Cara Mengatasi Error Establishing Database Connection WordPress

Dari pesan errornya saja anda pasti sudah bisa menebak bahwa error seperti ini pasti berhubungan dengan database. Tidak salah memang, error estabilishing a database connection ini disebabkan hubungan antara database dengan situs anda terputus, baik itu karena anda salah memasukkan data login ke database, server database sedang tidak aktif (not running) atau mungkin juga karena ada kesalahan dalam database yang anda buat (database corrupt).establishing-a-database-connection, masalah wordpress, wordpress error, database not running, database website error

Jika anda teliti, sebenarnya cara mengatasi masalah error establishing a database connection pada situs wordpress itu sudah ada pada pesan error yang muncul. Namun biasanya kebanyakan orang terburu-buru merasa panik atau kaget, sehingga tidak membaca apa-apa yang ada dalam pesan yang ditampilkan.mengatasi error database wordpress, mysql error, penyebab error establishing s database connection

Berikut ini cara mengatasi error establishing a database connection :

  1. Perikasa wp-config.php
    Dalam point pertama yang muncul dalam pesan tersebut dituliskan “are you sure you have the correct username and password”. Maksudnya adalah anda harus memastikan bahwa username dan password database yang ada di file wp-config.php sudah sesuai dengan username dan password database yang digunakan. Jika belum, silahkan anda edit file wp-config.php dan masukkan username dan password database anda dengan benar.Jika anda menggunakan VPS atau Dedicated Linux anda bisa edit file tersebut dengan vim editor, nano editor atau editor lain yang biasa anda gunakan (Baca : cara install nano editor di debian).Anda tinggal berikan perintah :

    nano /lokasi/direktori/website/anda/wp-config.php

    Contoh :

    nano /var/www/dedeerik.com/public_html/wp-config.php

    mengedit database, mengatur database, memperbaiki database
    Jika anda menggunakan jasa hosting (web hosting), anda bisa gunakan menu file manager atau silahkan gunakan FTP untuk mengedit bagian file wp-config.php. Harap diingat bahwa bagian DB-HOST tidak harus selalu diisi dengan “localhost”. Semuanya tergantung dari penyedia hosting yang anda pilih. Anda bisa tanyakan ke pihak hosting, apabila anda merasa ragu atau bingung untuk mengisi data-data tersebut.

  2. Periksa Hostname
    Ini adalah penyebab yang jarang terjadi. Anda tidak mungkin salah mengetikan hostname, kecuali anda benar-benar sedang linglung atau lupa karena terlalu banyak hostname yang anda kelola. Meskipun demikian, tak ada salahnya bagi anda untuk memastikan hostname yang anda ketik adalah benar.
  3. Periksa Database
    Database not running bisa terjadi karena database corrupt atau program pengelola database seperti MySQL, MariaDB, PostgreSQL dan sebagainya tiba-tiba saja tidak bekerja (not running). Untuk mengatasi masalah seperti ini, jika anda menggunakan VPS atau Dedicated Linux server anda bisa merestart program pengelola database yang anda gunakan melalui command :

    /etc/init.d/mysql restart
    

    Jika anda menggunakan layanan hosting, anda harus segera menghubungi contact support layanan hosting anda. Jika masalahnya terjadi karena sebab ini, anda sebagai penyewa hosting tidak akan bisa mengatasinya sendiri, karena anda tidak memiliki akses ke dalam server secara langsung.

Dalam beberapa kasus, hal error seperti ini ada hubungannya dengan traffic website anda yang meningkat dengan pesat. Ini biasanya terjadi pada situs yang menggunakan layanan web hosting (shared hosting) dimana web hosting sudah tidak mampu lagi menghandle laju traffic yang meningkat tajam. Solusinya anda bisa beralih ke layanan VPS dan Dedicated atau anda upgrade layanan shared hosting anda ke paket yang lebih baik.

loading...

Komentar Agan Sista

5 Comments on "Cara Mengatasi Error Establishing Database Connection WordPress"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Ali
Pengunjung
1 year 4 months ago

website saya semuanya dalam 1 server akhir2 ini sering error begitu terus, cuma cpanel bisa dibuka.
cape dah

putraluckyluckyjancok
Pengunjung
1 year 17 hours ago

bos kok masih eror tuh yang salah gua atau wordpressnya ataupun juga instalasinya

Arifin
Pengunjung
6 months 2 days ago

Terimakasih tipnya. Hampir 1 jam saya coba untuk mengatasi errors establishing database di web saya, dan cara no 3 berhasil.

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126