Ini Dia Cara Mengatasi Masalah Network TCP Error

Beberapa waktu yang lalu setiap kali kang erik mencoba mengakses blog sederhana ini, kang erik selalu mendapat pesan network error (tcp error). Entah apa yang sudah kang erik perbuat sehingga setiap kali membuka blog ini di browser google chrome selalu saja muncul pesan error tersebut. Padahal waktu itu kang erik sedang semangat-semangatnya membuat artikel baru. :(

Seperti biasanya kang erik mencoba mencari solusi kesana kemari, tanya teman di dunia nyata dan tanya pula mbah google di dunia maya. Hasilnya, kang erik tidak mendapatkan jawaban pasti, kang erik hanya diberitahukan kemungkinan-kemungkinan penyebab terjadinya error tersebut.

Karena tidak dapat jawaban pasti, akhirnya kang erik coba oprak-oprek sendiri sesuai dengan pesan error yang ditampilkan yang menyebutkan bahwa web server yang kang erik pakai sibuk atau down.

network error, tcp error, web server down, web server busy

Berikut ini langkah-langkah yang saat itu dilakukan kang erik :

  • Cek Konfigurasi Virtual Hosts Web Server (Nginx)
     nginx -t
  • Restart Web Server (Nginx)
     service nginx restart
  • Reboot VPS
     reboot

Dan ternyata hasilnya masih sama saja. Tak ada bedanya dengan saat sebelum kang erik otak-atik. Langkah selanjutnya yang kang erik lakukan adalah dengan menghapus history dan cache browser yang kang erik gunakan dengan aplikasi CCleaner. Namun ternyata hasilnya masih saja belum bisa diatasi, kang erik masih terus saja menemui network error (tcp error) di browser kang erik.

Oleh karena hampir putus asa, akhirnya kang erik matikan saja laptop kang erik tersebut. Kang erik merasa lelah, letih dan pegal-pegal, sehingga akhirnya kang erik putuskan untuk beristirahat walau sekejap saja, meskipun saat itu sebenarnya kang erik merasa tidak tenang karena khawatir agan sista juga tidak bisa mengakses blog ini yang akibatnya bisa-bisa nanti agan sista kecewa dan memutuskan tali silaturahmi dengan kang erik.

Namun siapa sanga, setelah kang erik nyalakan kembali laptop kang erik, kang erik bisa mengakses blog kang erik tercinta ini lagi. Karena masih penasaran, kang erik coba buka statistik blog melalui histats dan ternyata tidak ada penurunan pengunjung yang signifikan. Meskipun demikian, kang erik masih penasaran dengan apa penyebab masalah network error (tcp error) tersebut.

Tak lama dari itu, kang erik mendapat kabar dari blog tetangga yang katanya hal ini disebabkan karena koneksi internet saja. Beberapa provider memang kadang suka mengalami error semacam ini dan hal tersebut bisa diatasi dengan cara merekonek modem.

Nah, setelah dapat informasi itu, barulah kang erik sadar bahwa memang selama kang erik menggunakan koneksi internet operator biru ini, kang erik sering mendapat kendala yang cukup mengganggu. Misalnya terkadang tidak buka statistik blog di situs histats, kadang kang erik tidak bisa berbelanja online dan kadang kang erik tidak bisa mengakses beberapa situs yang menurut kang erik merupakan situs bersih dan bebas dari unsur-unsur yang dilarang oleh pemerintah.

Hal ini memang menjengkelkan, tapi mau gimana lagi karena hanya operator biru ini yang memancarkan sinyal 3G di kampung kang erik. Satu-satunya solusi yang biasa kang erik terapkan adalah dengan menggunakan proxy untuk membuka situs-situs tersebut, kecuali untuk berbelanja online (yang menggunakan paypal atau kartu kredit sebagai metode pembayaran) sampai saat ini kang erik belum bisa menemukan solusinya.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Jual Beli Saldo Paypal

Jadi kesimpulannya adalah bahwa masalah network error (tcp error) ini disebabkan oleh koneksi internet. Cara mengatasinya cukup dengan restart komputer atau dengan merekonek modem yang digunakan. Jika masih belum berhasil, coba ganti APN di profile modem tersebut.

Nah, bagi agan sista yang menemukan masalah error tersebut saat berselancar di dunia maya. Jangan buru-buru panik, cobalah cara yang kang erik lakukan diatas. Semoga berhasil ya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway Nginx

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126