar menjadi lebih kecil.

Disamping kedua cara diatas, khusus bagi anda pengguna CMS wordpress, anda bisa menambahkan plugin tambahan untuk mengoptimasi ukuran gambar yang sudah berhasil anda upload kedalam hosting. Meskipun demikian, anda harus pandai-pandai dalam memilih plugin optimasi gambar wordpress tersebut, karena bisa saja plugin tersebut malah akan menurunkan kualitas gambar secara drastis. Kualitas gambar yang turun drastis tentu akan mengurangi kenyamanan pengunjung saat mereka melihat gambar tersebut pada web anda.

Berikut ini saya berikan daftar 3 plugin kompres gambar terbaik untuk situs yang menggunakan CMS wordpress :

    • TinyPNGcara install tinypng, cara menggunakan tinypng, plugin tinypng wordpressMeskipun plugin ini masih terbilang baru, tapi plugin optimasi gambar yang satu ini sudah berhasil menyedot 20.000 pengguna wordpress dengan rating 4.6, rating yang bagus untuk plugin image optimizer. Meskipun bernama TinyPNG, tapi plugin ini juga mendukung gambar dengan format JPEG.
      Kelebihan plugin ini adalah tidak adanya batasan ukuran file, artinya semua ukuran gambar yang anda miliki dapat dikompres dengan sempurna. Selain itu, plugin ini juga secara otomatis akan mengoptimasi setiap gambar baru yang anda upload ke situs wordpress anda.Plugin ini dapat anda install secara gratis dengan menggunakan API key, sayangnya anda dibatasi untuk mengoptimasi sampai maksimal 500 gambar setiap bulannya. Jika anda ingin mengoptimasi gambar lebih dari 500, maka anda harus bersedia membayar biaya tambahan kepada pihak TinyPNG.

      Secara keseluruhan saya merekomendasikan plugin yang satu ini, saya rasa ini adalah satu-satunya plugin image compressor terbaik yang pernah saya gunakan. Meskipun plugin ini mengkompres gambar saya ke ukuran (size) yang lebih kecil, tapi plugin ini tidak sampai mengurangi kualitas gambar yang tersebut secara signifikan, luar biasa bukan?.

      Bagi anda yang ragu untuk menggunakan plugin yang satu ini, anda bisa mencoba mengoptimasi ukuran gambar anda melalui website TinyPNG. Saya sendiri sudah mencobanya dengan mengoptimasi gambar ukuran 2.1 MB dan hasilnya TinyPNG berhasil mengkompresnya menjadi hanya 227 KB saja atau sebanyak 89%.
      mereduce gambar, menimalkan ukuran gambar, mengcrop gambar blog, mengupload gambar wordpress

 

  • EWWW Image Optimizercara memakai plugin ewww image optimizer, plugin optimasi gambar ewww

    Ini adalah plugin kedua yang saya rekomendasikan untuk mengecilkan size gambar pada situs wordpress anda. Plugin ini digunakan oleh lebih dari 200.000 pengguna wordpress dengan rating 4.5. Plugin ini mendukung gambar dengan format JPG dan PNG.

    Plugin pengecil ukuran gambar yang satu ini memiliki fitur backup serta dapat mengecilkan ukuran gambar pada saat upload dan pada gambar templete sekalipun. Hanya saja proses instalasi EWWW Image Optimizer terbilang cukup merepotkan, karena anda harus menginstall  jpegtran, optipng, pngout dan gifsicle pada server anda terlebih dahulu. Petunjuk instalasi dapat anda lihat pada halaman ini.

    Meskipun demikian, secara keseluruhan saya merekomendasikan plugin ini, terutama apabila anda adalah pengguna wordpress yang menggunakan VPS atau Dedicated Server sebagai hostingnya.

  • Kraken Image Optimizermengoptimalkan ukuran gambar, memperkecil size gambar, menggunakan plugin kraken

    Plugin terakhir yang saya rekomendasikan adalah plugin kraken. Plugin image optimizer yang satu ini memang tidak sepenuhnya gratis, anda hanya diberi kesempatan untuk mencoba plugin ini dengan batasan maksimum 50MB saja. Meskipun demikian, plugin ini memang layak untuk anda gunakan, terutama bagi anda yang tidak mempermasalahkan harga yang mereka tawarkan kepada anda.

    Kraken mendukung gambar berformat JPEG, PNG dan GIF dengan ukuran maksimal gambar sebesar 16MB. Plugin ini telah digunakan oleh lebih dari 9000 pengguna wordpress dan mendapatkan rating bagus 4.5. Proses instalasi plugin ini sangat terbilang cukup mudah, sangat mirip dengan proses instalasi pada plugin TinyPNG, yaitu dengan menggunakan API key.

    Kraken juga menyediakan layanan optimasi gambar melalui halaman website kraken.io. Meskipun demikian, pihak kraken melimit ukuran gambar yang akan dioptimasi dengan maksimal 1MB saja. Saya sendiri sudah mencobanya dengan gambar ukuran 248 KB. Hasilnya, kraken berhasil melakukan optimasi sebanyak 59.55% atau menjadi 169.15 KB saja.
    menurunkan kualitas gambar, meningkatkan kualitas gambar blog, mengganti ukuran gambar, merubah ukuran gambar b

 

Disamping ketiga plugin diatas, masih banyak plugin-plugin image optimizer lain yang beredar di luar sana, seperti plugin Shortpixel Image Optimiser dan WP Smush.

Untuk plugin Shortpixel Image Optimizer, saya sendiri belum pernah mencoba menggunakannya pada situs wordpress saya. Namun demikian, berdasarkan rating pengguna wordpress, plugin ini mendapat rating 4.5 dengan jumlah pengguna lebih dari 6000. Plugin ini sangat mirip sekali dengan TinyPNG, hanya saja jika pada TinyPNG, jumlah gambar yang dibatasi untuk pengguna gratis adalah sebanyak 500 gambar, maka pada Shortpixel Image Optimizer ini jumlahnya hanya 100 gambar saja. Selain mendukung optimasi gambar, plugin ini juga mendukung optimasi file PDF.

Adapun mengenai plugin WP Smush, belakangan ini saya sudah tidak pernah menggunakannya lagi semenjak plugin ini melakukan perombakan besar-besaran dari mulai harga sampai fitur yang ditawarkan. Plugin ini juga mendapatkan rating dari pengguna wordpress yang cukup jelek, yaitu hanya memperoleh rating 3.6 saja.

Dari semua plugin diatas, saya lebih suka menggunakan plugin TinyPNG. Alasannya, selain karena optimasi gambarnya yang bagus, juga karena limit 500 gambar perbulan bagi saya sudah lebih dari cukup. Saya bahkan jarang mengupload lebih dari 100 gambar untuk setiap bulannya, karena saya sering malas membuat artikel baru. 😀

Bagi anda yang menggunakan VPS dengan web server nginx, anda juga bisa melakukan optimasi wordpress lebih lanjut seperti yang saya tulis pada artikel ini.

loading...
Tags:

Komentar Agan Sista

2 Comments on "Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Dengan Plugin WordPress"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Ayu L
Pengunjung
1 year 4 months ago

Dulu si pake smush it tapi setelah ga gratis lagi pindah pake EWWW Image Optimizer & hasilnya cukup bagus, tapi sementara sy copot dulu soalnya hosting udah ngap2an kena peringatan mulu :)

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126