Cara Mengatasi Masalah Error Nginx 413 Request Entity Too Large

Kang Erik lupa kapan masalah error nginx 413 ini terjadi,yang jelas waktu itu Kang Erik berniat untuk mengganti theme wordpress yang Kang Erik gunakan dengan thema baru dengan cara diupload. Namun sayang seribu kali sayang, bukannya mendapatkan pesan theme selesai dan berhasil di install, Kang Erik malah mendapat error 413 nginx ini.

masalah error 413 menginx,how to fix nginx error 413

Oleh karena hal ini baru pertama kali Kang Erik alami, Kang Erik pun berusaha mencari tahu bagaimana cara mengatasi error nginx request entity too large ini. Jika Kang Erik tilik-tilik dari isi pesannya tersebut yang menyatakan bahwa permintaan terlalu besar, maka dapat Kang Erik simpulkan bahwa file yang Kang Erik upload mungkin terlalu besar, sehingga tidak bisa diproses oleh web server nginx.

Padahal sebelum muncul error 413 tersebut, Kang Erik sudah melakukan perubahan ukuran maksimal upload di file php.ini, supaya dapat mengupload file (gambar, video dan lain-lain) lebih dari ukuran default yang diizinkan yang hanya sebesar 2MB saja. Lalu kenapa masih ada error seperti ini?

Baca Juga : Cara Merubah Limit Upload File WordPress

Ternyata oh ternyata jawabannya Kang Erik temukan pada salah satu blog bule yang biasa Kang Erik kunjungi. Dalam blog tersebut dikemukakan bahwa error 413 tersebut terjadi karena belum terkonfigurasinya ukuran upload yang sesuai pada nginx. Masih kata blog si bule itu dijelaskan bahwa pada saat ingin merubah ukuran upload, agan sista wajib mengkonfigurasinya pada konfigurasi php dan nginx. Jadi, kalo cuma php aja ya ga akan cukup.

Adapun cara untuk mengatasi error nginx 413 request entity too large adalah dengan cara merubah ukuran client_max_body_size pada file nginx.conf. Client_max_body_size sendiri berguna sebagai penentu batas maksimum ukuran yang bisa diterima. Jika ternyata ukuran yang direquest (diminta) lebih besar dari batasan maksimum yang ditentukan tersebut, maka agan sista akan mendapati error 413, request entity too large.

Berikut ini adalah tahapan cara mengatasi masalah error nginx 413 tersebut :

  • Buka file nginx.conf dengan command berikut :
    nano /etc/nginx/nginx.conf

    atau

    nano /usr/local/nginx/conf/nginx.conf
  • Tambahkan baris berikut ini dibawah http :
    # set client body size to 64M #
    client_max_body_size 64M;

    request entity too large, how to fix request entity too large, request entity too large problem
    64M berarti maksimal yang diizinkan adalah sebesar 64MB. Silahkan agan sista sesuaikan saja angka 64M tersebut dengan angka lain yang sesuai dengan kebutuhan agan sista.

  • Restart (Reload) Nginx dengan perintah :
    service nginx reload

    change upload size nginx, change upload maximum nginx

Demikianlah cara mudah mengatasi error nginx 413 request entuty too large yang dapat Kang Erik sampaikan. Sangat gampang dan simpel bukan?. Nah, bagi agan sista yang ingin melakukan optimasi terhadap web server nginx yang agan sista gunakan, silahkan agan sista baca juga artikel Cara Optimasi Nginx Web Server di VPS Linux. Selamat bercoding ria.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126