id-winherba.com

Cara Mengatasi Error Halaman Website Blank Putih

Cara Mengatasi Error Halaman Website Blank Putih – Peristiwa ini kang erik alami sendiri hari ini. Awalnya blog wordpress kang erik ini mengalami error 502 Bad Gateway Nginx, lalu kang erik coba lakukan restart web server nginx, php5 dan mysql database. Hasilnya ternyata malah semakin parah, kang erik malah mendapatkan pesan error estabilishing a database connection. Hmm ada-ada saja deh, mana errornya terjadi di jam favorite visitor lagi.

Oleh karena kang erik tidak mau mengecewakan visitor yang datang ke blog kang erik ini, akhirnya kang erik coba cek mysqlnya dan ternyata mysql tidak dapat dijalankan (distart). Ini sudah kang erik prediksi dari awal dan melihat kenyataan seperti itu kang erik langsung berpikiran, jangan-jangan harddisk VPS kang erik penuh.

Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Harddisk VPS Penuh Secara Tiba-tiba

web blank, website blank, website error blank, tampilan web putih, tampilan web kosong, blank page

Benar saja dugaan kang erik. Harddisk VPS kang erik penuh bahkan sampai 100% dari total 30GB. Halah, kenapa hal ini bisa terjadi. Asumsi kang erik adalah karena direktori /var/log/nginx memakan banyak kapasitas disk VPS kang erik. Akhirnya kang erik stop nginx, hapus direktori tersebut kemudian dibuat lagi.

Alhamdulillah, blog wordpress kang erik ini kembali berjalan normal. Kang erik kembali dapat mengakses halaman wp-admin. Namun ternyata masih ada yang janggal, kenapa visitor blog kang erik yang sedang online hanya 10 orang? Padahal ini kan jam favorite visitor?.

Kang erik coba cari tahu apa lagi yang salah dengan blog ini dengan mencoba mengakses blog dari 3 jenis browser yang berbeda. Kang erik juga coba mengakses blog ini dari VPS Windows yang kang erik miliki. Hasilnya semua browser yang mencoba mengakses blog ini hanya malah menampilkan halaman website blank putih, tanpa ada pesan error apapun.

Karena ini baru pertama kalinya kang erik mengalami tampilan halaman website blank putih seperti itu, akhirnya kang erik coba berbagai macam cara.

Hal yang pertama kali kang erik lakukan adalah melakukan ping, apakah koneksi blog kang erik bermasalah atau tidak. Hasilnya ternyata blog kang erik tidak ada masalah dikoneksi.

ngeping, cara ping website, cara ngeping web, cara ping blog, mengetahui koneksi blog

Selanjutnya kang erik juga coba melakukan disable plugin yang sedang aktif. Ini sesuai dengan petunjuk teman-teman di forum wordpress yang menyarankan untuk melakukan langkah ini. Sayangnya cara ini pun masih gagal. Halaman putih blank masih kang erik jumpai meskipun semua plugin sudah dinonaktifkan.

Iseng-iseng kang erik coba merubah theme yang digunakan blog ini dengan theme yang lain. Ternyata percobaan tersebut berhasil. Blog kang erik tidak lagi menampilkan halaman blank berwarna putih, blog kang erik sudah bisa tampil meskipun dengan theme yang berbeda.

Setelah itu, karena kang erik sudah sangat jatuh cinta dengan theme yang sebelumnya (GreenChilli MyThemeShop), maka kang erik kembali mengaktifkan theme lama yang sebelumnya error blank putih tersebut. Hasilnya, blog kang erik kembali dapat diakses seperti biasa dengan theme GreenChilli. Hmmm, lega juga rasanya.

Baca Juga : Kang Erik Ganti Theme Lagi ke Green Chilli MyThemeShop

Nah, demikianlah cara mudah mengatasi error halaman website blank putih pada situs yang menggunakan CMS WordPress yang dapat kang erik sampaikan. Intinya kalau web wordpress agan sista mengalami tampilan blank putih seperti itu, coba saja di ping dulu apakah webnya masih online atau tidak. Selanjutnya agan sista bisa coba disable semua plugin yang sedang aktif. Dan jika masih saja blank, silahkan agan sista coba ganti theme wordpress yang agan sista gunakan.

Baca Juga : Ini Dia Cara Mengatasi Masalah Network TCP Error

loading...
Tags:

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126